oleh

5 Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Dengan Mudah & Sederhana

5 Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Dengan Mudah & Sederhana – Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri memang menjadi idaman semua lulusan SMA atau SMK dan tidak ketinggalan MA. Mengapa kok sampai menjadi idaman ? Karena kita semua tahu, kalau banyak dari PTN selalu mencetak lulusan dengan prospek kerja yang cerah. Itulah mengapa semua lulusan sekolah menengah sangat antusias untuk bisa masuk PTN.

Lantas, apakah masuk PTN itu susah?. Kalau berbicara tingkat kesulitannya, sangat luas penjelasannya. Tergantung konteksnya saja, jika mengandalkan uang ada caranya tersendiri, jika mengandalkan kecerdasan ada caranya tersendiri. Semua tergantung bagaimana kita menyesuaikan dengan kemampuan yang kita miliki tanpa harus memberikan beban kepada orang tua kita.

Nah, pada artikel kali ini, Dewailmu.id memberikan referensi bagi kalian yang ingin sekali masuk PTN namun masih bingung dengan cara masuknya.

Sedikit mengulas tentang jalur masuk, di PTN sendiri ada 3 jalur yang disediakan. Yang pertama SNMPTN, jalur ini berdasarkan nilai raport kalian semasa sekolah SMK, SMA, ataupun MA. Yang kedua SBMPTN, jalur ini berdasarkan nilai tes yang kalian kerjakan pada saat ujian ptn. Untuk yang ketiga ini nama nya Mandiri, jalur ini diadakan sendiri oleh perguruan tinggi dengan beberapa peraturan yang dibuat oleh PTN itu sendiri.

Sudah ada gambaran kan kalian ingin masuk dijalur apa?. Pastinya kita harus segera menyiapkan apapun itu. Bagi kalian yang nilai raportnya bisa dikatakan tidak bagus, mungkin kalian bisa masuk pada jalur tes. Lalu apa saja tips lolos perguruan tinggi negeri?. Berikut beberapa tipsnya.

Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Dengan Mudah

1. Fokus Pada Satu Kategori Tes

fokus

Untuk yang pertama ini kalian sangat disarankan untuk fokus pada satu kategori tes saja. Mengapa bisa begitu ? karena jika memang kalian ingin mencoba 2 tes sekaligus dengan kategori berbeda, pasti sangat sulit sekali. Apalagi perbedaan antara Saintek dan Soshum sangat mencolok.

Pada kategori saintek kalian harus kuat dalam matematikanya, kalau yang soshum lebih condong ke hafalannya saja. Untuk itu, kalian sangat disarankan untuk fokus pada satu kategori tes saja.

2. Hilangkan Kebiasaan Sistem Kebut Semalam

Tips lolos PTN yang kedua adalah kalian harus menghilangkan kebiasaan SKS (Sistem Kebut Semalam). Apa alasannya?, karene sistem belajar seperti itu terkadang hanya akan membuat pikiran dan otak menjadi lelah, dan jarang sekali materi bisa masuk dengan sistem belajar seperti itu. Beberapa sumber belajar online ternama bahkan hampir semua, itu menyarankan kalian untuk menghilangkan SKS itu.

3. Pilih Jurusan Sesuai Passion

passion

Nah, untuk yang ketiga ini bisa dikatakan menentukan kalian sukses atau tidak. Lantas apa hubungannya pemilihan jurusan sama tips lolos PTN?. Jadi begini, ketika kalian memutuskan untuk memilih prodi PTN sesuai peluangnya yang lebih tinggi dan padahal jurusan tersebut bukan passion kalian, itu sama saja kalian lebih mementingkan nama Perguruan Tinggi Negeri dibandingkan Kesuksesan kalian.

Apalagi pada saat awal awal kalian melihat peluang prodi tahun lalu yang mungkin peluang diterimanya lebih terbuka, pasti semangat belajar kalian juga akan mengendur. Kenapa bisa seperti itu?. Mungkin karena terlalu yakin akan masuk pada prodi tersebut. Tapi tanpa kita sadari juga, yang melihat peluang itu juga pasti saingan kalian yang ingin sekali masuk PTN.

Mungkin tahun lalu sedikit peminatnya, apakah tahun depan sama juga peminatnya?, tentu berbeda. Dan pasti lebih banyak peminatnya. Karena sebagian dari kalian tentu ingin masuk PTN karena gengsi, bukan karena ingin sukses sesuai passion.

Baca Juga : Perguruan Tinggi Indonesia Yang Menyediakan Jurusan Gaming.

4. Yakin Anda Bisa

Untuk tips yang ini pasti banyak dari kalian yang tidak memperhatikan. Rumor yang beredar, ada juga faktor lainnya selain kecerdasan yang menentukan kalian masuk atau tidak nya. Yaitu, faktor bantuan dari Tuhan YME. Mungkin kalian yang tahun sebelumnya tidak lolos, coba berkaca terlebih dahulu apakah usaha kalian beribadah murni karena ibadah atau karena ingin masuk PTN. Jangan sampai kalian salah persepsi, tujuan kalian beribadah adalah untuk mencari pahala bukan untuk masuk PTN.

Kalian ketika punya teman, lalu kalian hanya dekat dengannya kalau ada maksud tertentu apa reaksinya?, tentu teman tersebut akan menghindari kalian. Oleh sebab itu, marilah kita hindari hal-hal seperti itu demi kebaikan kita juga.

Tambahan Cara Masuk Perguruan Tinggi Negeri Dengan Mudah (Optional)

Mungkin hanya beberapa tips sederhana yang bisa Dewailmu bagikan kepada teman teman yang sedang membutuhkan referensi. Mengapa dibeberapa list diatas tidak ada tips Belajar Dengan Giat?. Karena tips itu sudah umum.

Kalau kalian bisa berfikir dengan bijak, usaha Belajar itu merupakan dasar bagi kalian untuk masuk PTN. Kalau kalian sampai melalaikan belajar, mungkin kalian gagal masuk PTN. Sekian artikel ini, semoga artikel di atas bisa bermanfaat. Terimakasih

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *