7 Pekerjaan Di Era Digital Yang Menjanjikan & Menguntungkan

7 Pekerjaan Di Era Digital Yang Menjanjikan & Menguntungkan – Apakah Anda sedang mencari pekerjaan?. Jika ya, maka beberapa pekerjaan baru di era digital ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk dijadikan profesi Anda.

Di jaman yang serba teknologi seperti saat ini tidak menutup kemungkinan adanya perubahan pada aspek pekerjaan. Dengan kemajuan teknologi  yang semakin hari semakin canggih membuat terbukanya lapangan kerja baru yang sebenarnya dapat dilakukan siapa saja.

Pekerjaan di era digital ini bukanlah pekerjaan seperti para karyawan kantor pada umumnya. Beberapa pekerja justru mengerjakan di rumah secara freelance. Tidak terikat waktu dan aturan-aturan dari perusahaan. Hal itulah yang menjadi daya tarik sendiri bagi kaum millennial.

Berdasarkan data yang dikutip dari cnnindonesia.com menyatakan bahwa  terdapat 3,7 juta pekerjaan baru muncul akibat ekonomi digital. Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri menyatakan bahwa dengan adanya ekonomi digital seperti sekarang telah terjadi perubahan paradigma terhadap pekerjaan.

Pola pikir yang terbentuk yaitu kini manusia tidak lagi mengejar status pekerjaan tetap namun memilih untuk tetap bekerja. Lalu pekerjaan apa saja di era digital tersebut? Berikut akan dewailmu bahas lebih rinci. Anda pasti tertarik dengan salah satunya.

Pekerjaan Di Era Digital Yang Menjanjikan & Menguntungkan

1. Desainer Gambar Dan Video

Desainer gambar dan video menjadi salah satu pekerjaan yang dibutuhkan di era digital. Mengapa?, sebab gambar dan video saat ini dijadikan sebagai media promosi yang paling tepat. Saat ini promosi bukan lagi melalui selebaran kertas yang terpampang ditempat umum atau dibagikan.

Promosi melalui gambar dan video yang di upload di sosial media lebih efektif karena sebagian besar masyarakat kini menghabiskan waktu untuk berselancar di internet dan bermain social media. Anda bisa menjadi seorang editor, illustrator ataupun animator.

Tidak sedikit juga orang yang memiliki kemampuan ini dari hasil belajar sendiri atau otodidak. Jadi siapapun yang memiliki passion di dalam bidang ini bisa menjadikan ini sebagai profesi yang menjanjikan di era digital seperti saat ini.

2. Search Engine Optimizer

seo optimizer

Search Engine Optimizer atau yang biasa dikenal dengan SEO merupakan pekerjaan di era digital yang mungkin masih sedikit orang yang tahu. Profesi ini sangat dibutuhkan perusahaan-perusahaan yang ingin dipromosikan melalui internet, terutama dalam mesin pencarian Google.

Melalui jasa SEO profil dan layanan perusahaan dapat ditampilkan pada mesin pencarian Google nomor satu. Dimana hal ini akan menguntungkan perusahaan karena memiliki peluang yang besar untuk dikenal siapapun yang mencarinya di Google. Optimasi melalui SEO biasanya digunakan di dalam artikel pada website atau blog dan pada youtube.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Online Di Facebook Dengan 10 Langkah Cepat.

3. Application Developer

Saat ini smartphone merupakan salah satu kebutuhan yang tidak dapat terlepas jauh dari sebagian besar umat manusia. Berbagai keinginan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari bisa didapatkan hanya dengan klik dan klik. Mulai dari pembelian makanan, pakaian, dan berbagai peralatan dan kebutuhan lainnya bisa didapatkan dengan cukup mendownload aplikasi-aplikasi yang tersedia.

Kemudahaan yang ditawarkan aplikasi ini membuat perusahaan-perusahaan berlomba-lomba untuk menciptakan aplikasi-aplikasi untuk memudahkan konsumennya. Maka untuk membuat berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan perusahaan membutuhkan para Application Developer. Beberapa contoh nyata aplikasi yang sukses dapat memenuhi kebutuhan manusia seperti Go-Jek, Bukalapak, Tokopedia, dan banyak aplikasi lainnya.

Bahkan jika Anda menjadi Application Developer juga bisa menjual aplikasi yang dibuat melalui Google Playstore. Disana setiap pengguna smartphone yang mendownload maka bisa menjadi keuntungan sendiri bagi Anda.  Maka menjadi seorang application developer merupakan salah satu pekerjaan di era digital yang banyak dicari dan menguntungkan.

4. Pekerjaan Di Era Digital – Content Writer

content writer

Bagi yang menyukai dengan dunia tulis menulis maka pekerjaan ini sangat cocok dijadikan sebuah profesi. Content writer menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dicari bagi perusahaan-perusahaan yang telah beralih menggunakan aplikasi dan situs web untuk promosi.

Sebab untuk terus berada di peringkat pertama di mesin pencari konten pada web harus terus terupdate, yaitu melalui tulisan-tulisan berupa artikel di situs tersebut. Selain bisa bekerja pada perusahaan, seorang content juga bisa menjadi seorang freelancer. Apalagi jenis pekerjaan ini hanya membutuhkan koneksi internet dan laptop. Jadi pengerjaan artikel tidak harus berada di lingkungan kantor melainkan dapat dikerjakan dimana saja.

5. Blogger

Anda pasti mengenal Raditya Dika. Seorang penulis sekaligus stand up comedy yang sangat  terkenal saat ini. Ketenaran Raditya Dika berawal dari dirinya yang dahulu seorang blogger. Dari hobi menulisnya kemudian ia tuangkan ke dalam blog.

Siapa sangka saat ini ia menjadi terkenal dan karya-karyanya diakui dan disenangi para kaum muda. Hal ini juga bisa Anda lakukan. Menjadi seorang blogger tidak perlu keahlian khusus. Anda hanya perlu konsisten untuk terus memposting artikel di blog. Bahkan dari blog tersebut Anda dapat memasang iklan yang nantinya akan mendatangkan pundi-pundi rupiah bahkan dollar. Menarik bukan?

6. Pekerjaan Di Era Digital – Youtuber

youtubers

Tak hanya blogger, youtuber juga merupakan jenis profesi yang paling banyak diminati anak muda jaman sekarang. Youtube menjadi salah satu situs yang paling bayak digunakan masyarakat bukan hanya di Indonesia namun di seluruh dunia.

Situs ini memungkinkan penggunanya dapat mengunggah dan menonton apapun tayangan yang ada di youtube dari seluruh dunia. Untuk menjadi seorang youtuber bukan dengan asal-asalan mengunggah video ke youtube. Video atau content yang diunggah haruslah menarik, bermanfaat dan menghibur.

Melalui akun youtube yang dimiliki tersebut Anda bisa mendapatkan uang melalui layanan Google AdSense dan bahkan jika telah menjadi youtuber terkenal dan memiliki banyak subsciber Anda bisa menjadi endorse sebuah produk.  Sama seperti blogger, kunci utama menjadi youtuber yang berhasi yaitu dengan konsisten membuat content.

7. Online Store

Tentu saja kita tahu bahwa saat ini siapapun bisa menjalankan bisnis meskipun kecil-kecilan. Bisnis kini tidak lagi melulu soal modal yang besar. Bahkan ada pula bisnis yang tidak membutuhkan modal yaitu seperti menjadi dropshiper. Bisnis-bisnis semacam ini sering kita jumpai pada online store. Seperti namanya online store merupakan toko online yang memungkinkan penjual dan pembeli bertransaksi secara online.

Saat ini hampir semua kebutuhan sehari-hari bisa kita dapatkan secara online. Sebenarnya ini menjadi salah satu peluang bisnis dan bisa mendapatkan keuntungan bagi kita. Siapapun bisa menjual apapun secara online melalui online store. Anda juga bisa memulai mendapatkkan uang melalui bisnis online yang Anda inginkan.

Jika kita mau berpikir terbuka pada era digital saat ini padahal ada banyak hal yang dapat dijadikan pekerjaan dan peluang usaha. Bahkan peluang pekerjaan di era digital seperti di atas bisa dilakukan siapa saja, kapan saja dan dimana saja karena semua berbasis teknologi dan internet.

Namun yang terjadi saat ini masyarakat masih memiliki pola pikir yang beranggapan bekerja itu harus menggunakan seragam, datang pagi pulang sore, dan terpaku dengan segala aturan perusahaan. Justru pada kenyataannya banyak orang yang sukses dan mendapatkan bayaran labih tinggi dengan menekuni pekerjaan-pekerjaan seperti di atas.

Bahkan seorang youtuber bisa mendapatkan bayaran hingga puluhan juta per bulan. Bahkan beberapa anak muda Indonesia yang telah berhasil menekuni profesi di atas justru bukan hanya memberikan pekerjaan bagi dirinya sendiri melainkan dapat membuka lapangan kerja untuk orang lain. Jadi jenis pekerjaan apa yang ingin Anda pilih dan tekuni di era digital seperti sekarang?

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *