Apa itu SEO : Definisi, Panduan, Penerapan Lengkap!

Apa itu SEO? Definisi, Panduan, Penerapan, dan Manfaat SEO – Bagi Orang Awam SEO adalah hal yang Jarang atau Bahkan Belum Dimengerti sama sekali Oleh mereka.

Mungkin hal ini terdengar asing untuk banyak orang. Namun untuk anda para blogger, wajib sekali untuk mengetahui hal yang satu ini, baik blogger senior maupun pemula. Berikut penjelasannya lengkap!.

A. Apa itu SEO?

SEO adalah kepanjangan Search Engine Optimization, atau dalam bahasa Indonesia disebut Optimasi mesin pencari. Bisa juga diartikan Upaya Pengoptimalan pada Website/blog yang dilakukan agar Website/blog tersebut Berada Pada Halaman Pencarian Pertama Search Engine.

Atau bisa juga Proses yang diterapkan pada website/blog agar terlihat di halaman pertama pencarian Google ketika seseorang mencari suatu hal atau kata kunci yang berhubungan dengan website/blog tersebut.

Perlu anda perhatikan, Website Yang mempunyai Rangking baik bukanlah website yang cenderung mengiklankan websitenya di Google Ads. Website yang baik dan mempunyai rangking tinggi cenderung Bisa Mengelola Search Engine Optimization dengan Baik.

CONTOH

Misal anda memiliki jasa Jual Beli Tas Online pada website yang anda kelola. pada situs tersebut ada paket tas lusinan, grosir, eceran, macam dan merek merek tas lainnya.

Agar konsumen tertaik dan mau berkunjung bahkan membeli produk tersebut maka anda harus melakukan Search Engine Optimization pada website tersebut dengan Baik dan benar.

Ketika ada yang mencari tas di mesin pencarian, Situs anda yang sudah menerapkan SEO dengan baik maka akan terlihat di halaman Pertama Pencarian.

B. Cara Kerja SEO

Search engine tidak saat itu juga akan memproses artikel anda. Dibutuhkan waktu beberapa saat sampai artikel anda muncul di hasil pencarian. Berikut beberapa proses yang dilakukan mesin pencari pada artikel anda :

1. Crawling

Crawling atau dalam bahasa indonesianya berarti mengumpulkan. Artinya, mesin pencari bertugas untuk mengumpulkan informasi dari semua website, termasuk website anda.

Mulai dari beranda, artikel pertama hingga artikel terakhir, mencari perubahan yang terjadi.

2. Indexing

Setelah melakukan proses Crawling, kemudian web crawler akan menyimpan informasi tersebut pada entry list : index untuk melakukan pengindeksan pada semua situs web.

3. Ranking

Mesin pencari akan menampilkan konten sesuai hasil pencarian yang paling sesuai dengan peringkat secara berurutan.

Agar kualitas hasil pencarian bisa terjamin, mesin pencari menggunakan sekumpulan aturan yang biasa disebut dengan algoritma. Algoritma mesin pencari ini akan memastikan orang-orang yang menggunakan internet bisa mendapatkan informasi yang relevan dari berbagai sumber yang terpercaya.

C. Konsep Dasar Search Engine Optimization

Seorang Surfer atau penjelajah di dunia maya sudah tidak asing dengan mesin pencari google. mereka para Surfer Ingin Website Terbaik dan Relevan di halaman pertama pencarian agar mereka tidak perlu repot mencari ke halaman Selanjutnya.

Jadi Inti Search Engine Optimization yaitu Jadikan Situs anda Terbaik dari yang terbaik. Ingat, jadi Yang terbaik. Tapi Terbaik dalam Segi apa?.

1. Konten yang Anda Sajikan

lebih lengkap, original, unik, riskiaktovan.blogspot.com

Konten yang anda ajikan harus Berbobot. maksudnya Yaitu konten harus relevan, berisi, tidak harus panjang. yang penting lengkap.

Hal ini dimaksudkan agar penjelajah tidak Perlu Repot Mencari hal yang sama untuk kedua kalinya jika konten yang dicari di situs pertama sudah lengkap.

 2. Struktur Situs

lengkap, navigasi, sitemap,

Seorang yang mencari informasi di internet biasanya Mencari sesuatu yang sederhana dan tidak terlalu banyak hal membingungkan.

Maka dari itu anda harus mengolah website semenarik mungkin sehingga menarik minat bagi pembaca untuk selalu mengunjungi blog anda.

3. Popularitas

Definisi SEO, panduan SEO, Manfaat SEO, Cara SEO, Pengertian SEO,Riskiaktovan.blogspot.com

Sebuah website yang populer dan naik daun  cenderung berada di halama pertama google. Biasanya seorang surfer atau penjelajah tidak banyak berpikir panjang, apa yang ada di halaman pertama pencarian google menurut mereka itu adalah situs yang bagus dan langsung di klik oleh mereka.

4. Kepuasan Pengguna

Kepuasan pengguna juga besar manfaatnya kepada berkembangnya sebuah situs. pengguna yang merasa puas akan sebuah situs, pasti suatu saat pengguna merasa ingin mendapatkan hal yang menarik, pengguna akan berkunjung kembali ke situs tersebut, begitu pun sebaliknya.

5. Gambar

Bayangkan jika blog anda tulisan semua dan tidak ada gambarnya, pasti pengunjung akan merasa jenuh dan frustasi sehingga berpikir akan meninggalkan blog anda. Maka dari itu gambar juga penting guna menarik minat pengunjung. Gunakanlah Gambar yang menarik dan lucu.

6. Backlink Internal

Backlink internal atau internal link disini berarti link yang terdapat dalam sebuah artikel harus relevan dengan topik artikel yang anda bahas.

Misalnya saja anda membahas cara mendapatkan uang dari internet, anda dapat memasukkan link internal seperti aplikasi penghasil uang di ponsel android, atau tutorial mendapatkan uang dari youtube.

7. Backlink Eskternal

Backlink eksternal berarti anda harus mencari rujukan dari situs lain. Link eskternal ini bisa anda dapatkan dengan banyak cara, mulai dari berbayar dan gratis.

Untuk cara yang gratis, anda bisa mendapatkannya dengan guest pos misalnya. Dan untuk versi berbayar, anda bisa mendapatkannya dengan cara menghubungi pengelola situs yang ingin anda dapatkan linknya, lakukan tawar menawar sehingga terjadi kesepakatan harga.

8. Kecepatan Website

Sekarang ini, algoritma google juga memperhatikan kecepatan website. Semakin cepat sebuah situs web, maka peluangnya menang di mesin pencari semakin besar.

Untuk mengoptimalkan kecepatan website ada banyak cara, biasanya tergantung platformnya. Untuk platform blogger, anda bisa mengedit file html seringan mungkin, menggunakan tema yang cepat, dan lainnya.

Sedangkan untuk wordpress, anda bisa menggunakan plugin cache, kompres gambar, tema yang cepat, menggunakan cdn, serta masih banyak lagi.

Baca Juga :

9. Riset Kata Kunci

Riset kata kunci adalah proses dimana anda melakukan riset, kata kunci apa yang ingin anda gunakan pada artikel yang sedang anda buat. Proses riset kata kunci ada beberapa macam, anda bisa menggunakan kata kunci persaingan pendek, dan juga bisa menggunakan kata kunci persaingan panjang.

Contoh kata kunci persaingan pendek seperti cara root android, dan untuk contoh kata kunci persaingan panjang seperti cara root android menggunakan aplikasi kingroot, sebarkan kata kunci tersebut ke seluruh bagian artikel, baik pada pembukaan, isi artikel, hingga penutupan, namun jangan berlebihan.

10. Meta Tags

Meta tags terdiri dari title tag dan meta description. Fungsinya adalah membantu Google untuk memahami keseluruhan konten di sebuah halaman website. Untuk title tag adalah judul artikel, pilih judul yang sesuai dengan isi artikel, jangan terlalu pendek dan jangan terlalu panjang.

Sedangkan untuk meta description adalah teks yang merangkum konten Anda di hasil pencarian. Teks ini terletak tepat di bawah judul dan URL artikel. Meta description biasanya terdiri dari 120 sampai 130 karakter.

11. Penggunaan SSL/TLS

ssl

Sejak 2014, Google mulai mengutamakan situs web yang menggunakan SSL/TLS. Karena website dengan SSL/TLS mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website tersebut. Jadi keamanan data pengguna lebih aman.

Jika website yang anda kelola adalah situs jual beli yang mencantumkan informasi nomor rekening, kartu kredit, paypal, sangat dianjurkan untuk menggunakan SSL/TLS.

Bagaimana cara membedakan sebuah website yang belum mengguakan SSL dan yang sudah menggunakan SSL?, caranya mudah. Jika anda membuka sebuah situs dan situs tersebut diawali dengan HTTP dan gembok merah, artinya situs tersebut belum menggunakan SSL/TLS.

Dan jika anda membuka sebuah website dengan awalan HTTPS dan sudah menggunakan tanda Gembok Hijau, artinya situs tersebut sudah menggunakan SSL/HTTPS.

12. Topik Website

Topik website ini berhubungan dengan keseluruhan artikel dalam sebuah situs web. Artinya, ketika anda pertama kali membuat website, sebaiknya anda sudah memikirkan situs tersebut mau dibawa kemana.

Jika website anda dari pertama membahas travelling, maka untuk kedepannya anda juga tidak disarankan membahas artikel diluar travelling.

13. Struktur Konten

Struktur konten yang runtut terdiri dari banyak hal, mulai dari awal konten hingga akhir haruslaht terstruktur. Seperti penggunaan Heading, menambahkan infografis, foto, gambar ilustrasi, yang memudahkan pembaca memahami artikel anda.

14. Search Intent

Indikator berikutnya adalah menentukan search intent terlebih dahulu. Search intent adalah pembagian kata kunci berdasarkan tujuan bisnis yang ingin dicapai. Minimal, terdapat empat macam search intent, yang meliputi :

  • Informational, untuk kebutuhan dalam memberikan berbagai informasi topik secara luas.
  • Navigational, mengarahkan kata kunci pada nama brand langsung.
  • Commercial Investigation, kebutuhan yang bersifat komersial dan membandingkan dua produk.
  • Transactional, yakni kata kunci yang digunakan untuk kebutuhan dan meningkatkan nilai konversi bisnis.

D. Bisakah Situs Saya Sukses Tanpa SEO??

Jawabannya Bisa, sebenernya tidak penting penting amat. Karena SEO biasanya Digunakan oleh pengembang website yang berjualan online. tetapi bukan berarti SEO untuk situs biasa tidak dibutuhkan.

Apakah saya Bisa?

Ya jawabannya bisa tergantung orangnya. Kalau orangnya niat ya bisa, kalau yang gak niat ya gak bisa. Sekali lagi tergantung anda sendiri. keputusan ada di tangan anda.

Ada banyak sekali perusahaan penyedia jasa SEO, tetapi bayar bos ujung ujungnya, karena zaman sekarang tidak ada yang gratis.

Namun tenang saja, SEO dapat anda lakukan sendiri tanpa mengeluarkan uang jutaan rupiah. Untuk website seperti informasi dan website download ada kemungkinan tidak perlu menerapkan SEO secara menyeluruh. tapi untuk website besar seperti perusahaan dan toko online sebaiknya menggunakannya agar ramah terhadap mesin Pencari.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 komentar

  1. SEO Merupakan Tahapan Peng Optimalan Blog agar Blog tersebut bisa masuk ke Halaman Pertama Pencarian

  2. Untuk bisa masuk ke halaman pencarian gak semudah yang diperkirakan mas, selain butuh konten yang bagus, juga butuh kata kunci yang tepat. Dan maka dari itu perlu sekali untuk belajar SEO.