√ Apa Itu CPU dan GPU? Berikut Perbedaannya Lengkap

Apa Itu CPU dan GPU? Berikut Perbedaannya Lengkap – Ketika mengakses komputer maupun smartphone, jika ingin tahu seluk beluk bagian dalam maka akan menemui yang namanya CPU dan GPU. Kedua istilah tersebut melekat begitu erat dan terkadang banyak orang yang susah untuk membedakan.

Padahal jelas-jelas kedua komponen tersebut sangat berbeda dari segi fungsi maupun tugasnya. Maka dari itu di sini saya akan menjelaskan mengenai apa itu CPU dan GPU, agar anda lebih jelas mengetahui tentang hal ini.

Apa Itu CPU dan GPU? Berikut Perbedaannya

A. Apa itu CPU?

cpu

Pertama-tama kita akan ulas terlebih dahulu mengenai CPU. CPU atau kepanjangan dari Central Prosessor Unit bisa dibilang sebuah otak dari mesin pada komputer/hp. Jadi jika diibaratkan dengan manusia, CPU itu adalah otak kita. CPU di sini memiliki tugas yang begitu berat yakni bertanggung jawab dalam pembagian tugas setiap komponen yang ada pada setiap perangkat.

Dalam sebuah unit di hp maupun komputer, CPU ini harus menjalankan berbagai macam perintah yang terhubung di sistem operasi. Selain itu CPUnya sendiri terdapat banyak core, biasanya di hp ada yang memiliki 4 core bahkan 8 core. Demikian pula dengan komputer, memiliki banyak core pula.

Selain itu CPU juga disebut dengan prosessor. Kemampuan CPU juga dapat dilihat dari 2 faktor pertama. Mulai dari diukur banyaknya core atau cabang, sedangkan yag kedua dapat diukur dengan kecepatan dari suatu prosesor. Misalnya saja mempunyai kecepatan 3,0 GHz. Pada komputer CPU yang kita kenal ada dua macam yang beredar di pasaran serta banyak digunakan yakni Intel dan AMD.

Sedangkan CPU di hp juga banyak jenisnya, mulai dari yang terkenal yaitu Apple Bionic, Qualcomm Snapdragon, Mediatek, Kirin, dan Exynos. Tentunya dari segi CPU yang ada di komputer dan hp terdapat perbedaan terutama mulai dari kinerja serta harga jual di pasaran.

B. Apa itu GPU?

gpu

GPU adalah kepanjangan dari Graphics Processing Unit. Ini merupakan sebuah perangkat keras yang di mana memiliki peran penting perihal grafis atau menampilkan layar pada monitor maupun layar hp. Tanpa adanya GPU, maka kita tidak akan bisa melihat apa-apa yang ditampilkan pada layat komputer maupun hp. Dengan demikian GPU memang komponen yang selalu ada pada setiap gadget.

GPU sendiri terbagi menjadi dua bagian, pertama mulai dari GPU diskrit yang terpisah dengan CPU. Nah, untuk menggunakan GPU diskrit maka harus dipasang bersamaan dengan slot PCI-E yang terdapat pada motherboard. Sedangkan kemampuan integrasinya juga lebih baik daripada GPU integrasi.

Yang kedua, GPU integrasi yang di mana ini menjadi satu dengan CPU. Biasanya ini sangat dicari-cari terutama yang mengirit budget. Karena jika membeli satu persatu mulai dari CPU dan GPU maka akan sangat banyak menghabiskan biaya. Belum lagi saat ini harga GPU dengan grafis yang mumpuni harganya juga terbilang mahal. Contohnya GPU yang terintegrasi yaitu Intel HD Graphics.

Saat ini kebutuhan GPU terutama pada komputer dimanfaatkan sebagai pengolah grafis pada game. Serta digunakan untuk kebutuhan desain grafis atau keperluan kerja. Nah banyak produsen-produsen menciptakan produk GPU yang berlomba-lomba membuat GPU terbaik. Seperti NVIDIA, dengan produk geforce serta AMD dengan produk Radeonnya.

Intinya GPU punya peran penting dalam penyediaan data yang dihasilkan sistem ke dalam bentuk gambar. Sedangkan macam-macam GPU pada hp ada Adreno, Mali dan masih banyak lagi.

Baca Juga :

C. Perbedaan

Jadi itulah pengertian tentang apa itu CPU dan GPU. Yaps secara sederhananya, CPU itu otaknya yang menjalankan berbagai macam perintah agar komponen bekerja. Sedangkan GPU itu tugasnya menyediakan data yang dihasilkan sistem dan hasil finalnya ditampilkan dalam bentuk sebuah gambar yang tampil di layar.

Semakin tinggi CPU dan GPU nya, maka kecepatan serta kejernihan gambar yang ditampilkan akan semakin bagus. Jadi, sebelum anda membeli sebuah komputer maupun handphone, ada baiknya anda melihat spesifikasi CPU dan GPUnya.

Jika ada sesuatu yang kurang, anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di akhir artikel. Semoga artikel ini bermanfaat ya!, jangan lupa kembali lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *