oleh

3 Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Tanpa Repot

3 Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang Tanpa Repot – Penggunaan alat telekomunikasi sekarang ini sangat diperlukan hampir semua kalangan. Pemakaian handphone di setiap orang, memiliki motif dan fungsi yang berbeda, namun kadang kala ada yang sama. Salah satunya adalah berkomunikasi dengan handphone serta dengan layanan pihak ketiga seperti WhatsApp.

Berkomunikasi dengan aplikasi online seperti WhatsApp memang sudah menjadi kemudahan bagi masyarakat. Namun, kadang kala mereka ter-kendala dengan hilangnya kontak WA dari teman. Di sini kita akan mencoba membahas mengenai cara mengembalikan kontak WA yang hilang.

Sebelum munculnya aplikasi pesan online WhatsApp, sudah banyak sekali aplikasi yang muncul dan eksis di zaman-nya. Aplikasi tersebut seperti BBM, Line, Messanger dan lainnya, hingga salah satunya pada akhirnya melakukan penutupan.

Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang

Untuk sekarang, masyarakat dunia banyak yang lebih memilih menggunakan aplikasi Whatsapp ketimbang aplikasi chat lainnya. Hal ini mungkin disebabkan kemudahan-nya, di mana anda hanya perlu nomor handphone dan nomor kontak teman anda.

Untuk memasukkan nomor kontak teman, anda hanya perlu menambahkan di kontak dan secara otomatis masuk ke WA anda. Jadi, anda tidak perlu repot – repot lagi menambahkan di dua sisi entah di handphone atau aplikasi itu sendiri.

Kadang kala anda bisa saja tidak sengaja menghapus kontak teman dari jajaran nomor kontak di aplikasi WA. Masalah ini harus anda hadapi dengan tenang, kali ini akan mengulas bagaimana cara mengembalikan kontak WA yang hilang dengan mudah.

1. Hapus Cache Aplikasi WhatsApp

hapus cache

Cara pertama yang bisa anda coba adalah menghapus rekam jejak dari aplikasi itu sendiri alias clear cache. Apabila anda mengalami masalah kontak WA hilang entah sengaja atau tiba – tiba hilang coba segera lakukan langkah ini.

  • Silakan pergi menuju menu setting pada ponsel anda, scroll dan pilih menu apps dan terakhir pilih aplikasi Whatsapp.
  • Di sini, anda lanjut memilih storage dan anda akan di bawa pada sebuah halaman, langsung saja pilih clear cache untuk menghapus cache aplikasi ini.
  • Bila sudah tunggu sebentar, maka rekam jejak aplikasi sudah hilang.
  • Sekarang, restart handphone anda dan cek kontak WA apakah sudah balik atau belum.

Baca Juga : 2 Cara Mengizinkan Whatsapp Mengakses Kontak Hp Kamu.

2. Perhatikan Permission Terhadap Whatsapp

Penggunaan aplikasi pada perangkat handphone pasti akan menginginkan akses terhadap beberapa bagian dari perangkat kita. Untuk aplikasi komunikasi seperti Whatsapp juga perlu akses alias permission. Dan cara selanjutnya adalah mengubah akses Whatsapp terhadap perangkat handphone.

  • Pertama, tekan menu setting pada handphone anda.
  • Bila sudah, pilih menu apps dan di lanjut memilih aplikasi Whatsapp.
  • Halaman ini, langsung anda pilih menu Permission.
  • Akan ada beberapa pilihan, aktifkan pada bagian kontak hingga berwarna hijau.
  • Selesai deh, kontak Whatsapp akan membaca dari kontak handphone anda.

3. Cara Mengembalikan Kontak WA Yang Hilang – Integrasi Dengan Akun Gmail

whatsapp gmail

Beberapa kontak di handphone sering kali di simpan dan sudah terintegrasi dengan akun gmail yang tengah anda gunakan. Apabila kotak Whatsapp anda ada yang hilang atau tidak terdeteksi, coba deh lakukan integrasi kontak dengan akun gmail yang anda gunakan. Caranya baca ulasan di bawah.

  • Tekan menu setting yang ada di handphone anda.
  • Habis itu cari menu Contact display kemudian anda tekan.
  • Di sini silakan centang akun gmail yang digunakan untuk menyimpan kontak.
  • Terakhir, refresh kembali kontak Whatsapp yang ada.
  • Dan lihat, apa sudah kembali atau belum kontak yang hilang atau tidak terdeteksi.

Nah, bagaimana apakah anda sudah bisa mengembalikan nomor kontak WA teman anda yang hilang dari peredaran. Sangat mudah dan sederhana sebenarnya untuk bisa mengembalikan hal yang sudah anda punya sebelumnya.

Itu saja pembahasan yang bisa kami sampaikan mengenai cara mengembalikan kontak WA yang hilang tanpa repot. Sekianlah, semoga ulasan di atas bisa membawa keberkahan dan menambah wawasan terhadap akal yang anda punya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *