5 Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Di Android

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Di Android – Ketika kita membeli ponsel baru maka aplikasi bawaan ponsel pun bisa dibilang sedikit. Biasanya hanya terdapat aplikasi kamera, browser, kalender, sms, dan masih aplikasi bawaan lainnya. Tentu jika hanya itu saja akan sangat membosankan, maka dari itu biasanya kita download lewat google play store. Seperti kita ketahui juga di aplikasi google play store tersedia berbagai macam aplikasi.

Pada setiap aplikasi yang ada di playstore tentu saja memiliki manfaat yang berbeda-beda. Ada aplikasi sosial media khusus untuk sosmed, game untuk bermain game, dan hampir setiap aplikasi yang berhubungan erat dengan kebutuhan manusia pun ada.

Namun apa jadinya apabila kita tidak bisa memasang aplikasi pada android. Dimana ketika kita mencoba menginstall akan tetapi aplikasi tidak mau terinstall di perangkat. Tentu saja jika tidak berhasil menginstall, maka secara otomatis pun juga tidak bisa mengakses aplikasinya.

Dengan demikian anda pun tidak bisa main game, main sosmed, dan memanfaatkan aplikasi lainnya. Bisa dibilang separuh fungsi dari suatu smartphone off karena aplikasi android tidak mau terpasang. Akan tetapi kalian tidak usah khawatir, karena berikut ini saya akan menjelaskan cara mengatasinya.

Sebelum itu alangkah baiknya juga, anda mengetahui beberapa penyebab kenapa aplikasi di hp android tidak mau terpasang. Salah satu penyebab yang sering dialami yakni karena memori internal full. Serta ada juga alasan dan penyebab lainnya, mulai dari aplikasi yang corrupt sehingga error dan aplikasi yang tidak support dengan OS android. Setelah mengetahui beberapa penyebabnya, maka disini akan dijelaskan langsung cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Di Android

1. Restart HP

restart hp

Cara pertama untuk mengatasi aplikasi tidak terpasang di android silahkan kalian restart hp kalian masing-masing. Restart atau rebooting, ini tidak hanya restart biasa saja, akan tetapi itu juga bermanfaat dalam mengatasi hal-hal yang error terdapat di hp. Salah satunya mengatasi aplikasi yang tidak terpasang tersebut. Jadi silahkan restart, lalu coba lagi untuk install di perangkat android anda.

2. Bersihkan Memori Internal

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, serta saya juga pernah mengalami ketika ingin menginstall suatu aplikasi akan tetapi penyimpanan internal saya full pada waktu itu. Pada akhirnya aplikasi tersebut tidak mau terpasang, maka dari itu untuk mengatasi aplikasinya agar mau terpasang silahkan hapus beberapa file yang sekiranya tidak penting. Hal ini memberikan ruang pada aplikasi yang hendak anda install tersebut.

Baca Juga :

3. Mengatasi Aplikasi Tidak Terpasang Di Android Dengan Memberikan Centang/Ceklis Pada Unkown Resource

Pastinya mendownload aplikasi itu tidak selalu dari google play store, apalagi untuk aplikasi cheat, mod, dan sebagainya. Biasanya hal-hal aplikasi yang sangat berkaitan erat dengan hal itu sangat jarang sekali sumber dituliskan. Maka dari itu kebanyakan unkown resource atau banyak juga yang menyebut sumber tidak dikenal. Untuk mengatasi hal ini, simak berikut di bawah ini:

  • Pertama masuk ke Pengaturan
  • Setelah itu silahkan cari dan klik saja menu Keamanan
  • Gulir ke bawah, berikutnya silahkan klik centang pada sumber tidak dikenalsumber tidak dikenal
  • Jika sudah melakukan semua cara di atas, coba instal aplikasi yang tidak bisa diinstal tadi.

4. Cek Versi Aplikasi

Nah, ini juga penting, beberapa aplikasi tidak bisa dipasang jika tidak versi terbarunya. Jadi, anda harus menginstalversi terbarunya agar bisa terpasang, karena jika tidak, aplikasi tersebut tidak akan bisa diinstal. Usahakan anda mendownloadnya langsung dari google play store, karena di play store merupakan versi terbaru aplikasi.

5. Cek Kompatibilitas

about phone

Cara yang terakhir silahkan kalian cek saja versi hp yang digunakan di hp android anda. Hal ini untuk mengetahui kira-kira aplikasi tersebut sudah support belum untuk hp anda. Jika belum support maka wajar saja jika aplikasi tidak mau terpasang, segeralah cari aplikasi yang support.

Jadi itulah mengenai cara mengatasi aplikasi yang tidak terpasang di android. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, sekian, dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *