oleh

11 Bisnis Anak Kuliah Modal Kecil Yang Menguntungkan & Menjanjikan

11 Bisnis Anak Kuliah Modal Kecil Yang Menguntungkan & Menjanjikan – Pada masa SMA/SMK, sebenarnya kita sudah diajarkan cara mencari uang/bekerja. Namun karena jurusannya berbeda, SMK/STM lebih merupakan jenis sekolah menengah atas yang dikhususkan untuk mencari pekerjaan.

Siswa STM/SMK sudah diajarkan caranya bekerja dengan mengambil jurusan yang diminati menjadi pekerjaannya, jadi anak SMK/STM tidak ada kewajiban melanjutkan kuliah. Namun berbeda dengan anak SMA yang pada masa sekolah hampir menerima 95% teori dan sisanya praktek.

Dengan fakta ini banyak yang mengatakan bahwa anak SMA wajib melanjutkan kuliah untuk mencari pekerjaan. Nah, bagi anda yang kuliah banyak sekali jenis pekerjaan, bisnis, dan usaha yang bisa anda lakukan sembari kuliah. Hal ini sering dikatakan kuliah sambil kerja.

Jadi, untuk anda yang pada masa SMA tidak diajarkan keterampilan, anda bisa mencari pekerjaan, usaha, maupun bisnis di sela-sela waktu kuliah anda. Selain bisa memberikan penghasilan, bisnis maupun usaha bisa mengasah keterampilan dan kreativitas dalam hal financial. Langsung saja berikut beberapa bisnis anak kuliahan.

Bisnis Anak Kuliah Modal Kecil Yang Menguntungkan

1. Jual Paket Data/Internet

Sekarang era teknologi, handphone sekarang merupakan suatu alat yang wajib terhubung dengan koneksi internet, karena sebagian aplikasi membutuhkan sambungan internet. Selain itu, tarif dasar SMS dan telepon melalui pulsa yang semakin mahal membuat pengguna smartphone berpikir mencari alternatif yang lebih murah.

Dengan menggunakan internet, anda bisa chat, video call dan browsing sepuasnya. Maka dari itu dengan menjual paket data internet menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan untuk mahasiswa. Agar cepat laku, jual paket data internet pada teman-teman kampus anda.

2. Berjualan Pulsa

jual pulsa all operator

Memang tidak sepopuler paket data internet, namun pengguna pulsa elektrik ini masih lumayan banyak. Jadi, agar lebih baik anda menjual paket data internet dan pulsa agar lebih lengkap. Untuk membeli saldo pulsa, belilah di konter pulsa terpercaya dengan harga murah di daerah anda.

3. Jasa Pengetikan

Untuk membuka jasa pengetikan tidaklah sulit, cukup berbekal sebuah printer dan komputer. Anda juga bisa menyewa tempat yang nantinya akan dijadikan toko pengetikan. Untuk anda anak kuliahan bisa kerjasama dengan teman anda untuk membeli perlengkapan jasa pengetikan, seperti tinta dan kertas serta listrik.

4. Online Shop

online shop

Online shop merupakan jenis usaha yang sedang diminati oleh anak mudah beberapa tahun belakangan ini, hampir anak muda zaman sekarang membuka olshop dan menjual produknya sendiri. Usaha ini sangat cocok untuk anak kuliahan karena tidak terikat waktu dan bisa dilakukan dimanapun bahkan di kampus saat pelajaran.

5. Berjualan Kue

Jika anda tidak pintar dalam bisnis online, anda bisa memulai salah satu bisnis anak kuliah modal kecil dengan berjualan kue. Kue bisa anda dapatkan dengan membuat sendiri maupun membeli dan menjualnya kembali. Jika tidak ingin ambil pusing, anda bisa membeli kue lalu menjualnya atau anda bisa menjualkan kue milik orang lain.

6. Membuka Bimbingan Belajar

bimbel

Nah, untuk jenis usaha ini sebenarnya ada yang mengatakan sulit, dan ada juga yang mengatakan mudah. Jika anda orang yang pintar dalam bidang pelajaran, tidak ada salahnya mencoba jenis usaha ini. Anda bisa membuka usaha ini dirumah karena bimbingan belajara merupakan bisnis rumahan untuk mahasiswa yang cocok sekali.

7. Desainer

Usaha yang cocok bagi mahasiswa selanjutnya yakni menjadi desainer dan arti desainer ini sangatlah luas, desainer bisa berarti arsitek, desainer pakaian, dan lainnya. Bagi anda anak kuliahan yang dulunya pada waktu sekolah mengambil jurusan misalnya menjahit, cobalah membuka usaha sendiri dengan menjadi desainer.

Untuk pembelajaran, anda bisa menjadi desainer grafis seperti membuat logo-logo untuk perusahaan maupun situs web. Untuk memulai usaha ini anda hanya berbekal laptop dan kreativitas. Bagi mahasiswa, ini merupakan peluang bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan karena tidak membutuhkan banyak modal.

8. Penulis Artikel Freelance

penulis artikel

Jika anda gemar mengetik, bisnis anak kuliah modal kecil yang satu ini sangat cocok untuk anda. Bermodalkan laptop/komputer, anda bisa memulai bisnis ini. Tawarkan jasa anda di internet atau di situs-situs web yang membutuhkan jasa penulis. Untuk harga tiap artikel bervariatif mulai dari 5000 hingga ratusan ribu.

9. Dropshipper

Jika anda para mahasiswa ingin mendapatkan uang tanpa modal sepeserpun, cobalah memulai bisnis ini. Cara kerja bisnis ini yakni anda hanya diharuskan menjual produk milik orang lain, dan jika produk tersebut laku, anda akan mendapatkan komisis tersendiri dari si pemilik barang.

10. Fotografer

fotografer

Menjadi fotografer adalah hal yang mudah karena bisa dilakukan dimanapun, terutama bagi anda yang kuliah. Anda bisa mencari objek foto di sekitar kampus atau anda bisa menyuruh teman anda menjadi objek dan anda mengambil gambarnya. Untuk menjual foto tersebut, anda bisa menjualnya di Shutterstock.

11. Blogger/Youtuber

Bisnis ini sejatinya merupakan bisnis mahasiswa tanpa modal. Sama seperti fotografer, menjadi blogger maupun youtuber adalah sesuatu yang mudah dan hampir semua orang bisa. Untuk menjadi blogger, anda diwajibkan memiliki sebuah laptop untuk mengetik artikl-artikel anda yang nantinya akan dipublikasikan di situs web anda.

Sedangkan untuk menjadi youtuber anda wajib memiliki kamera dan laptop. Kamera digunakan untuk mengambil video dan merekam kejadian unik, sedangkan laptop digunakan untuk mengedit video tersebut. Di sela-sela kegiatan kuliah, anda bisa mengetik artikel maupun membuat video.

Baca juga peluang usaha online yang terpercaya dan menjanjikan untuk jangka panjang.

Selain 11 contoh bisnis sambil kuliah bagi anak kuliahan, masih banyak lagi contoh bisnis yang bisa diciptakan oleh para mahasiswa. Dengan bekerja dan memulai bisnis sejak kuliah, anda bisa membantu membayar uang kuliah dan juga membantu orang tua.

Cukup sampai disini pembahasan saya mengenai beberapa bisnis anak kuliah modal kecil yang menjanjikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda para anak kuliah yang ingin kuliah sambil kerja dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang mendidik. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *