7 Fungsi Google Assistant Yang Belum Banyak Diketahui

Fungsi Google Assistant Yang Belum Banyak Diketahui – Google assistant atau bisa kita sebut juga dengan asisten google merupakan suatu perangkat lunak yang cukup cerdas. Ini tersedia di android 6.0 hingga ke atas, jika di bawahnya maka belum suport untuk menjalankan perangkat lunak yang satu ini. Gooogle assistant ini saat ini juga marak dan viral digunakan.

Lantasnya memang membantu kebutuhan kita. Namun banyak juga yang masih jarang mengetahui tentang fungsi google assistant, padahal jika tahu fungsinya mungkin akan kecanduan memakai perangkat lunak tersebut. Selain itu saat ini hampir kebanyakan smartphone, google assistant telah terpasang dan dijadikan fitur utama.

Bahkan di beberapa smartphone di buat tombol khusus atau jalur pintasan khusus bahwa itu merupakan khusus google assistant. Dari hal ini saja kita dapat simpulkan betapa pentingnya penggunaan google assistant. Lantas kira-kira fungsinya apa saja sih? berikut di bawah ini saya akan memberikan mengenai informasi tentang fungsi google assistant secara lengkap.

Fungsi Google Assistant

1. Membacakan Berita

membaca berita

Fungsi perama yang belum banyak diketahui adalah google assistant bisa membacakan berita penting pada hari itu. Para pengguna hanya perlu mengaktifkan google assistant yang di setiap hp memiliki pengaturan yang berbeda-beda.

Tapi secara keseluruhan ada cara yang perlu kalian lakukan. Cara mengguunakan fungsi ini adalah dengan membuka aplikasi google, setelah itu baru pilih yang sebelah kiri dan buka pengaturan. Dilanjut dengan pilih pengaturan, berita, dan anda bisa menambahkan sumber beritanya dari mana, terakhir katakan play the news.

Untuk mengontrol dalam pembacaan berita, kamu bisa bilang “Next” untuk berita selanjutnya. Dan bisa juga mengatakan stop dan pause untuk berhenti.

2. Sebagai Kontrol perangkat IOT yang terhubung

Google assistant dapat berfungsi sebagai kontrol perangkat IOT yang terhubung dengan perangkat-perangkat tersebut. Lalu untuk menghubungkannya dengan cara membuka pengaturan di bawah google assistant dan setelah itu dilanjut dengan memilih home control. Selain itu para pengguna juga bebas membuat ruang pada pengaturan tersebut.

Dengan demikian pengguna juga bisa mengatakan matikan lampu di kamar tidur, secara otomatis akan mati. Bahkan menyalakan speaker pun juga bisa.

Asalkan kembali ke hal utama tadi yaitu terhubung dengan perangkat-perangkat. Ada juga video yang viral di tik tok, karena memanfaatkan google assistant. Untuk mematikan lampu beserta menyalakan musik. Berasa canggih dan modern pokoknya.

3. Menerjemahkan Kalimat

Dulu kita mungkin harus mengetikkan kata per kata agar bisa diterjemahkan, dan mungkin dulu bahasa yang ada di google tidak sebanyak seperti saat ini. Dengan bantuan google assistant, para pengguna bebas menerjemahkan bahasa apapun dan mau diterjemahkan dalam bahasa apapun pun juga bisa. Misalnya saja “bagaimana saya mengucapkan selamat datang dalam bahasa spanyol?” Google assistant akan memunculkan jawabannya beserta membacakan kalimat tersebut.

Baca Juga :

4. Menemukan Suatu Aplikasi

menemukan aplikasi

Google assistant terintegrasi dengan berbagai macam aplikasi yang tersedia di google play store. Jadi ketika pengguna ingin menemukan suatu hal misalnya saja foto mobil kalian, nah sebagai contoh ada ribuan foto dalam google foto.

Dan ingin mencari mobil kalian, kalian tinggal bilang saja “tunjukkan foto mobil saya”. Hal ini hanya bisa berlaku apabila terdapat dalam aplikasi google foto.

5. Membuka Kunci Smartphone

Membuka kunci smartphone biasanya dilakukan membuka pola maupun sandi yang sudah diterapkan pada smartphone tersebut. Namun apakah anda tahu bahwa untuk membuka kunci smartphone bisa menggunakan google assistant.

Untuk cara penggunaanya mudah sekali, yakni jalankan Google Assistant > Voice > Ok Google > Enable Trusted Voice. Maka ketik handphone anda terkunci, ketika anda berbicara maka suara anda bisa membuka kunci smartphone.

6. Memberi Rekomendasi Tempat Tempat Menarik

tempat menarik google assistant

Nah, anda juga bisa menggunakan fitur google assistant untuk mencari tempat tempat recommended. Tempat makan, tempat berlibur, anda semua bisa menggunakan google assistant untuk mencarinya.

7. Tambahkan Sesuatu ke Daftar Belanja

Fungsi google assistant yang terakhir, yakni selain bisa melakukan banyak hal dan sebagai pengingat, ini juga bisa menambahkan barang x ke daftar belanjaan kalian. Tentu saja nantinya akan tersimpan di google keep atau di aplikasi google home. Cukup katakan saja “apa yang ada di dalam daftar belanjaku” maka akan muncul semua daftarnya.

Jadi itulah beberapa fungsi google assistant yang wajib kalian ketahui. Jika ada fitur lainnya yang brlum saya sebutkan, anda bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *