5 Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula yang Baik dan Benar

Kayeols

Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula yang Baik dan Benar – Menjadi sukses merupakan hal yang semua orang inginkan, salah satunya sukses di bidang bisnis. Entah itu bisnis online, maupun bisnis yang tidak menggunakan media internet.

Bisnis merupakan tren pekerjaan sepanjang masa yang disukai semua kalangan. Bisnis memiliki banyak bidang, dan untuk menjalankannya juga tidak sembarangan. Jika kita menjalankannya dengan benar, maka keuntungan yang kitad apatkan, dan jika ada kesalahan, pasti kerugian yang akan kita dapat.

Jadi sebelum memulai bisnis lebik kita melihat resiko yang berpeluang akan kita hadapi di masa depan. Nah, jika anda khawatir terjun ke dunia bisnis, di artikel ini saya tulis beberapa tips untuk memulai berbisnis lengkap!.

Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula

 1. Fokus Pada Satu Bisnis

Untuk tips yang pertama ini, saya ambil melalui pendapat Scott Gerber. Dia adalah pengusaha sukses, selain pengusaha, dia juga merupakan penulis dan juga investor asal negri paman sam (Amerika Serikat). 

Tips yang pertama ini juga sangat dianjurkan bagi pemula, karena biasanya pemula hanya ingin fokus pada pendapatan mereka, mereka tidak memperhatikan bagaimana peluang bisnis yang cocok dengan mereka. Jangan menyia nyiakan waktu anda. Jika ada peluang bagus untuk bisnis anda, ambil saja.

Baca Juga:  27+ Bisnis untuk Mahasiswa yang Menguntungkan Modal Kecil

Untuk itu, fokus pada satu peluang bisnis yang menurut anda mampu untuk melakukan, itu adalah hal yang bagus. Mengapa saya sarankan seperti ini ? Karena agar pemikiran anda hanya bertitik pada satu peluang bisnis, dan tentunya hasilnya juga akan menguntungkan.

Baca Juga:  21 Barang Paling Laris di Pasaran Maupun Internet Saat Ini

 2. Mau Belajar ke Orang yang Lebih Paham

Untuk tips selanjutnya, yaitu anda harus berguru dengan orang yang lebih mengerti atau ahlinya.. Mengapa seperti itu?, karena orang yang lama menggeluti dunia bisnis, mereka akan mengerti tentang seluk beluknya.

Misalnya saja bisnis trading. Untuk trading, tidak semudah yang kita bayangkan. Ada beberapa strategi dan analisa yang harus kita lakukan. Jadi, jika anda ingin menggeluti dunia bisnis trading, belajarlah ke seorang trader profesional.

3. Belajar Dari Kegagalan

Belajar dari kegagalan merupakan hal yang sangat penting. Makna kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Jika anda telah memulai bisnis, namun gagal, teruslah lebih giat lagi untuk bangkit, cari kelemahan bisnis anda dan tutupi hal tersebut.

Tidak ada hal yang pasti di dunia ini. Sama halnya dengan dunia bisnis. Ada 2 pilihan dalam hidup kita yang menentukan kesuksesan, yaitu untuk maju atau diam. Jika kamu ingin maju, maka kamu juga harus siap untuk menghadapi kegagalan. Karena tidak semua yang kamu rencanakan selalu berjalan lancar sesuai keinginanmu.

Baca Juga:  5 Perusahaan Asuransi Bisnis Terbaik & Terkemuka Di Indonesia

 4. Mengerti Waktu Untuk Berhenti

Untuk yang terakhir, jika anda telah mengalami masa yang sulit pada satu peluang bisnis, cobalah berpikir untuk mencari peluang yang lain. Karena mungkin ada hal yang lebih besar menunggu anda di bisnis lainnya.

Baca Juga :

5. Sisihkan Uang Untuk Investasi

Tips terakhir dari saya, selalu sisihkan uang untuk investasi/menabung. Anda bisa menabung di saham dan properti seperti tanah dan bangunan. Barang-barang seperti properti ini harganya cenderung naik dari tahun ke tahun.

Bisa saja dari investasi tersebut, anda bisa menjadi manajer investasi yang baik.

Nah, jadi itu saja tips memulai bisnis untuk pemula versi dewailmu. Jika anda memiliki tips lainnya yang ingin anda sampaikan, tulis di bawah ya teman-teman!.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

10 pemikiran pada “5 Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula yang Baik dan Benar”

  1. Bener banget, buat bisnis untuk pemula, belajar dari kegagaln itu juga perlu karena kita hidup bukan dari kemenangan tapi bangkit dari kegagalan. 🙂

  2. memang betul tuh kalo mau sukses kita harus fokus pada bidang tersebut

  3. Belajar dari orang yang lebih paham itu rasanya agak susah ya, kadang orang tersebut tidak mau memberikan sedikit ilmunya pada kita.

    Nah, bagaimana cara mengatasi hal semacam itu mas?

  4. kebetulan ane memang mau risen dari kantor ingin jualan wlaupun hanya kopi sama indomie, amkasih ilmu nya gan

  5. makasih gan atas sarannya, ane jugamulai merintis jualan kopi sama indomie ya boleh dibilang warkop

  6. makasih gan tipsnya, kebetulan mau buka bisnis kuliner, tapi lagi nunggu modal dikit lagi dari blog ane, minta doanya juga ya gan

Tinggalkan komentar