10 Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik di HP Android

Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik di HP Android – Selain bahasa Inggris, bahasa Arab juga merupakan salah satu yang penting untuk kita pelajari, terutama bagi umat islam. Karena Al Quran menggunakan bahasa Arab.

Karena sangat penting, pendidikan agama islam sudah diajarkan kepada kita umat islam seperti membaca surat surat dalam Al Quran agar nanti kelak kita semua bisa memahaminya dengan baik.

Selain demi agama, mempelajari bahasa Arab juga penting sekali hukumnya, karena jika suatu saat nanti kita ada bisnis dengan orang Arab, disinilah manfaat yang kita dapatkan.

Dan untuk mempelajarinya, salah satu media yang dapat kita gunakan adalah belajar dari aplikasi yang ada di ponsel android. Berikut beberapa aplikasi untuk mempelajari bahasa Arab.

Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik di HP Android

1. Belajar Bahasa Arab + Suara

Belajar Bahasa Arab dan Suara

Yang pertama ada aplikasi Belajar Bahasa Arav + Suara yang sudah mendapatkan lebih dari 1 juta unduhan sejak pertama rilis pada 27 Juli 2017 di play store.

Aplikasi buatan Solite Kids ini berukuran cukup kecil, yakni 17 MB dan memiliki fitur seperti belajar dengan gambar beserta suara.

Di dalam aplikasi ini, kita wajib menebak nama sebuah benda menggunakan bahasa Arab. dengan begitu, selain bisa belajar, kita juga bisa bersenang-senang.

Selain tebak gambar, ada juga permainan tebak kata, tebak angka, hingga permainan puzzle. Terdapat fitur premiumnya dengan harga Rp 13.000

2. Belajar Arab gratis

Selanjutnya ada aplikasi yang cukup populer dengan jumlah download lebih dari 1 juta kali, yakni Belajar Arab gratis. Aplikasi buatan  ATi Studios ini sudah rilis cukup lama, yakni pada 16 Oktober 2014 dan memiliki ukuran cukup besar, yakni 37 MB.

Fitur yang terdapat di dalam software ini seperti belajar arab dengan mendengarkan Audio, program pengenalan suara yang canggih, Konjugasi kata kerja, dan terdapat lebih dari 5000 kata dan frase yang bisa anda pelajari.

Untuk fitur premium, anda wajib mengeluarkan uang mulai Rp 35.000 – 1.2 jutaan.

3. Kamus Arab Indonesia

Dengan aplikasi ini, memungkinkan kita belajar bahas Arab secara offline maupun online. Kamus Arab Indonesia ini sudah rilis sejak 08 November 2012 dan sudah mendapatkan 1 juta unduhan.

Aplikasi buatan Ristek Muslim ini memiliki ukuran cukup besar, yakni 25 MB dengan fitur seperti terjemahan Arab – Indonesia, Database kata yang banyak, Kamus Almufid, Mu’jamul Arab, dan lainnya.

4. Google Translate

google translate arab indonesia

Perlu kita ketahui bersama bahwa Google translate bisa membantu kita mempelajari bahasa Arab dengan mudah dan cepat mulai dari kata per kata hingga kalimat.

Anda cukup mengganti kata asal adalah Bahasa Indonesia, dan kemudian artikan ke bahasa Arab. Tanpa download aplikasi pun anda sudah bisa menggunakannya.

5. Belajar bahasa Arab

Aplikasi buatan FunEasyLearn ini memiliki ukuran yang cukup besar, yakni 60 MB dan sudah rilis sejak 16 September 2014. Dengan ukuran sebesar itu, anda bisa belajar bahasa Arab dari 61 bahasa Asli.

Selain itu, software ini juga memiliki database yang banyak,  ilustrasi gambar banyak, rekaman suara profesional, pencarian pintar, dan semua itu bisa kita gunakan secara offline.

Untuk fitur premiumnya, anda bisa membayar mulai dari Rp 7.400 – 1.120 ribuan.

Baca Juga :

6. Duolingo

Duolingo merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa yang sangat terkenal. Pada ponsel android, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 100 juta download sejak pertama rilis pada 29 Mei 2013.

Ukuran aplikasinya kecil, yakni 17 MB. Selain belajar bahasa inggris, anda bisa juga mempelajari bahasa Arab pada Duolingo, dan bahkan ada banyak bahasa yang bisa anda pelajari selain kedua bahasa tersebut.

Fitur premium pada duolingo bisa anda beli dengan harga Rp 14.000 – 1.9 jutaan.

7. Tandem Language Exchange

Tandem merupakan aplikasi buatan Tripod Technology GmbH yang rilis pada 13 September 2016. Aplikasi ini sudah mendapatkan lebih dari 5 juta unduhan, dan ukurannya cukup besar, yakni 32 MB an.

Fitur yang dimilikinya antara lain seperti terdapat banyak bahasa yang tersedia, contohnya bahasa arab. Dengan Tandem, anda bisa mempelajari semua bahasa yang anda butuhkan, termasuk bahasa Arab.

Untuk fitur tandem pro, di dalamnya terdapat fitur seperti Tandem Maps, cari anggota terdekat, berdasarkan katam serta tidak ada iklan. Semua itu bisa anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp 19.000 – 890.000.

8. Memrise

memrise

Selanjutnya ada Memrise, yang merupakan aplikasi belajar bahasa dengan lebih dari 10 juta download sejak pertama rilis di play store pada 20 Mei 2013. Ukuran yang sangat kecil sekitar 12 MB menurut saya yang membuat aplikasi ini banyak digemari.

Selain bahasa Inggris, anda juga bisa belajar bahasa arab dengan memrise, metode belajar sambil bermain juga membuat aplikasi ini sangat digemari. Untuk fitur berbayar, anda bisa membayarnya dengan harga mulai dari Rp 8000 – 2 jutaan.

9. Belajar Bahasa Arab Praktis dan Lengkap

Aplikasi buatan TKZ Apps ini sudah cukup lama rilis, yakni pada 31 Oktober 2018 dan sudah mendapatkan lebih dari 100.000 unduhan di google play store.

Untuk ukuran aplikasinya yakni 32 MB an dan gratis untuk kita gunakan, namun terdapat iklan dalam aplikasinya.

Aplikasi ini bisa digunakan Full Offline, dan terdapat banyak menu seperti kamus bahasa arab, ilmu nahwu, shorof, contoh percakapan, Kitab Nadhom Imriti, dan masih banyak lainnya.

10. Bahasa Arab untuk pemula

Terakhir ada aplikasi belajar bahasa arab untuk pemula, aplikasi buatan Mobiteach LLC yang berukuran kurang lebih 18 MB dan sudah mendapatkan lebih dari 100 ribu unduhan sejak pertama rilis pada 23 Juli 2020.

Dengan software ini, anda bisa belajar bahasa Arab dari banyak topik, mulai dari keluarga, teman-teman, pakaian, warna, angka, serta masih banyak lagi.

Terdapat juga fitur premium dengan harga Rp 16.000 – 53.000.

Itulah beberapa aplikasi belajar bahasa Arab terbaik yang bisa anda coba. Dengan aplikasi di atas, semoga kita semua bisa mempelajari bahasa arab dengan baik dan benar. Sekian artikel ini, dan semoga bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *