Bandara yang Ada Di Jakarta, yang Belum Banyak Orang Tahu

Kayeols

Bandara yang ada di Jakarta – Bandara atau bandar udara merupakan tempat bagi alat transportasi udara atau pesawat. Alat transportasi udara seperti pesawat menjadi salah satu transportasi yang berkembang di Indonesia. Selain pesawat ada juga bus dan kereta yang notabenenya merupakan transportasi darat. Sedangkan kapal menjadi satu – satunya transportasi air atau laut.

Dari beberapa alat transportasi tersebut yang paling diunggulkan untuk menjangkau daerah yang jauh adalah pesawat. Dengan menggunakan pesawat maka perjalanan akan lebih cepat karena tidak ada hambatan seperti macet. Walaupun memiliki keuntungan bisa cepat sampai tujuan, risiko menggunakan pesawat juga tinggi. Selain harga tiket yang cukup mahal, penerbangan pesawat dipengaruhi juga dengan cuaca.

Tak hanya cuaca, bandara atau bandar udara juga patut mempengaruhi penerbangan. Pasalnya, bandara hanya bisa digunakan untuk 1 pesawat dan ini tentunya harus bergantian. Kelayakan jalur pacu yang ada di suatu bandara juga perlu diperhatikan. Keretakan sedikit serta ratanya aspal bisa mengganggu penerbangan suatu pesawat. Meskipun begitu, pesawat tetap menjadi pilihan untuk bepergian ke daerah yang cukup jauh.

Bandara yang Ada di Jakarta, Berikut Penjelasan yang Perlu Anda Tahu

Hampir di seluruh daerah yang ada di Indonesia ini memiliki landasan pacu untuk pesawat. Bukan berarti di situ ada landasan pacu maka di situ ada bandara. Di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta dan kota besar lainnya pasti memiliki bandara minimal 1. Bahkan beberapa kota besar yang ada di Indonesia memiliki bandara lebih dari 1.

Baca Juga:  √ 8 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik Saat Ini

Kita tahu pesawat menjadi pilihan terbaik untuk menempuh jarak tujuan yang sangat jauh. Untuk menunjang transportasi udara tersebut tentunya fasilitas yang ada di bandara harus menjadi sorotan pula. Bandara yang memiliki fasilitas lengkap, bisa menarik minat masyarakat untuk menggunakan pesawat sebagai salah satu transportasi bepergian.

Oh iya, pada kesempatan kalian ini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai bandara – bandara yang ada di Jakarta. Jakarta sendiri kita tahu sebagai kota terpadat dan menjadi destinasi untuk meraih rezeki. Bahkan tak jarang Jakarta digunakan sebagai tempat perhelatan akbar dan tujuan wisata oleh wisatawan asing maupun domestik. Jadi hal ini diperlukan adanya bandara untuk menampung pesawat. Berikut ini beberapa bandara yang ada di Jakarta.

1. Bandara Internasional Kemayoran (Telah Tutup)

bandara yang ada di jakarta

Bandara yang telah melakukan penerbangan internasional pertama kali di Indonesia adalah bandara Kemayoran ini. Untuk awal kemunculan bandara ini pada tahun 1934 di mana bandara ini mulai dibangun. Pembangunan ini berlangsung dan memakan waktu sekitar 5 – 6 tahun. Dan pada pertengahan 1940 tepatnya 6 – 8 Juli bandara ini diresmikan dan mulai beroperasi. Bandara ini telah beroperasi dengan ditandai dengan pendaratan pesawat dari pihak Hindia Belanda.

Setelah beberapa lama beroperasi, bandara ini mengalami beberapa permasalahan salah satunya adalah letak dari bandara Kemayoran ini. Bandara Kemayoran dianggap terlalu dekat dengan bandara Halim Perdana Kusuma yang merupakan basis militer Indonesia kala itu. Oleh sebab itu, pemerintah berencana memindahkan aktivitas penerbangan dari bandara Kemayoran ke bandara baru yaitu bandara Soekarno – Hatta.

Baca Juga:  7 Makanan Indonesia Yang Terkenal Di Dunia Internasional

Akibat pemindahan tersebut bandara Kemayoran perlahan tapi pasti mulai tidak beroperasi. Sebab, hampir seluruh kegiatan penerbangan telah dipindahkan ke bandara baru. Pada akhirnya, 31 Maret 1985 bandara Kemayoran ini mulai resmi ditutup atau tidak beroperasi lagi. Meskipun telah ditutup, pada tahun 2016 ada rencana bahwa bandara Kemayoran ini akan dijadikan sebagai museum untuk mengenang jasa dari bandara ini dulunya.

2. Bandara Internasional Soekarno – Hatta

bandara yang ada di jakarta

Bandara yang ada di Jakarta berikutnya adalah bandara Soekarno – Hatta. Telah anda ketahui bahwa, bandara Soekarno – Hatta ini merupakan alih fungsi dari bandara sebelumnya yaitu bandara Kemayoran. Pengoperasian bandara Cengkareng (nama populer dari bandara Soekarno – Hatta) dimulai pada tahu ditutupnya bandara Kemayoran yaitu tahun 1985. Tidak hanya bandara Kemayoran, tetapi juga bandara Halim Perdanakusuma meskipun bandara ini masih beroperasi khusus untuk militer.

Sebelum dilakukan pembangunan bandara, telah terjadi berbagai perundingan mengenai pembangunan bandara di Cengkareng itu. Dan dari perundingan tersebut menghasilkan beberapa keputusan seperti kesepakatan dengan Aeroport de Paris yang membuahkan; 2 landasan pacu, jalan aspal, 3 terminal (1 internasional dan 2 domestik) dan kebun di dalam bandara. Pengerjaan bandara dilakukan kurangi lebih memakan waktu selama 18 bulan.

Setelah berkembang cukup pesat, penumpang yang berada di bandara Soekarno – Hatta mulai membludak dan tidak kondusif. Oleh karena permasalahan tersebut, pemerintah juga merencanakan revitalisasi terhadap terminal – terminal yang ada supaya bisa menampung lebih banyak lagi penumpang. Pada tahun 2012 revitalisasi terhadap terminal 1 dan 2, tahun 2013 memaksimalkan pembangunan terminal 3, serta pada tahun 2014 pembangunan terminal 4.

Baca Juga:  Buat Kamu Yang Sibuk, Pentingnya 'Quality Time' Bikin Rindu Keluarga

3. Bandara Internasional Halim Perdanakusuma

bandara yang ada di jakarta

Bandara Halim Perdanakusuma merupakan salah satu bandara yang mengalami pengurangan akibat perkembangan bandara Soekarno – Hatta selain bandara internasional Kemayoran. Bandara yang satu ini telah ada 1924 dengan nama lapangan terbang Tjililitan. Awal mula adanya bandara ini, digunakan sebagai lapangan terbang bagi militer seperti AURI. Bahkan bandara ini dijadikan sebagai pangkalan udara militer.

Penamaan bandara Halim Perdanakusuma ini dilakukan untuk mengenang almarhum Abdul Halim Perdanakusuma yang gugur dalam menjalankan tugas. Pada awalnya memang bandara ini digunakan sebagai pusat kemiliteran, namun karena beberapa sebab ini mulai digunakan sebagai publik atau komersil. Salah satu penyebabnya adalah harus berbagi dengan bandara Soekarno – Hatta karena dirasa sudah terlalu sempit.

Baca : Urutan Negara Terkecil di Asia Tenggara yang Perlu Anda Tahu

Itulah beberapa bandara yang ada di daerah Ibu Kota Jakarta. Dari beberapa bandara yang disebutkan terdapat bandara yang kini telah diberhentikan alias tutup. Bandara tersebut adalah bandara Kemayoran. Bandara Kemayoran sendiri ditutup karena segala aktivitas di bandara ini telah dialihkan ke bandara baru kala itu yaitu bandara Soekarno – Hatta. Pada awalnya aktivitas hanya dialihkan karena Kemayoran sudah tidak mewadahi.

Meskipun begitu Kemayoran akhirnya ditutup. Satu hal lagi, bandara Halim Perdanakusuma awalnya hanya dikhususkan untuk penerbangan untuk militer saja. Namun karena bandara Soekarno – Hatta dirasa sudah padat, maka pihak bandara Halim memberikan 60 slot/jam untuk penerbangan publik entah itu domestik maupun internasional. Sekianlah artikel mengenai beberapa bandara yang ada di Jakarta, semoga menambah wawasan anda.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

3 pemikiran pada “Bandara yang Ada Di Jakarta, yang Belum Banyak Orang Tahu”

  1. I have to thank you for the efforts you have put in writing this
    site. I really hope to see the same high-grade content from you in the future as well.

    In truth, your creative writing abilities has inspired me to get
    my own, personal site now 😉

  2. Quality posts is the main to attract the visitors to visit the web
    site, that’s what this web page is providing.

  3. All over the world, these games have given a lot of people more profits from their small initial bankroll.
    These free spins will be played automatically and there will be an additional wild symbol added to the reels during this bonus game.

Tinggalkan komentar