3 Aplikasi Tidak Penting Pada Smartphone Yang Harus Dihapus

3 Aplikasi Tidak Penting Pada Smartphone Yang Harus Dihapus – Keberadaan aplikasi memang memudahkan dalam mengakses berbagai hal. Berbagai macam jenis software ini dapat digunakan dan dipasang pada smartphone, baik aplikasi bawaan maupun yang diinstal sendiri. Namun tidak semua aplikasi dapat memudahkan dalam penggunaan smartphone.

Beberapa aplikasi bahkan dapat menggangu sistem kerja smartphone Anda. Kendala yang biasa dialami oleh pengguna smartphone adalah perangkat menjadi lemot. Selain menghabiskan ruang penyimpanan, aplikasi tidak penting pada smartphone juga bisa menyebabkan konsumsi baterai menjadi lebih boros.

Oleh sebab itu agar hal ini tidak terjadi pada Anda sebaiknya perhatikan tips berikut. Tips smartphone pada artikel kali ini akan membahas 3 aplikasi tidak penting pada smartphone yang tidak perlu diinstal.Berikut ulasannya.

Aplikasi Yang Tidak Penting Ada Di Smartphone

1. Penghemat RAM

Banyaknya aplikasi yang ada pada smartphone memang berfungsi untuk menunjang kinerja smartphone agar lebih baik. Namun pemakaian aplikasi yang terlalu banyak dapat membuat ponsel menjadi lemot. Untuk menyelesaikan masalah ponsel yang lemot banyak pengembang membuat aplikasi untuk menghemat penggunaan RAM.

Aplikasi penghemat RAM dibuat dengan tujuan untuk membantu kinerja smartphone agar tidak lemot. Namun dengan adanya aplikasi penghemat RAM malah menyebabkan kinerja smartphone mengalokasikan lebih banyakmemori dan daya baterai. Aplikasi ini juga membuat samtrphone menjadi bekerjalebih keras.

Padahal sebenarnya setiap smartphone memiliki sistem tersendiri yang secara otomatis mengelola RAM sesuai kebutuhan. Jadi sebenarnya aplikasi penghemat RAM tidak terlalu dibutuhkan bagismartphone.

2. Clean Master

clean master android

Banyak orang mengintal aplikasi ini, tujuannya yaitu agar kinerja smartphone lebih cepat saat digunakan. Sebenarnya clean master  untuk mempercepat kinerja smartphone cara kerjanya yaitu menghapus data cache.

Padahal data cache dapat dihapus dengan manual tanpa bantuan clean master. Untuk menghapus data cache manual bisa dilakukan dengan masuk pada menu Pengaturan – Penyimpanan – Pilih Data Cache – Pilih hapus data cache.

Sama seperti aplikasi penunjang kinerja smartphone lainnya, clean master juga membutuhkan daya baterai yang cukup besar. Belum lagi iklan yang sering muncul. Dengan pertimbangan hal-hal tersebut maka ada baiknya aplikasi tidak penting ini tidak ada pada smartphone.

3. Penghemat Baterai

Meskipun namanya aplikasi penghemat baterai, namun pada dasarnya semua aplikasi membutuhkan daya baterai. Termasuk aplikasi penghemat baterai itu sendiri. Aplikasi ini menawarkan solusi smartphone yang boros dengan penggunaan baterai.

Namun sebenarnya untuk meningkatkan masa pakai baterai bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi. Sebab sebenarnya aplikasi penghemat baterai harus memiliki hak akses root untuk mengontrol daya baterai.

Dari kenyataan tersebut maka sebenarnya aplikasi penghemat baterai hanya dapat menyarankan atau memperingatkan ketika smartphone menggunakan konsumsi baterai terlalu banyak. Jadi lebih baik tidak perlu ada aplikasi ini pada smartphone Anda.

Tips Meningkatkan Kinerja Smartphone

Meskipun aplikasi di atas merupakan solusi untuk menyelesaikan beberapa masalah pada smartphone, namun sebenarnya beberapa masalah juga bisa diatasi secara manual tanpa bantuan aplikasi. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan kinerja dapat dilakukan sebagai berikut.

1. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan Dan Jarang Dipakai

menghapus aplikasi android

Beberapa aplikasi yang terinstal ketika membeli ponsel biasanya ditujukan untuk memudahkan pengguna dan sebagai pelengkap smartphone. Tapi tidak semua orang membutuhkannya, mungkin Anda juga demikian. Untuk beberapa aplikasi yang memang tidak digunakan ada baiknya dihapus agar tidak menyerap daya baterai dan memenuhi memori telepon.

2. Rajin Bersihkan Cache

Pada aplikasi yang sering dibuka pasti menyimpan data cache. Apalagi jenis aplikasi media sosial seperti facebook, instagram dan youtube. Biasanya aplikasi yang sering dibuka tersebut menyimpan banyak cache.

Selain aplikasi itu sendiri yang memang membutuhkan banyak daya baterai, banyaknya cache juga menyebabkan memori penyimpanan cepat penuh. Oleh sebab itu untuk meningkatkan kinerja smartphone sebaiknya harus rajin membersihkan data cache.

3. Kurangi Penggunaan Widget

widget android

Banyak orang lebih senang menggunakan widget pada homescreen. Padahal widget ini dapat menjadi penyebab smartphoneAnda bekerja tidak maksimal. Widget itu sendiri banyak memakan kinerja RAM, maka tak heran jika penggunaan widget dapat menyebabkan kinerja smartphone menjadi buruk.

Baca Juga : Cara Menambah RAM Android Lengkap Dengan Gambar.

4. Jangan Malas Me-reset Smartphone

Seperti manusia, smartphone yang banyak bekerja juga membutuh istirahat. Berikan waktu bagi smartphone Anda untuk istirahat juga dengan me-resetnya. Smartphone yang telah di reset akan dapat bekerja lebih optimal.

Tips di atas bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja smartphone agar dapat bekerja optimal. Begitu juga beberapa aplikasi tidak penting di atas juga tidak perlu diinstal pada smartphone Anda. Sebab untuk meningkatkan kinerja smartphone dapat dilakukan dengan cara manual dan melakukan beberapa tips di atas. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *