Keuntungan Memilih Domain Website Unik Untuk Bisnis

Keuntungan Memilih Domain Website Unik Untuk Bisnis – Sebelum memutuskan untuk membuat website, satu hal yang harus dipikirkan adalah nama domain yang unik. Mengapa harus unik?, karena alat domain website Anda akan menjadi identitas branding sebuah website nantinya. Dengan begitu, Anda harus memikirkan nama domain dengan sungguh-sungguh.

Lalu sebenarnya, apa itu domain?. Bagi yang belum paham dan mengerti apa itu domain, berikut penjelasan lengkapnya.

Keuntungan Memilih Domain Website Unik Untuk Bisnis

A. Pengertian Domain

Secara mudah dan simpel, Anda bisa mengartikan domain sebagai nama/alamat website. Lengkapnya, domain merupakan sebuah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan IP. Mengapa harus diberi identitas?, Karena jaringan IP sendiri terdiri dari angka-angka yang akan sulit dihafal.

Nah, dengan adanya domain, inilah yang membuat para pengguna internet lebih mudah ketika mencari informasi berjuta-juta website di mesin pencari. Sampai sekarang, ada ratusan juta domain yang ada di internet, dan semuanya unik (tidak ada domain yang duplikat).

B. Apa Keuntungan Memilih Domain Website Unik?

Lalu apa untungnya memilih domain website unik selain untuk branding?. Ada banyak sekali keuntungannya! Beberapa di antaranya adalah :

1. Domain Yang Unik Merepresentasikan Identitas Pemiliknya

Nama domain yang unik akan merepresentasikan identitas pemiliknya. Apakah Anda seseorang yang up to date?, Atau malah sebaliknya?. Mari kita membahasnya dengan sebuah perumpamaan. Misalnya Anda memiliki website dengan tema teknologi dan Anda memilih ekstensi domain .TECH yang mencerminkan tema/niche dari website tersebut.

Dari contoh perumpamaan tersebut, bisa dipastikan Anda adalah seseorang yang up to date, profesional, dan berpikir ke depan. Mengapa?, karena dari ekstensi yang Anda pilih (.TECH), secara tidak langsung, Anda telah menerapkan konsep branding dari awal.

2. Bagus Untuk SEO

seo

Memilih domain yang unik sesuai dengan niche atau brand yang akan dibahas pada website itu sangat bagus untuk SEO. Apalagi jika Anda menggunakan kata kunci target pada nama domain.

Menyesuaikan nama domain dengan kata kunci memang agak sulit, karena biasanya sudah banyak website dengan keyword tersebut. Jadi sebaiknya sebelum memutuskan, cek domain unik nya terlebih dulu, ya!.

Memang benar jika SEO score tidak akan langsung meningkat hanya karena nama domain sesuai dengan kata kunci. Tapi jika website Anda sudah dioptimasi secara on page maupun off page, tentu saja domain website yang unik sesuai keyword ini bisa membantu meningkatkan SEO Score tersebut.

3. Mudah Diingat oleh Visitor

Nama domain yang unik sudah pasti diingat oleh visitor website Anda. Dengan begitu, mereka akan dengan mudah juga mengunjungi website Anda. Jika mereka tidak mengunjungi website lagi pun, setidaknya nama domain yang unik dan mudah diingat tidak akan begitu saja dilupakan oleh pengunjung website.

Baca Juga :

4. Branding Perusahaan

branding

Seperti yang telah diulas sebelumnya, nama domain yang unik ini sangat berpengaruh pada brand value sebuah perusahaan. Tidak hanya digunakan untuk website saja, namun domain juga kerap digunakan sebagai email. Jika perusahaan menggunakan nama domain yang asal-asalan, itu juga akan terlihat asal-asalan pada alamat email stafnya lho!.

Setelah membaca pembahasan di atas, sudah cukup yakinkan, jika nama domain yang unik itu sangat penting untuk website Anda?. Setelah memutuskan nama domain yang akan dipilih, kini saatnya Anda mengecek ketersediaan dan membuat website.

Tenang, membuat website itu sangat mudah, bahkan kurang dari 1 jam, anda sudah bisa membuat wordpress berbasis wordpress self hosted. Buat website perusahaan Anda sekarang juga, karena bisa menjadi investasi jangka panjang yang sangat prospek, lho!.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *