7 Cara Cek Kecepatan Website Terbaik, Mudah, dan Cepat

Cara Cek Kecepatan Website Terbaik, Mudah, dan Cepat – Sekarang ini, kecepatan website menjadi salah satu faktor utama google untuk meranking website. Dengan kecepatan situs yang cepat, anda bisa dengan mudah masuk ke peringkat utama pencarian.

Namun, untuk mempercepat kecepatan blog tidak semudah yang dibayangkan. Banyak kendala yang harus kita lalui, seperti banyaknya javascript, css, html, gambar, belum lagi melihat platformnya blogspot, wordpress, atau lainnya.

Untuk mengecek semua hal tersebut, kita bisa menggunakan situs cek kecepatan website. Ketika melakukan pengecekan, akan muncul masalah yang bisa dioptimalkan agar kecepatan website menjadi lebih cepat. Lalu apa saja situs-situsnya?, simak artikel ini sampai selesai.

Cara Cek Kecepatan Website

1. Dengan PageSpeed Insight

pagespeed insight

Saya meletakkan situs ini pada peringkat pertama karena memang patokan SEO kita adalah Google, kita mencari suatu hal melalui google, jadi saya rasa wajib menggunakan pagespeed insight untuk mengetahui kecepatan website kita.

Situs ini sangat simpel, sama seperti situs-situs google lainnya. Selain untuk mengetahui kecepatan website, dengan pagespeed insight, kita bisa mengetahui masalah apa saja yang memperlambat kecepatan web.

Dengan begitu, blogger sekalian bisa mengoptimalkan kecepatan situsnya masing-masing.

2. Menggunakan GTmetrix.com

GTMetrix memang lebih rumit untuk pengukuran kecepatan website, karena banyak sekali patokan yang harus dilalui. Untuk mengetahui kecepatan web kita baik atau tidak, kita bisa mengetahui skor akhir mulai dari A hingga E, yang mana A menunjukkan kecepatan situsnya baik, dan sebaliknya.

Ada juga fitur untuk membandingkan kecepatan web 1 dan 2. Bahkan, terdapat juga fitur berbayar mulai dari US$ 10 sampai US40 untuk anda yang ingin mendapatkan fitur terbaik di GTmetrix.

3. Dengan Pingdom

Hampir mirip dengan Gtmetrix, dengan menggunakan pingdom, anda bisa mengecek kecepatan website melalui beberapa server, mulai dari server asia, eropa, hingga amerika.

Terdapat juga fitur premium dalam situs ini dengan harga US$ 10. Untuk mengecek kecepatan situs, anda bisa mengunjungi tools.pingdom.com.

Baca Juga :

4. Menggunakan Webpagetest.org

webpagetest

Menurut saya, situs cek kecepatan website yang satu ini lebih bagus daripada Pingdom dan GTmetrix. Ini dikarenakan, selain bisa mengecek kecepatan website melalui beberapa server di seluruh dunia, kita juga bisa memilih browser yang digunakan.

Bahkan terdapat juga fitur pengecekan dengan berdasarkan jaringan 3G, 4G, hingga pengecekan perbandingan antara situs A dan B. Enaknya lagi, semuanya bisa anda gunakan secara gratis.

5. Dengan Uptrends.com

Saya jujur belum pernah menggunakan situs ini, karena harus daftar terlebih dahulu, dan menurut saya ribet. Anda bisa mengecek kecepatan anda melalui link www.uptrends.com/tools/website-speed-test.

Terdapat fitur lainnya yang tidak bisa anda gunakan selain cek kecepatan, namun anda hanya bisa menggunakan situs ini secara gratis dalam 30 hari saja, dan selanjutnya mungkin berbayar.

6. Menggunakan Keycdn.com

Selanjutnya anda bisa menggunakan keycdn.com. Dengan situs ini, anda bisa mengetahui kecepatan situs berdasarkan lokasi server yang anda pilih. Situs ini gratis untuk digunakan, anda bisa mengaksesnya melalui link tools.keycdn.com/speed.

7. Dengan Geekflare.com

Terakhir, anda bisa menggunakan Geekflare untuk mengecek kecepatan situs web anda. Pada situs ini, selain untuk mengecek kecepatan website, juga terdapat kurang lebih 35 tools lainnya, keren kan?.

Nah, jadi itulah beberapa cara cek kecepatan website dengan mudah dan cepat. Menurut anda, cara mana yang terbaik?, kalau saya sih sudah pasti cara pertama.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat ya untuk para blogger.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 komentar