Apa itu RPM? Cara Mengetahui RPM Pada Hard Disk

Apa itu RPM? Cara Mengetahui RPM Pada Hard Disk – Era teknologi yang semakin canggih membuat produsen komputer menciptakan komputer dan teknologi yang berkaitan dengannya semakin canggih.

Salah satu komponen yang diproduksi semakin canggih adalah Hard disk, dimana semakin hari, kapasitas hard disk semakin besar dan memiliki teknologi terbaru.

Jenis hard disk yang sekarang banyak digunakan karena kecepatannya adalah SSD. Sudah terbukti bahwa hard disk SSD memiliki kecepatan yang tinggi, sehingga untuk membacanya, terdapat sebuah satuan yang digunakan untuk membantu proses membaca.

Satuan tersebut bernama RPM. Berikut pengertian secara jelas mengenai RPM, serta cara mengetahuinya pada hard disk, simak ya!.

A. Apa itu RPM?

RPM adalah kepanjangan yaitu Revolutions per Minute atau bisa juga diartikan putaran per menit. Prinsipnya, semakin cepat perputaran pada hard disk, maka jumlah data yang bisa dibaca oleh Head HDD tersebut juga akan semakin banyak.

Umumnya, HDD memiliki kemampuan membaca sekitar 5.400 sampai 7.200 RPM. Namun sekarang produk hard disk terbaru sudah memiliki kecepatan hingga mencapai 10.000 RPM. Bahkan, terdapat hard disk yang memiliki kecepatan sampai 20.000 RPM, yakni hard disk Western Digital atau WD.

Baca Juga :

B. Cara Mengetahui RPM Pada Hard Disk

1. Melalui Label HDD

rpm hard disk

Cara pertama yang dapat anda coba untuk mengetahui RPM HDD adalah dengan melihat label pada HDDnya. Tips ini dapat anda coba jika anda ingin membeli hard disk eksternal, dan hard disk tersebut belum terpasang di laptop/komputer.

Namun jika hard disk yang anda ingin ketahui RPM nya sudah terpasang di laptop, maka anda tidak akan dapat mengetahuinya, kecuali anda harus membongkarnya.

2. Di Internet

Sama seperti tips pertama, untuk tips kedua ini khusus hard disk yang belum terpasang di laptop. Artinya, anda mengetahui model dari HDD tersebut.

Dengan mengetahui model, anda dapat mencari spesifikasi hard disk tersebut, termasuk mencari RPM nya.

3. Dengan Software

Untuk tips yang satu ini dapat anda lakukan jika hard disknya sudah terpasang di laptop/komputer. Salah satu software yang menyediakan informasi secara lengkap mengenai HDD adalah CrystalDiskInfo.

Dengan aplikasi tersebut, selain dapat mengetahui RPM, anda juga dapat mengetahui informasi lainnya mengenai HDD yang sudah terpasang.

4. Bertanya Saat Membeli

Terakhir, jika anda bingung, anda dapat bertanya kepada pemilik toko yang anda beli HDD nya. Tips ini dapat anda lakukan jika hard disk yang anda beli adalah hard disk eksternal yang belum terpasang di laptop.

Jadi anda sudah mengetahui kan apa itu RPM?. Jika memang anda memiliki arti lain mengenai hal ini, anda dapat menuliskannya pada kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *