oleh

7 Tips Mengatur Gaji Bulanan Agar Tidak Habis Sebelum Akhir Bulan

7 Tips Mengatur Gaji Bulanan Agar Tidak Habis Sebelum Akhir Bulan – Memiliki penghasilan bulanan memang ada enak dan tidaknya. Kita harus pandai-pandai mengatur keuangan agar tetap bisa menabung di sela-sela kebutuhan harian. Belum lagi dengan berbagai tagihan yang menanti untuk dibayar, tentu saja Anda harus jeli mengatur gaji. Apalagi bagi Anda yang sudah berumah tangga.

Banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi. Banyak orang kesulitan mengatur gaji bulanan. Bahkan tak jarang gaji bulanan sudah habis saat pertengahan bulan. Gaji bulanan yang sudah habis dipertengahan bulan bisa saja karena kebiasaan dan gaya hidup.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini terjadi misalnya gaya hidup yang hedonis atau konsumtif, terobsesi belanja dan mengejar diskon, faktor deficit, terlalu banyak memiliki kartu kredit, tidak dapat membedakan mana irit dan mana pelit dan yang paling umum adalah tidak dapat mengatur keuangan.

Alhasil dipertengahan bulan Anda baru sadar bahwa keuangan Anda semakin emnipis. Bisa saja ini teradi karena Anda tidak mengelola gaji Anda dengan baik. Oleh sebab itu agar gaji bulanan Anda tidak habis begitu saja pada artikel kali ini akan dewailmu berikan beberapa tips mengatur gaji bulanan yang harus Anda terapkan.

Tips Mengatur Gaji Bulanan Yang Baik & Benar

1. Buat Anggaran Bulanan

Langkah pertama yang dapat dilakukan ketika anda mendapatkan gaji yaitu buat anggaran untuk satu bulan kedepan. Buatlah daftar pengeluaran bulanan menjadi dua bagian. Pertama untuk kebutuhan primer seperi makan, ongkos, biaya kos atau kontrakan, kuota internet dan lain sebagainya. Sementara untuk kebutuhan tersier untuk daftar kebutuhan seperti shoping, hingga biaya hangout dengan teman-teman harus dipertimbangkan lagi atau lebih dikurangi.

2. Bayar Tagihan Di Awal

membayar tagihan

Setelah mendaftar semua anggaran bulanan maka selanjutnya prioritaskan untuk membayar tagihan. Biaya tagihan mulai dari listrik, telepon, cicilan kendaraan, dan berbagai tagihan lainnya penting untuk dibayar di awal. Ini agar tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. dengan membayar tagihan terlebih dahulu tentu Anda akan merasa lebih tenang untuk mengatur pengeluaran kedepannya.

3. Sisihkan Untuk Tabungan

Jangan sampai uang dari hasil kerja Anda habis begitu saja. Sisikanlah untuk menabung. Menyisihkan uang untuk menabung sangat bermanfaat untuk simpanan Anda di masa depan. Sisihkanlah minimal 10 persen dari gajian Anda untuk ditabung. Jangan sampai Anda lebih memprioritaskan kebutuhan tersier Anda daripada untuk menabung ya.

4. Mengatur Gaji Bulanan Dengan Berinvestasi

investasi

Selain menabung, investasi juga penting untuk diprioritaskan. Sama seperti tabungan investasi juga berguna bagi Anda di masa depan. Lakukan investasi meskipun kecil-kecilan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

Anda bisa membeli perhiasan ataupun membuka bisnis kecil-kecilan sebagai langkah awal untuk mendapatkan pendapatan selain dari gaji pekerjaan Anda. Banyak artis yang sukses dan memiliki usaha sendiri yang dibangun dari bayaran pekerjaan mereka. Anda juga bisa mencontoh kiat sukses seperti mereka.

Baca Juga : Cara Agar Tidak Gugup Saat Berbicara Dengan Banyak Orang.

5. Buat Laporan Keuangan Harian

Salah satu kegunaan membuat laporan keuangan harian yaitu untuk mengetahui semua pengeuaran setiap hari. Cara ini dapat mengetahui kemana saja uang yang digunakan selama ini. Selain itu dengan mencatat pengeluaran setiap hari Anda dapat mengetahui barang-barang apa saja yang mungkin sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan dan tidak perlu Anda beli.

6. Bila Perlu Miliki Dua Rekening Bank

rekening bank

Tips mengatur gaji bulanan satu ini tidak bisa dianggap sepele. Sebab banyak orang membuktikan cara ini lebih efektif untuk mengatur gaji bulanan. Dengan memiliki dua rekening bank, Anda dapat menggunakan salah satunya untuk kebutuhan sehari-hari dan rekening lainnya khusus untuk menabung.

7. Mengatur Gaji Bulanan Dengan Melakukan Perbandingan

Cara mengatur gaji bulanan yang terakhir yaitu melakukan perbandingan antara pengeluaran dan anggaran yang telah And abuat. Hal ini untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda melebihi anggara yang telah dibuat atau tidak. Jika pengeluaran telah melebihi anggaran yang dibuat maka segera lakukan revisi. Lihat kembali kebutuhan tersier dan pengeluaran sehari-hari Anda agar yang tidak terlalu penting bisa dikesampingkan.

Dengan membiasakan mengatur gaji bulanan maka gaji Anda tidak hanya “numpang lewat” setiap bulannya. Hal yang tidak boleh dilupakan ketika Anda menerima gaji adalah menabung dan investasi. Dua hal tersebut akan menjadi simpanan masa depan yang bermanfaat bagi Anda.

Mulailah menerapkan tips mengatur gaji bulanan seperti di atas. Konsisten dan komitmen untuk membiasakan diri mengelola gaji juga diperlukan. Bijaklah dalam menggunakan dan mengatur gaji Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *