Asuransi Perjalanan Penting Dimiliki, Berikut Ulasannya!

Kayeols

Asuransi Perjalanan Penting Dimiliki, Berikut Ulasannya! – Frekuensi traveling yang semakin tinggi, akan membuat kemungkinan terjadi hal-hal tidak diinginkan semakin tinggi. Sebagai solusinya, penting untuk memiliki asuransi perjalanan.

Meski penting untuk dimiliki, sebelum membeli produk proteksi satu ini, sebaiknya pelajari asuransi perjalanan agar bisa mendapatkan perlindungan maksimal. Selain itu, penting juga untuk Anda mengetahui preminya yang harus dibayarkan.

Seperti halnya jika Anda ingin menggunakan kawat gigi di kawasan Depok, tentu penting untuk mengetahui biaya pasang behel di Depok. Pun begitu dengan premi asuransi perjalanan yang harus dibayar, penting untuk Anda mengetahuinya sebelum membeli produk ini.

Buat lebih jelasnya, mari kita ketahui selengkapnya tentang asuransi perjalanan dalam pemaparan berikut!.

A. Mengenal Asuransi Perjalanan

Sebelum memilih jenis asuransi perjalanan, sebaiknya Anda memahami pengertian dari produk proteksi satu ini.

Asuransi perjalanan adalah satu dari berbagai jenis asuransi yang menyediakan perlindungan atau proteksi terhadap seseorang selama berada dalam perjalanan.

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Merk Power Bank Wireless Terbaik & Terbaru

Jadi, asuransi ini sangat tepat bagi Anda yang sering berpergian jauh dengan menggunakan pesawat, baik bisnis maupun liburan.

B. Manfaat Asuransi Perjalanan

Berikut ini manfaat yang akan Anda dapatkan ketika memutuskan untuk menggunakan asuransi perjalanan.

1. Kompensasi atas Keterlambatan dan Pembatalan Perjalanan

Ketika Anda bepergian menggunakan transportasi umum, maka penundaan atau pembatalan keberangkatan bisa terjadi kapan saja.

Dan, hal ini tentu saja akan merugikan Anda sebagai pengguna jasa biro perjalanan. Dengan memiliki asuransi perjalanan, maka Anda akan mendapatkan kompensasi dari pihak asuransi.

Bentuk kompensasi yang diberikan tidaklah sama, tergantung peraturan dari perusahaan asuransi itu sendiri. Jadi, Anda jangan ragu untuk mengajukan klaim apabila mengalami kerugian lainnya.

2. Menanggung Biaya Perawatan Medis

Banyak hal tidak terduga bisa saja terjadi selama perjalanan anda, misalnya tiba-tiba terkena penyakit hingga kecelakaan.

Dalam kondisi seperti inilah keberadaan asuransi perjalanan sangat kita butuhkan, yakni untuk mengklaim biaya perawatan medis.

Baca Juga :

3. Ganti Rugi atas Kerusakan atau Kehilangan Bagasi

Masalah ini cukup sering terjadi, seperti koper atau tas rusak bahkan sampai hilang, secara tidak langsung hal tersebut akan membuat momen perjalanan Anda tidak lagi menyenangkan.

Baca Juga:  Aplikasi Toko Bahan Bangunan UKUR, Bangun Rumah Jadi Mudah

Lain halnya jika memiliki asuransi perjalanan, maka Anda bisa mengajukan klaim untuk mendapatkan kompensasinya.

4. Sumbangan atas Kematian

Adapun risiko lain saat Anda berada dalam perjalanan adalah kematian. Saat seorang nasabah meninggal dalam perjalanan, maka asuransi perjalanan akan memberikan pertanggungan asuransi atau kompensasi untuk keluarga yang ditinggalkan.

Selain itu, asuransi ini juga akan membantu biaya pertanggungan kepada nasabah yang mengalami cacat karena kecelakaan dalam perjalanan.

5. Menanggung kerugian karena terorisme dan bencana alam

Di samping kematian, bencana alam juga menjadi risiko tidak terduga yang bisa terjadi kapan dan di mana saja.

Biasanya, pertanggungan yang asuransi berikan dalam bentuk finansial. Bentuk pertanggungan tersebut tidak hanya terbatas pada bencana alam, tapi juga terorisme.

6. Cakupannya Lebih Luas

Cakupan asuransi perjalanan tidak berbatas perjalanan dalam negeri saja, melainkan juga luar negeri.

Untuk Anda yang kerap bepergian ke dalam dan luar negeri, maka penting untuk mendapatkan fasilitas asuransi perjalanan yang mencakup dua premi, yaitu perjalanan domestik dan luar negeri.

C. Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

asuransi

Asuransi perjalanan terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan kategori dan tujuan perjalanan yang dipilih.  Berikut ini adalah beberapa jenis asuransi perjalanan.

1. Asuransi Perjalanan Domestik

Asuransi perjalanan domestik merupakan asuransi yang memberikan uang pertanggungan jika Anda sedang melakukan perjalanan hanya di Indonesia. Biasanya asuransi ini sudah include dengan harga tiket pesawat yang maskapai penerbangan tawarkan.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Sepatu Pria Branded Murah Original

Dengan begitu, tarif tiket pesawat yang Anda bayarkan sudah termasuk biaya asuransi. Selain itu, ada juga uang santunan meninggal dunia atau cacat apabila terjadi kecelakaan pesawat.

Hanya saja, jika pihak maskapai yang Anda pilih, harga tiketnya tidak termasuk asuransi Anda harus mendaftar sendiri ke perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi perjalanan.

2. Asuransi Perjalanan Internasional

Asuransi perjalanan internasional adalah asuransi yang memberikan uang pertanggungan saat Anda melakukan perjalanan internasional atau perjalanan ke luar negeri. Setiap perusahaan asuransi punya kebijakan berbeda-beda.

Ada yang menawarkan klaim asuransi perjalanan internasional untuk perjalanan ke seluruh negara di dunia dan ada juga yang hanya menawarkan asuransi untuk perjalanan ke negara-negara tertentu saja. Misal, hanya ke negara Eropa, Asia, atau Amerika saja.

Jadi jika Anda bepergian keluar negeri, sebenarnya tidak hanya visa dan paspor yang dibutuhkan tetapi juga asuransi supaya ada yang menjamin dalam perjalanan.

3. Asuransi Perjalanan Covid-19

Jenis asuransi perjalanan ini masih tergolong baru, dan hanya beberapa perusahaan saja yang menawarkan asuransi ini. Asuransi perjalanan Covid-19 menjamin biaya medis bagi penderita Covid-19.

Saat ini aturan sudah mulai dilonggarkan, dan Anda bisa pergi ke mana-mana. Nah, selama perjalanan itu, bukan tidak mungkin Anda tertular dan bisa terserang Covid-19.

Karena itu, asuransi perjalanan satu ini sangat dibutuhkan untuk meringankan biaya jika Anda terkena Covid-19 setelah melakukan perjalanan.

Itulah mengapa asuransi perjalanan penting dimiliki, jangan disepelekan ya. Jadi, sudahkah Anda melengkapi perjalanan dengan asuransi?.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar