Apa Itu XAMPP? Apa Fungsi, Kegunaan, Dan Cara Menggunakannya

Apa Itu XAMPP? Apa Fungsi, Kegunaan, Dan Cara Menggunakannya – Banyak pelaku IT pemula ketika mendengar aplikasi XAMPP pasti belum mengetahui kepanjangan serta fungsi aplikasi tersebut. Padahal ini sebenarnya salah satu aplikasi yang begitu populer serta ramai diperbincangkan. Bagi kalian yang suka otak-atik pembuatan website maupun situs, XAMPP merupakan hal yang wajib dipelajari.

Apa sih yang dimaksud dengan XAMPP?. Pada artikel ini saya akan terangkan secara lengkap tentang XAMPP dan kegunaannya, yuk simak!.

A. Apa Itu XAMPP?

XAMPP merupakan sebuah perangkat lunak (software) yang terdiri dari beberapa kata yang diakronimkan. Mulai dari Apache, MySQL/MariaDB, PHP dan Perl, dari semua itu jika digabungkan maka menjadi XAMPP.

Perlu anda ketahui bahwa software XAMPP tersebut pertama kali dikembangkan oleh Apache Friends dan saat ini sudah memasuki tahap rilis versi 7.3.9. yang bisa diclaim secara gratis dengan label GNU.

Berikut satu persatu penjelasan tentang XAMPP :

  • X = Cross Platform
    • Ini merupakan sebuah kode penanda untuk sebuah fotware cross platform. Jadi XAMPP sendiri bisa digunakan untuk windows, mac, dan linux. Dan semua software di berbagai macam platform gratis.
  • A = Apache
    • Berikutnya Apache, merupakan sebuah aplikasi web srever gratis serta bisa dikembangkan oleh banyak orang atau istilah kerennya sendiri yaitu open source.
  • M = MySQL/ MariaDB
    • Walaupun sebenarnya namanya saat ini sering dikenal dengan MARIADB, namun banyak penyedia situs yang lebih memilih nama yaitu MySQL karena mungkin lebih keren. Selanjutnya MySQL ini berperan dalam mengolah, mengedit, dan menghapus file atau data dalam database.
  • P = PHP
    • Yaps seperti kita ketahui bahasa pemrograman PHP bukanlah hal yang awam lagi di zaman seperti saat ini. Contohnya bahasa pemrograman dalam website berbasis CMS WordPress.
  • P = Perl
    • Terakhir yaitu PERL yang sering digunakan untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan yang ada. Ini biasanya bersifat fleksibel dan bisa berjalan di berbagai macam platform maupun sistem operasi.

B. Fungsi

Program aplikasi XAMPP ini memiliki fungsi yang begitu luar biasa. Misalnya saja dalam upaya sebagai server lokal yang di mana mampu mengelola berbagai jenis data website yang berada dalam tahap pengembangan.

Selanjutnya XAMPP ini juga bisa berguna untuk menguji kinerja fitur ataupun menampilkan konektivitas yang sudah ada pada suatu website. Jadi ketika orang lain ingin mengakses maka tidak perlu lagi membutuhkan koneksi internet. Cukup melewati control panel saja maka sudah beres.

Perlu anda ketahui juga bahwa ini bekerja secara offline (Tanpa Internet), akan tetapi tidak banyak orang yang bisa mengakses hal tersebut.

Lalu jika anda bertanya mengenai XAMPP yang sering kali digunakan oleh para mahasiswa atau pelajar untuk melihat hasil final desain website, biasanya itu hanya menggunakan web hosting yang biasa dijual pasaran.

C. Komponen-Komponen Penting Di Dalamnya

Terdapat beberapa bagian penting di dalam XAMPP, berikut ulasannya:

1. Htdocs

Ini merupakan sebuah folder yang berfungsi sebagai penyimpanan berbagai macam file serta dokumen yang nantinya akan ditampilkan ke website.

2. Control Panel

Selanjutnya Control Panel di XAMPP dengan Komputer ini sebenarnya sama saja. Yakni berfungsi sebagai pengatur database, mengunggah file, serta setting secara spesifik apa yang terdapat pada website.

3. PhpMyAdmin

Ini memiliki fungsi sama seperti web hosting, di mana ini dijadikan sebagai pengatur konfigurasi mySQL. Dalam hal ini anda bisa mengakses dengan cara kunjungi situs http://localhost/phpMyAdmin.

Baca Juga :

D. Cara Instal XAMPP Di Laptop Dan PC

Langkah – langkah menginstal XAMPP di perangkat komputer tidak berbeda jauh dengan menginstal aplikasi. Berikut langkah-langkahnya :

  • Download file XAMPP terlebih dahulu melalui link ini www.apachefriends.org/en/index.html. Copy paste link tersebut biar mudah.
  • Setelah berhasil didownload, pastikan ruang harddisk di laptop anda masih ada sekitar 1GB guna menampung gambar, teks, video, dan dokumen website.
  • Jalankan file xampp-windows-installer atau versi lain yang lebih mutakhir.instal xampp
  • Nanti jendela baru akan terbuka, sebagai indikasi dimulainya proses instalasi. Pada proses ini Anda akan diminta untuk memilih bahasa Indonesia atau English. Pilih yang anda mau, kemudian Next.
  • Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih komponen yang akan digunakan. Standar untuk server web berbasis CMS WordPress menggunakan MySQL, Apache, dan FileZilla FTP server. Dari bahasa pemrograman bisa menceklist pilihan phpMyAdmin, PHP, serta Perl, berikutnya klik next.komponen xampp
  • Selanjutnya kita diminta untuk memilih lokasi file XAMPP yang akan diinstal, gunakan pengaturan default lalu klik instal
  • Tunggu beberapa menit sampai proses instalasi selesai
  • Anda sudah bisa menjalankan program ini di laptop atau PC Windows untuk membuat website secara offline menggunakan localhost.xampp installed

Jadi itulah mengenai apa itu XAMPP dan fungsinya serta bagian-bagian penting yang terdapat di dalamnya, semoga bermanfaat untuk anda semuanya terutama para pengembang web pemula yang masih merintis. Apabila ada pertanyaan silahkan tanya saja, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

  1. Mantap, aku mah mana paham kek ginian 😂, mo bisa si, tapi gk ada yg ngajarin 😂, klo otodidak otk kagak nyampe 🙏😭