3 Cara Menambah Ram Android Tanpa Root Lengkap + Gambar

Kayeols

3 Cara Menambah Ram Android Tanpa Root Lengkap + Gambar – Menambah kapasitas ram pada suatu android memang bisa saja dilakukan. Tindakan seperti ini biasanya dilakukan ketika kapasitas ram pada android  yang anda miliki memiliki batas maksimum yang begitu kecil. Alhasil ya anda hanya bisa mengoperasikan beberapa aplikasi saja. Jika terlalu banyak, maka ponsel tidak akan kuat menahannya.

Setiap ponsel memiliki kapasitas ram yang berbeda-beda, sebab spesifikasi antara 1 ponsel dengan ponsel lainnya berbeda. Belum lagi jika ponsel tersebut diproduksi oleh perusahaan yang berbeda, maka lain lagi spesifikasi di dalamnya. Dulu, ponsel memiliki ciri yang khas yaitu memiliki kapasitas memori internal yang sangat kecil, namun tak hanya itu, ram yang dimiliki biasanya juga berukuran minimalis.

Cara Menambah Ram Android Tanpa Root

Bagi anda yang memiliki ponsel android ram kecil bisa menambah ram android tanpa root sekalipun. Dengan keterbatasan ram yang ponsel anda miliki, pasti akan membatasi anda untuk mengeksplore lebih jauh dari dunia elektronik. Oh ya, apabila anda memiliki ponsel yang sudah cukup profesional dan canggih pasti memiliki ram yang cukup besar. Walaupun begitu ram yang disediakan tersebut belum tentu cukup untuk aktivitas anda.

Baca Juga:  2 Cara Membuka PDF Yang Dipassword Dengan Mudah & Cepat

Oleh karena itu, anda bisa melakukan sebuah cara untuk menambah kapasitas ram pada ponsel yang anda miliki. Ada banyak cara untuk melakukannya, apabila anda berpikir menambah ram harus melakukan root terlebih dahulu, cobalah untuk melakukan beberapa cara berikut ini. Sebab ada beberapa cara menambah ram android tanpa root. Langsung saja berikut ini beberapa caranya.

1. Menggunakan Aplikasi Swapper & Tools

Aplikasi pertama yang bisa anda gunakan untuk menambah kapasitas ram adalah aplikasi Swapper & Tools. Aplikasi swapper sendiri bertugas untuk menonaktifkan aplikasi yang aktif di latar belakang, sehingga ram yang anda miliki akan lebih longgar. Untuk cara penggunaannya yakni sebagai berikut :

  • Pertama, silakan instal aplikasi Swapper & Tools di Google Play Store dari handphone android anda.
  • Proses instalasi selesai, buka dan klik Active Swap on Boot untuk mengaktifkannya.
  • Pada bagian Swap File Position, silakan pilih SD Card.
  • Untuk Swap File Size, silakan isi kapasitas memori virtual yang diinginkan.
  • Kemudian klik simpan.
  • Setelah itu, maka aplikasi akan bekerja secara otomatis.
Baca Juga:  Kata Kunci Vape di Shopee Agar Bisa Dicari

2. Menambahkan Ram dengan Aplikasi Smart Booster

Selanjutnya, anda bisa menggunakan aplikasi smart booster untuk menambahkan ram ponsel android anda. Pada dasarnya aplikasi ini sama dengan aplikasi pertama yang bertujuan untuk menghentikan aplikasi di latar belakang yang dirasa kurang penting. Dengan menjalankan smart booster maka ponsel akan berjalan optimal, selain itu aplikasi ini ringan. Berikut cara penggunaan aplikasi smart booster.

  • Langkah pertama silakan instal aplikasi Smart Booster di Google Play Store
  • Setelah terinstal, buka aplikasi.
  • Pada dashboard aplikasi, klik Start Now.
  • Selanjutnya pergi ke menu Setting dan pilih Boost. Pilih level dari terendah hingga tertinggi yaitu Gentle, Medium, Strong dan Aggresive. Saya sarankan pilih Aggresive.
  • Masih pada menu yang sama, silakan anda centang Boost When Screen Off  dan Delay To Boost When Screen Off  pada posisi Immediately.smart booster
  • Setelah pengaturan selesai silakan anda pergi ke beranda, dan klik gambar roket untuk prosesnya.start now smart booster
  • Selesai sudah tahapannya, mudah bukan?.

Baca juga : Cara Update Google Play Store Dengan Mudah Dan Cepat Tanpa Root.

3. Menggunakan Aplikasi RAM Control eXtreme Pro

Ok, aplikasi selanjutnya yang bisa anda gunakan adalah RAM Control eXtreme Pro. Aplikasi ini memiliki fungsi yang mirip dengan aplikasi sebelumnya yaitu menghentikan aplikasi yang berjalan dan dirasa tidak terlalu penting. Ada 4 level yang bisa anda gunakan untuk mengatur ram pada ponsel android anda. Berikut cara menggunakan aplikasinya.

  • Silahkan unduh dan instal aplikasi RAM Control eXtreme Pro di Playstore
  • Setelah terinstal jalankan aplikasinya dan langsung menuju ke fitur Ram Booster.
  • Pada menu Auto Ram Booster silakan klik Start untuk memulai proses booster, Tunggu beberapa detik hingga selesai.ram control extreme
  • Pada tab Task Killer anda bisa mematikan aplikasi yang dirasa tidak diperlukan.
  • Selain itu, anda bisa memasukan aplikasi pada white list yang tidak ingin dimatikan.
Baca Juga:  5 Penyebab Ponsel Meledak Dan 4 Cara Mengecas Hp Yang Benar

Selesai sudah beberapa cara dan tahapan menambah ram android tanpa root. Cara-cara di atas terbilang sangat mudah dan tidak memerlukan akses root. Oh ya, menurut saya aplikasi yang cukup simpel untuk digunakan adalah aplikasi RAM Control eXtreme Pro, sebab dengan hanya beberapa tahap saja, anda sudah bisa memaksimalkan kinerja RAM.

Lakukanlah tahapan-tahapan di atas dengan benar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Pada dasarnya aplikasi-aplikasi di atas berguna untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan tetapi tidak terpakai. Dan hal ini bisa anda lakukan secara manual melalui settingan ponsel android yang anda miliki. Cukup sekian artikel mengenai cara menambah ram android tanpa root 100% work. Semoga berhasil, sekian dan terima kasih.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Satu pemikiran pada “3 Cara Menambah Ram Android Tanpa Root Lengkap + Gambar”

Tinggalkan komentar