5 Cara Memasang Rack Server Yang Aman Dan Perlu Anda Tahu

5 Cara Memasang Rack Server Yang Aman Dan Perlu Anda Tahu – Menempatkan atau memposisikan server dan perangkat jaringannya seperti switch, komputer, dan juga hub bukanlah perkara mudah. Ada alasan tertentu mengapa rak yang digunakan tidak boleh terlalu besar, apalagi kapasitasnya terlalu sempit. Adanya rack server begitu penting terhadap kinerja saat melakukan perawatan (maintenance).

Cara Memasang Rack Server Yang Aman

A. Definisi Rack Server

Rack server adalah rak yang dirancang khusus untuk penempatan dan menyusun peletakan server yang digunakan dalam jaringan, termasuk HUB, Switch, dan Komputer. Setiap satu jenis rak akan memiliki beberapa rak bertumpuk di bagian atas.

Sumber daya dari jaringan akan segera dikumpulkan untuk meminimalkan ruang yang dibutuhkan. Untuk lebih memanfaatkan area lokasi. Selain itu, pada rack server 42U ini juga dapat mengkonfigurasi pemasangan kabel dan menyelaraskan komponen jaringan lainnya, rack juga dilengkapi dengan “saver”, sistem otomatis yang mendinginkan suhu server jika terjadi panas berlebih, sejenis AC.

B. Cara Merakit Rack Server

Jika Anda memang berencana ingin membeli dan menggunakan rack server, guna mendukung bisnis yang Anda jalankan. Anda perlu mengetahui bagaimana cara merakit dan memasangnya, dengan begitu, untuk masalah perawatan Anda tidak akan dibingungkan lagi mengenai bongkar pasangnya. Tanpa perlu lama-lama lagi, berikut ini langkah mudah untuk merakit rack server 42U.

1. Siapkan Peralatan

Pertama, siapkan terlebih dahulu peralatan yang diperlukan untuk merakit rack server. Adapun peralatan yang digunakan sebagai berikut, M6 Hexagon Key, M8 Hexagon Key, M12 Hexagon Key, Wrench, dan juga Phillips Screwdriver. Jika Anda tidak mempunyai peralatan tersebut, Anda bisa mencari produsen yang menyediakan peralatan tersebut dalam paket pembeliannya.

2. Rakit Frame Rack Server

Ada 3 bagian dalam perakitan frame rack server ini, yaitu Top frame, Bottom frame, danjuga 4 bagian Vertical mainframe. Anda hanya perlu memasang semua bagian tersebut, berdasarkan manual yang ada. Untuk mengunci frame digunakan sekrup berjumlah 16 dengan ukuran M8*20.

3. Pasang Bagian Kaki dan Cover Bagian Atas

cover rack server

Untuk bagian kaki-kaki, rack server biasanya menggunakan roda agar lebih mudah saat dipindahkan. Terdapat 4 roda yang masing-masing menggunakan sekrup 4 biji dengan ukuran M6*12. Anda hanya perlu memasangnya di tiap ujung frame bagian bawah. Selanjutnya, pasang juga pelindung bagian atas frame, dan Top cover menggunakan 4 sekrup ukuran M6*12.

Baca Juga :

4. Pasang Mounting Angle

Langkah berikutnya adalah memasang mounting angle atau bracket. Terdapat dua jenis bracket, yaitu yang horizontal (dipasang di bagian tengah kiri dan kanan frame) dan juga vertikal berjumlah 4 bracket. Untuk pemasangannya, Anda harus memasang bracket yang horizontal terlebih dahulu, baru kemudian memasang yang vertikal. Gunakan sekrup yang sudah disediakan untuk menempelkan bracket ke frame rack server.

5. Pasang Pintu Rack Server

pintu rack server

Langkah terakhir adalah memasang pintu pada tiap-tiap sisi frame rack server 42U. Untuk memasang semua pintu tersebut, Anda perlu memasang engsel pintu terlebih dahulu ke frame menggunakan sekrup. Selanjutnya memasang pintu ke engsel tersebut.

Sangat mudah kan cara memasang rack server yang aman. Dengan begitu, alokasi biaya untuk perakitan bisa Anda gunakan untuk keperluan lainnya yang lebih penting. Selain itu, dengan Anda belajar bagaimana cara merakitnya, akan memudahkan Anda saat melakukan perawatan berkala.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *