oleh

4 Tips Menentukan Jurusan Kuliah Yang Cocok Sesuai Bidang Kita

4 Tips Menentukan Jurusan Kuliah Yang Cocok Sesuai Bidang Kita – Setelah lulus dari SMA/SMK biasanya kebanyakan akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu kuliah. Dalam rangka menentukan jenjang kuliah, biasanya dibalik hal tersebut dikarenakan keinginan orang tua serta keinginan masing-masing, akan tetapi lebih banyak keinginan masing-masing. Memang berkuliah tentu saja memiliki tujuan yaitu agar dapat menjadi lebih pintar lagi sebelum terjun ke dunia pekerjaan.

Namun sebelum memutuskan untuk kuliah, pastinya harus memilih terlebih dahulu, kira kira jurusan apa yang hendak di pilih. Kebanyakan para lulusan SMA/SMK dalam memilih jurusan kuliah hanya ikut ikutan teman saja serta asal-asalan. Hal tersebut tentu saja dapat memberikan dampak yang negatif jika pilih jurusan kuliah asal-asalan.

Tentu saja dalam setiap keputusan yang dipilih sebaiknya dipikir terlebih dahulu secara matang-matang agar tidak menyesal kemudian hari. Nah mungkin anda sedang bingung banget mengenai pemilihan jurusan yang tepat untuk anda kuliah kelak?. Jangan khawatir, karena di bawah ini akan diberikan sebuah tips mengambil jurusan kuliah, berikut ulasannya.

Tips Menentukan Jurusan Kuliah yang Tepat dan Cocok

1. Pilih Sesuai Passion

Tips pertama memilih jurusan kuliah yaitu dengan cara menentukan sesuai passions. Passion sendiri yaitu bakat atau ahli yang kita miliki. Bayangkan saja anda hobi atau gemar bahasa inggri, maka kemampuan anda pastinya dalam bidang bahasa inggris. Maka anda harus memilih jurusan kuliah yang berbau dengan bahasa inggris seperti pariwasata, tour guide, guru bahasa inggris dan sebagainya.

2. Minta Pendapat Teman

minta pendapat teman

Teman anda semasa SMK/SMA tentu saja sudah melihat anda selama 3 tahun lamanya. Setiap harinya juga pasti mengetahui sifat, kesukaan anda, dan sebagainya. Nah teman sendiri sudah pasti lebih paham mengenai diri anda sendiri. Nah dari hal tersebut anda bisa meminta bantuan kepada teman anda mengenai pilihan jurusan. Nah anda minta ke teman teman anda, dan bertanya kira kira jurusan apa yang cocok untuk anda.

Selain itu anda juga tak lupa menyiapkan sebuah opsi pilihan, dan dari beberapa opsi pilihan tersebut pastikan yang anda sukai ataupun gemari semua. Kemudian teman anda akan memilih salah satu tersebut. Nah itulah merupakan pilihan yang kemungkinan besar cocok dengan anda.

Baca Juga : Sifat Yang Harus Dimiliki Jika Anda Ingin Jadi Pebisnis.

3. Tips Menentukan Jurusan Kuliah Dengan Ikut Tes Untuk Cek Akademik

Nah untuk ikut tes untuk cek akademik seperti ini biasanya disediakan di tempat bimbingan belajar. Hal tersebut biasanya dilakukan ketika hendak menjelang masa kelulusan SMA/SMK, biasanya akan diadakan sebuah tes yang berisi tes hitung-hitung, bahasa, ilmu pengetahuan lainya serta yang paling sulit yaitu seperti tes CPNS.

Sekira anda sudah selesai mengerjakannya, biasanya beberapa hari kemudian akan muncul hasilnya serta akan keluar nilai dan ada beberapa saran jurusan kuliah dari bimbingan belajar tersebut. Memang tidak semua siswa bisa mendapatkan cara ini, akan tetapi cara ini sudah banyak yang membuktikan dan sangat efektif sekali.

4. Minta Saran Orang Tua

minta pendapat orang tua

Meminta saran kepada orang tua juga cara dan tips yang sangat bagus dan malah kebanyaka pas dan cocok. Orang tua anda sendiri tentu saja sudah merawat anda dari bayi hingga sebesar sekarang ini. Pastinya orang tua sudah tahu apa keahlian anda serta apa bakat anda. Nah biasanya orang tua anda akan memberikan saran kepada anda, dan jika tidak maka anda meminta saran.

Selain itu hal yang diberikan pada orang tua entah itu berupa saran ataupun keputusan, tentu saja terbaik dari orang tua. Jadi itulah mengenai tips dan trik memilih jurusan kuliah, semoga bermanfaat sekian dan terima kasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *