oleh

Beberapa Bahaya Berita Hoax Di Internet Bagi Masyarakat Umum

Beberapa Bahaya Berita Hoax Di Internet Bagi Masyarakat Umum – Sekarang ini banyak sekali pemberitaan yang kebenarannya masih belum jelas dan tidak ada fakta di dalamnya. Berita – berita seperti ini sepertinya sudah menjadi salah satu makanan masyarakat dunia. Dari berita seperti ini, ada banyak bahaya berita hoax yang sering kali membahayakan sebuah wilayah, kepentingan umum dan lainnya. Nah, kita saat ini akan sedikit membahas mengenai bahaya berita hoax.

Berita hoax adalah berita yang mana isinya belum jelas fakta dan kebenarannya. Berita seperti ini biasa disebut sebagai berita bohong, kabar burung sebab belum jelas kebenarannya. Umumnya, berita – berita bohong ini hadir di tengah – tengah sebuah event penting. Ini bisa terjadi pada event pemilihan atau pemilu, sebuah kejadian dan lainnya. Namun, tak jarang pula berita hoax ditampilkan ketika hari – hari biasa.

Bahaya Penyebaran Berita Hoax Bagi Masyarakat

Pemberitaan seperti berita hoax ini memang sangat meresahkan masyarakat bahkan juga sebuah negara. Sebab, hoax berisi mengenai hal – hal palsu yang bisa membuat perpecahan atau seperti halnya mengadu domba. Kehadiran dari hoax memang tidak diinginkan, mengingat dampak yang diberikan sangat berbahaya. Lalu apa saja bahaya yang timbul akibat berita hoax ini? langsung saja berikut ulasannya.

1. Mampu Membunuh Karakter

Penyebaran hoax yang saat ini tengah ramai, ternyata memiliki dampak yang cukup berbahaya terhadap karakter bangsa. Konten – konten hoax ini di ibaratkan seperti peredaran narkotika yang sudah jelas sangat berbahaya. Pemakaian narkotika berdampak merusak pada karakter anak bangsa, ini berlaku juga pada konten hoax. Jadi, tidak main – main memang bahaya dari hoax. Bisa – bisa nama baik sebuah bangsa dipertaruhkan karena hal ini.

2. Menimbulkan Trauma Psikologis

trauma psikologis

Orang – orang yang terlalu percaya dan mudah percaya terhadap berita hoax, biasanya akan mengalami trauma terhadap psikologis-nya. Dampak seperti ini bisa terjadi secara langsung maupun tidak langsung, hal ini bergantung pada diri dia sendiri.

Kebanyakan berita bohong memuat hal – hal yang berkaitan dengan kekerasan, mengandung sara dan lainnya. Tentunya, dengan seperti ini sudah pasti bisa mempengaruhi psikologis dari  pembaca berita.

Baca Juga : 4 Cara Mengatasi Berita Hoax Yang Banyak Bertebaran Di Internet.

3. Bahaya Berita Hoax – Rasa Cemas Berlebih

Selain berita mengenai kekerasan, para produsen hoax sering kali memuat konten tentang bencana alam. Mereka membuat sebuah berita bencana alam yang cenderung berlebihan dan tak jarang membuat bencana yang padahal tidak terjadi.

Apabila seperti ini sudah tersebar ke tengah – tengah masyarakat tentunya berbahaya. Bisa saja masyarakat menjadi cemas, bahkan cenderung berlebihan. Akhirnya, banyak masyarakat yang dirugikan dari hal tersebut.

4. Kita Rugi Waktu

rugi waktu

Penyebaran berita hoax akan sangat cepat tersebar bila melalui sosial media seperti facebook, instagram, twitter dan lainnya. Dan tak jarang, tanpa kita sadari kita telah membaca sebuah berita yang sebenarnya itu berita bohong.

Tentu saja ini sangat merugikan kita, sebab waktu yang sebetulnya bisa produktif malah terbuang karena berita hoax. Berita hoax juga sering ditampilkan dengan tampilan yang menarik, sehingga membuat orang – orang terlena untuk membacanya.

5. Perpecahan Yang Tidak Terhindarkan

Banyak jenis berita yang ditampilkan di dalam sebuah berita bohong mulai dari kekerasan, mengadu domba, bencana alam yang di lebih – lebihkan dan lainnya. Untuk negara yang majemuk seperti Indonesia, berita hoax yang memuat menjelek – jelekkan dan mengadu domba tentu sangat berbahaya. Sebab, konten yang seperti ini bisa mempengaruhi sifat kebhinekaan Indonesia. Bahkan yang paling berbahaya adalah perpecahan yang bisa menimbulkan keresahan di dalam masyarakat.

6. Bahaya Berita Hoax – Hilangnya Ikatan Persahabatan

bertengkar

Penyebar berita – berita hoax bisa kita temukan di sekitar kita, bahkan teman – teman kita salah satunya. Biasanya, penyebaran berita dilakukan dengan membuat posting di sosial media atau blog. Tapi tak jarang juga dilakukan kepada perorangan melalui chat, dm dan lainnya.

Kasus ini mungkin akan menjelekkan salah satu pihak sehingga pihak – pihak yang menerima hoax menjadi bermusuhan. Apabila terjadi pada sahabat atau teman kita, maka ikatan pertemanan itu akan hilang.

Nah, itulah bahaya berita hoax yang sering kita temui di dunia maya atau internet entah itu sosial media, blog, dan lainnya. Karena cukup berbahaya dampak dari berita hoax, pastikan dulu berita yang anda terima. Apabila sudah pasti kebenarannya, maka anda bisa mempercayai konten berita yang anda dapatkan.

Untuk saat ini memang cukup sulit membedakan antara berita akta maupun hoax, jadi kita harus tetap berhati – hati. Sekianlah artikel yang bisa kami berikan, semoga bisa bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *