oleh

Urutan Negara Terkecil di Asia Tenggara yang Perlu Anda Tahu

Negara terkecil di asia tenggara – Asia Tenggara merupakan bagian dari benua asia yang memiliki jumlah 11 negara di dalamnya. Negara – negara ini membentuk sebuah kelompok yang dinamakan sebagai organisasi ASEAN. Organisasi ini berfungsi untuk menaungi negara – negara yang ada di kawasan asia tenggara. Siapa saja negara yang berada di kawasan asia tenggara tersebut?

Negara yang ada di wilayah asia tenggara di antaranya Kamboja, Indonesia, Laos, Thailand, Malaysia, Vietnam, Brunei, Myanmar, dan Filipina. Ke 11 negara tersebutlah yang menduduki wilayah asia tenggara. Di antara negara – negara tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Meskipun hampir sebagian masyarakat yang tinggal di asia tenggara adalah orang – orang melayu. Hal ini terlihat dari logat berbicara orang – orang di kawasan tersebut.

Urutan Negara Terkecil di Asia Tenggara yang Perlu Anda Tahu

Salah satu keunikan di daerah ini yaitu negara – negara yang memiliki luas wilayah yang tergolong tidak terlalu luas. Bahkan ada negara yang memiliki luas yang cukup kecil untuk dikatakan sebagai sebuah negara. Walaupun begitu, negara – negara tersebut cukup berkembang pesat dan hampir menuju negara yang maju. Terlihat dengan banyaknya perbaikan di berbagai infrastruktur. Oh ya, kami akan memberikan sedikit informasi mengenai urutan negara terkecil di Asia Tenggara.

1. Singapura

negara terkecil di asia tenggara

Negara yang memiliki ukuran terkecil di kawasan asia tenggara yaitu negara Singapura. Negara yang beribu kota di singapura ini memiliki luas wilayah sebesar 716 km². Luas wilayah ini lebih besar sedikit dibandingkan dengan luas provinsi DKI yang memiliki luas sekitar 661,5 km². Dengan hal ini, singapura menjadi negara asia tenggara paling kecil, bahkan di kawasan benua Asia. Meskipun memiliki wilayah yang kecil perekonomian yang terbangun di singapura terbilang cukup maju.

Singapura sendiri tidak hanya memiliki satu pulau saja, melainkan beberapa pulau (63 pulau). Salah satunya pulau singapura, yang dijadikan sebagai ibu kota negara. Pada awal terbentuk negara, luas Singapura tidak mencapai 600 km². Negara Singapura bisa mencapai luas saat ini, dikarenakan proyek – proyek reklamasi yang dilakukan oleh negara. Pada tahun sebelum 1960, luas wilayah hanya berkisar 581,5 km², namun karena proyek yang dilakukan terjadi perluasan yang berubah menjadi 704 km².

2. Brunei Darussalam

negara terkecil di asia tenggara

Negara kedua yang memiliki luas wilayah terkecil yaitu Brunei Darussalam. Negara yang berbentuk kerajaan ini memiliki luas kurang lebih 5.765 km². Brunei sendiri terletak dalam satu rumpun antara negara Malaysia dan Indonesia (Kalimantan) di kepulauan Borneo. Dengan luas wilayah tersebut, penduduk yang hidup di negara ini berkisar 470.000 orang. Seperti halnya dengan singapura, sebagian besar penduduknya adalah orang – orang melayu.

Negara yang beribu kota di Bandar Seri Begawan, memiliki nama negara yang cukup baik yaitu bermakna “tempat yang damai”. Meskipun hanya memiliki luas berkisar 5.000 km², negara ini tergolong sebagai negara maju. Bahkan menurut data dari Dana Moneter Internasional menunjukan bahwa PDB (produk domestik bruto) menunjukan Brunei merupakan negara kelima terbesar dalam ha keseimbangan berbelanja negara.

3. Timor Leste

negara terkecil di asia tenggara

Negara selanjutnya yang memiliki luas wilayah yang kecil adalah dari negara Timor Leste. Negara yang beribu kota di Dili ini hanya memiliki luas berkisar pada 15.410 km². Pada awalnya negara ini berada dalam satu wilayah negara Republik Indonesia, dan awalnya ini sering disebut dengan pulau timor timur. Namun, pada tahun 2002 Timor Leste secara resmi berdiri sendiri dan beribu kota di Dili. Letak negara ini berada di timur Indonesia tepatnya di bagian pulau timor.

Perlu anda ketahui bahwa negara ini memiliki 2 pulau, dan setiap pulau tersebut berdampingan dengan wilayah Indonesia. Karena Timor Leste merupakan negara yang terbilang baru, maka ekonomi yang dimiikinya juga masih di tingkat menengah ke bawah. Meskipun begitu, terdapat proyek besar – besaran yang cukup menjanjikan, yaitu exploitasi minyak bumi dan gas alam. Proyek ini bekerja sama dengan Australia, yang akan dilakukan di daerah tenggara perairan Timor.

Itulah beberapa negara yang memiliki luas wilayah yang kecil. Luas wilayah kecil, bukanlah sebuah standart kekuatan sebuah negara. Bahkan dengan luas yang kecil, beberapa negara di atas terbilang sebagai negara yang hampir berada di tingkat maju. Walaupun juga ada yang masih dalam tingkat berkembang. Kekuatan negara kecil juga terbilang cukup kuat sebagaimana pertahanan, ekonomi dari negara – negara di atas.

Baca : 9 Tempat Terpanas Di Bumi, Nomor 1 Ekstrim Banget

Singapura, Brunei Darussalam dan Timor Leste merupakan urutan negara di Asia Tenggara. Sedangkan negara – negara di Asia Tenggara lainnya memiliki luas wilayah yang cukup lebar. Apabila di urutkan dari kecil dimulai dari Kamboja dengan luas 181.035 km², Laos dengan luas 236.800 km², Malaysia dengan luas 329.847 km², Vietnam dengan luas 332.698 km², Filipina dengan luas 343.448 km², Thailand dengan luas 513.120 km², Myanmar dengan luas 6766.578 km² dan yang terakhir Indonesia dengan luas 1.904.569 km².

Pada kawasan Asia Tenggara ini Indonesia menjadi negara dengan luas wilayah terbesar. Hal ini tidak terlepas dengan banyak nya pulau yang ada, bahkan diperkirakan pulau Indonesia mencapai 17.504 pulau. Maka tidak heran bahwa Indonesia dijuluki sebagai negara kepulauan. Ada juga negara yang disebut sebagai negara kepulauan yaitu Filipina dengan jumlah 7.641 pulau. Itulah artikel mengenai negara terkecil di Asia Tenggara.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *