2 Cara Menjadikan Android Sebagai Modem Laptop Atau Komputer

2 Cara Menjadikan Android Sebagai Modem Laptop Atau Komputer – Dalam urusan internet, laptop, pc, maupun komputer memang tidak sebaik handphone android. Untuk internetan, perangkat komputer membutuhkan wifi maupun modem eksternal yang harganya cukup mahal dan performanya tidak cukup baik.

Memang wifi adalah solusi internet terbaik untuk perangkat komputer, namun tidak semua tempat memiliki wifi hotspot, apalagi jika wifi tersebut memiliki sandi yang sulit. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut biasanya seseorang menggunakan modem untuk internetan menggunakan laptop dan komputer.

Tetapi untuk modem cenderung memiliki harga yang mahal, diatas 200 ribuan untuk merek bagus dan memiliki daya tahan kuat. Karena harganya yang mahal inilah banyak pengguna komputer mengurungkan niatnya untuk membeli modem. Lantas bagaimana caranya agar kita bisa mudah internetan di laptop, pc, maupun komputer?.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa menggunakan handphone android yang kita miliki sebagai modem wifi bagi perangkat komputer kita. Lantas bagaimana cara menjadikan hp android sebagai modem pada perangkat komputer?, berikut cara-caranya lengkap untuk anda. Simak baik-baik ya guys!!.

Cara Menjadikan Android Sebagai Modem Laptop

1. Dengan Wifi Hotspot

Cara pertama ini sangat simpel dan pastinya 100% dapat anda lakukan sendiri di rumah, ini dikarenakan hampir semua handphone android memiliki fitur wifi hotspot. Handphone android kelas bawah hingga kelas atas pasti tidak luput dari fitur ini, untuk menggunakannya sebagai modem berikut caranya :

  • Disini saya akan mencontohkan menggunakan handphone android yang umum dipakai, yakni Samsung.
  • Kartu anda wajib memiliki paket data, dan komputer/laptop anda memiliki fitur wifi.
  • Nyalakan data seluler di handphone android anda.
  • Masuk ke Pengaturan, setelah itu pilih menu More, kemudian pilih lagi menu Tethering And Portable Hotspot. Tethering hotspot
  • Aktifkan Hotspot dengan menggeser Off ke On atau dengan mengklik Tanda Centang. Jika anda pertama kali menggunakan fitur wifi hotspot ini, akan muncul konfigurasi untuk mengatur nama hotspot (SSID), sandi, dan pilihan keamanan.
  • Anda bisa mengaturnya sesuka hati, tetapi untuk pilihan keamanan, saya sarankan untuk menggunakan WPA2 PSK. Perlindungan keamanan ini sangat sulit ditembus oleh pencari wifi gratisan. Terakhir klik Save/Simpan. android tethering
  • Pada laptop/komputer anda, masuk ke menu Wireless & Network yang terletak di bawah kanan layar Desktop.
  • Pilih nama wifi hotspot yang anda buat tadi dan pilih Connect. Akan muncul menu untuk memasukkan password hotspot, masukkan sandi hotspot tersebut kemudian klik Ok.  wifi hotspot laptop
  • Selamat menikmati modem rasa wifi dari handphone android anda.

2. Dengan Kabel Data USB

Untuk cara menjadikan android sebagai modem pada laptop yang kedua menurut saya tidak sebaik cara pertama. Disini anda memerlukan alat bantu lain yakni kabel data usb. Untuk cara penggunaannya sangat mudah, ayo langsung simak langkah-langkahnya :

  • Sebelumnya, nyalakan paket data di handphone android anda terlebih dahulu.
  • Selanjutnya hubungkan handphone android dengan laptop/komputer anda menggunakan kabel data, kemudian tunggu hingga tersambung. Jika ada pilihan sambungan, klik terserah.
  • Setelah itu buka Setting/Pengaturan > More > Tethering & Mobile Hotspot.
  • Nanti ada pilihan yakni Hotspot Tethering, USB Tethering, dan Bluetooth Tethering, pilih USB Tethering. Tunggu sampai ada tulisan Tethered/Connectedusb tethering
  • Selanjutnya pada laptop/komputer anda klik icon Network & Wireless, jika nanti ada tulisan Network Internet Access, berarti cara ini berhasil dan anda tinggal menggunakan wifi hotspot tersebut untuk internetan. pc internet access
  • Selamat internetan menggunakan modem handphone android. Jangan lupa untuk memantau paket data di handphone, karena pada dasarnya ini sama saja menggunakan paket data di handphone android anda.

Baca juga cara mengirim file dari hp ke laptop dengan mudah dan cepat.

Itulah salah satu solusi untuk anda yang tidak ingin mengeluarkan uang banyak hanya untuk membeli sebuah modem yang performanya belum tentu sehebat wifi hotspot. Namun, ada salah satu kelemahan juga seperti baterai handphone android anda akan cepat habis. Anda bisa memilih sendiri mana yang terbaik untuk anda.

Sekian artikel mengenai cara menjadikan android sebagai modem pada laptop dan perangkat komputer lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda pengguna laptop dan android, dan semoga bisa menjadi referensi yang mendidik. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Add Comment

UA-101858990-1
error: Content is protected !!