Inilah 10 Alasan Kenapa Produk Apple Mahal, Yuk Simak!

Inilah Alasan Kenapa Produk Apple Mahal, Yuk Simak! – Entah mengapa, dari dulu produk apple memiliki harga yang mahal, mulai dari iPhone, iPad, dan sejumlah produk Apple lainnya.

Jadi, untuk membeli produk-produk apple, kita harus berpikir kembali. Seperti contohnya untuk membeli iPhone 11, iPhone 12, itu termasuk barang-barang yang mahal.

Padahal jika kita bandingkan, spesifikasi ponsel Apple dan ponsel Android misalnya, hampir sama sih. Namun apa yang menyebabkan perbedaan harga terlampau jauh antara keduanya?, berikut ulasannya!.

Alasan Kenapa Produk Apple Mahal

1. Kualitas Material Tinggi

Material yang Apple gunakan pada setiap produknya termasuk berkualitas premium dengan bahan pilihan seperti alumunium terbaik. Hasilnya, body produk Apple lebih kokoh dan tahan lama.

Untuk satu buah produk, apple mengeluarkan biaya yang lebih tinggi daripada ponsel brand lain pada umumnya. Jadi hal inilah yang membuat nama Apple sangat mahal.

2. Software dan Hardware Dikembangkan Secara Khusus

Berbeda dengan ponsel lain yang bekerjasama dengan perusahaan lain untuk urusan hardware dan software. Apple menggunakan hardware dan softwarenya sendiri, mulai dari CPU, Chipset, dan GPU, khusus dari Apple.

Untuk sistem operasi, Apple menggunakan sistem operasinya sendiri, yakni iOS  untuk melengkapi hardware pada teknologinya yang dikembangkan dengan cara terbaik. Ini menjadi salah satu jawaban mengapa iPhone begitu mahal.

3. Kualitas Kamera Tinggi

Sejak dari dulu, kamera ponsel Apple, yakni iPhone, memiliki kualitas kamera yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan banyak yang suka fotografer memiliki menggunakan iPhone.

Dengan terdapat fitur dual camera sekelas kamera DSLR yang membuat hasil foto semakin luar biasa. Tidak heran kalau iPhone selalu disebut memiliki kamera terbaik daripada smartphone lain.

Belum lagi dengan adanya fitur dual OIS pada iPhone X, membuat para penggemar fotografi semakin rela merogoh kantong demi membeli produk Apple yang satu ini.

4. Penelitian dan Pengembangan

Salah satu alasan penting mengapa iPhone memiliki harga yang tinggi adalah karena butuh banyak waktu untuk melakukan penelitian dan pengembangan setiap tahunnya. Selain itu juga desain kemajuan teknologi di perangkatnya.

5. Performa Gahar

steve jobs apple

Kata banyak orang, jika dibandingkan satu sama lain, ponsel Apple dan ponsel OS lain, dengan spesifikasi yang sama, Apple jauh lebih gahar.

Selain itu, saya juga pernah mendengar suatu argumen, jika RAM pada iPhone, misalnya semua 2GB, itu semua terpakai. Sedangkan untuk ponsel Android misal, RAM 2GB biasanya sudah terpotong dengan aplikasi sistem, jadi tidak 2GB bersih.

Inilah salah satu faktor yang membuat iPhone lebih istimewa di mata banyak orang.

Baca Juga :

6. Layanan Customer Service

Apple memang memiliki layanan pelanggan terbaik di pasar ponsel dunia. Mereka akan segera mengganti perangkat iPhone Anda meski hanya terjadi masalah kecil di perangkat tersebut.

iPhone dilengkapi dengan garansi tambahan selama 2 tahun untuk kerusakan yang tidak disengaja dan bisa diklaim melalui AppleCare +. Layanan klaim ini pun dinilai sangat responsif daripada layanan pelanggan dari kompetitornya.

Itulah mengapa iPhone Apple memiliki harga yang lebih mahal daripada ponsel lain pada umumnya. Selain itu, layanan dari AppleCare + ini merupakan layanan berbayar sehingga tentu ada harganya.

7. Update Software Merata

Jika kebanyakan vendor Android menyertakan dukungan update software selama 2 tahun, itu pun untuk smartphone flagshipnya. Berbeda dengan para pengguna iPhone yang akan selalu menikmati sistem operasi iOS terbaru hingga 4 tahun lamanya sejak pertama kali diluncurkan.

8. Loyalitas Pada Brand

Apple menciptakan loyalitas pada brand mereka sendiri, maka dari itu meskipun banyak produk Apple terbaru meluncur dengan harga yang jauh lebih mahal dari sebelumnya, penjualan tetap stabil.

Karena mereka para pengguna Apple sudah tau jika apple merupakan brand terbaik yang memiliki kualitas produk terbaik daripada ponsel yang lain.

9. Pengawasan Yang Ketat Pada Aplikasi

Tidak seperti Play Store pada android, di Apple, ada beberapa syarat yang harus pengembang aplikasi lakukan agar aplikasi buatannya bisa masuk di App Store Apple.

Pengawasan ini bertujuan untuk memastikan aplikasi tersebut aman atau tidak untuk pengguna. Dan kebanyakan aplikasi yang tersedia berbayar/premium.

Melihat dari proses seleksi aplikasi yang masuk, tidak bisa kita pungkiri harga produk Apple termasuk mahal dan premium.

10. Keamanan Yang Sangat Tinggi

apple security

Poin terakhir yang menjadikan produk Apple mahal adalah adanya sistem keamaan yang sangat tinggi. iOS yang merupakan sistem operasi yang tidak Open Source, jadi gangguan virus/malware tidak menjadi hambatan untuk penggunanya.

Selain itu, iCloud yang tidak bisa dibobol adalah salah satu poin keamanan yang patut banyak orang pertimbangkan.

Nah, jadi itulah beberapa alasan kenapa produk apple mahal dibandingkan dengan produk lain. Sebagai alternatif, anda bisa membeli ponsel dengan spesifikasi yang sama dengan harga yang lebih murah, android misalnya.

Oke, sekian artikel ini, jika ada poin lainnya seputar artikel di atas yang ingin anda sebutkan, tulis di kolom komentar ya teman-teman!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *