oleh

Apa Itu Cloudflare?, Dan Apa Saja Kegunaannya Untuk Website?

Apa Itu Cloudflare?, Dan Apa Saja Kegunaannya Untuk Website? – Sudah lama ya dewailmu tidak membahas mengenai website atau hal yang ada kaitannya dengan website. Bagi pengguna website, tentu tidak asing dengan kata cloudflare, terutama untuk situs dengan web hosting pribadi.

Namun, bagi anda yang belum terlalu mendalami website dan strategi lainnya tentu masih asing dengan cloudflare ini. Apalagi kata tersebut jarang disebut pada banyak forum, namun kegunaannya sangat penting bagi website kita. Bagi yang belum mengetahui arti kata tersebut, kali ini dewailmu membagikan sedikit penjelasan tentang cloudflare dan kegunaannya. Langung saja berikut ulasannya.

Apa itu Cloudflare?

Dilansir dari wikipedia, Cloudflare Inc. adalah perusahaan yang menyediakan layanan jaringan pengiriman konten, mitigasi DDoS, keamanan Internet, dan layanan server nama domain terdistribusi, yang berada di antara pengunjung dan penyedia hosting penggunanya dan berfungsi sebagai proxy terbalik untuk situs web.

Menurut bahasa website, Cloudflare disebut sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki beberapa fitur yang lebih baik daripada standar CDN yang biasanya ditawarkan. Jadi, sudah jelas kan jika ini sangat vital kegunaanya bagi website kita. Selain bagi keamanan website, layanan ini juga memiliki banyak kelebihan lainnya yang wajib anda ketahui. Apa saja itu, mari kita simak bersama.

Kegunaan Cloudflare

1. Perlindungan Website

perlindungan cloudflare

Sudah pasti untuk hal perlindungan, cloudflare menjadi yang paling utama, dan apa saja contoh perlindungan yang diberikan cloudflare untuk website kita.

  • Mengatasi situs down jika penyedia hosting mengalami gangguan, dengan cara terus melayani website anda sampai up kembali.
  • Mencegah serangan hacker, dengan menyembunyikan IP Server.
  • Mencegah aktivitas DDoS, dengan cara memperikan perlindungan ekstra.

2. Kecepatan Website

Untuk masalah kecepatan, cloudflare juga menyediakan keunggulan tersebut untuk website kita, salah satu cara yang dilakukan oleh cloudflare untuk mempercepat website kita adalah dengan cara menyebarkan data center website kita ke beberapa negara. Dengan cara itu, otomatis pengguna atau pengunjung dapat mengambil data yang sudah tersimpan dalam bentuk cache pada server-server terdekat dengan pengguna yang mengakses.

3. Sertifikat SSL Gratis + Wildcard

cloudflare universal ssl

 

Kegunaan selanjutnya adalah website anda akan mendapatkan sertifikasi SSL secara gratis. Sertifikasi SSL adalah fitur yang digunakan untuk memastikan data transaksi yang terjadi secara online aman. Dalam tanda kutip dienkripsi atau diacak sehingga pihak lain tidak akan bisa membaca riwayat transaksi yang kita lakukan. Intinya adalah untuk menjaga keamanan, serta merahasiakan data kita ketika sedang melakukan transaksi secara online.

Contoh penerapannya yakni tulisan http yang berubah menjadi https dan yang awalnya situs web bertanda gembok kuning, menjadi bertanda gembok hijau. Selain itu, anda juga bisa menggunakan banyak ssl pada setiap website yang memiliki domain utama maupun subdomainnya.

Baca Juga : Cara Memasang CDN Gratis Dari Cloudflare Dengan Mudah & Cepat.

4. Memperkuat Server Website

Kegunaan terakhir adalah untuk menjaga keseimbangan server website anda agar tidak mudah tumbang, karena cloudflare memiliki sebuah fitur yang dapat membagi beban server. Yang nantinya akan berpengaruh agar server kita menjadi tangguh.

Selain beberapa kegunaan diatas, tentu masih banyak sekali kegunaan yang diberikan cloudflare untuk website kita. Karena sudah saya singgung di awal, jika cloudflare sangat penting bagi keberlangsungan website kita agar aman, dan mampu bersaing dengan website lainnya. Karena rata-rata situs situs besar sudah dilengkapi dengan layanan keamanan tingkat tinggi seperti cloudflare ini.

Untuk itu, jangan ragu dan jangan mengabaikannya. Sekian artikel tentang apa itu cloudflare dan kegunaannya bagi website. Semoga artikel ini bermanfaat, dan membantu mengembangkan website anda. Sekian, terima kasih atas kunjungannya. Jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 comments