Pengertian Bitcoin Lengkap, Pemain Kripto Wajib Nyimak!

Kayeols

Pengertian Bitcoin Lengkap, Pemain Kripto Wajib Nyimak! – Transaksi berjual beli di Internet sekarang ini sudah berkembang begitu pesat. Belakangan ini, bitcoin dan cryptocurrency menguasai perdagangan mata uang di seluruh dunia.

Banyak pihak terjun ke bisnis ini karena melihat keuntungan yang bisa didapat ratusan hingga ribuan persen dalam waktu yang singkat.

Lantas, bagaimana sistem keuangan bisa menguasai perdagangan di seluruh dunia, mulai sejak kapan dan apa sebenarnya bitcoin?. Pada artikel ini saya akan mengulas secara lengkap tentang definisi bitcoin.

Sejarah dan Pengertian Bitcoinbitcoin

Bitcoin adalah sebuah Mata uang digital yang dibuat pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto.

Nama Satoshi nakamoto juga dikaitkan dengan perangkat lunak terbuka yang dia rancang, yang memanfaatkan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut bitcoin sebuah mata uang yang terdesentralisasi .

Tidak seperti mata uang pada umumnya, bitcoin tidak tergantung pada penerbit utama. Bitcoin memanfaatkan sebuah database yang didistribusikan dan menyebar ke node-node dari sebuah jaringan P2P ke jurnal transaksi.

Selain itu, bitcoin juga memanfaatkan jaringan kriptografi untuk menyediakan fungsi-fungsi keamanan dasar, seperti menegaskan bahwa bitcoin-bitcoin hanya dapat digunakan oleh orang memilikinya, dan tidak bisa orang lain gunakan.

Baca Juga:  8 Ide Bisnis Berbahan Kopi Yang Masih Jarang Diketahui

Berbeda dengan uang yang terletak dalam rekening bang. Untuk bitcoin, tempat penyimpannya adalah wallet/dompet bitcoin yang biasanya situs situs besar kritpo sediakan. Enaknya lagi, kepemilikan dari wallet bitcoin tersebut tidak memerlukan identitas kita, alias Anonim.

Proses Penyebaran Bitcoin

Sekarang ini bitcoin sudah menyebar ke seluruh dunia, namun terdapat beberapa negara yang dengan tegas menolak pemanfaatan mata uang BitCoin sebagai alat transaksi pembayaran online yang sah.

Penolakan tersebut bisa terjadi karena banyak faktor, seperti bitcoin rentan hacker gunakan untuk melancarkan aksinya, pencucian uang, nilainya yang terlalu fluktuatif, dan masih banyak lagi.

Harga Bitcoin

Ketika artikel ini saya update pada 31 Juli 2021, harga bitcoin sekitar US$ 41.000 an atau kurang lebih Rp 600 jutaan.

Mengapa sangat mahal?, karena jumlahnya yang hanya 21 juta keping di seluruh dunia dan permintaannya terus bertambah.

Anda pasti sudah tau hukum supplay and deman, atau hukum permintaan dan penawaran. Yang mana, ketika penawaran atau barang yang tersedia langka, namun permintaannya banyak, maka harga suatu barang akan naik, begitupun sebaliknya.

Baca Juga:  Memahami Leverage 1 : 500 dalam Trading, Penjelasan Lengkap!

Baca Juga :

Kelebihan Bitcoin

  • Sifatnya yang simpel dan ringkas, BTC merupakan alat transaksi individu antar individu dan cuma orang yang memegangnya yang dapat menggunakannya.
  • Dalam menggunakannya, kita tidak mesti menyertakan informasi pribadinya seperti terhadap mata uang bank atau account transaksi online lain. Hal ini pastinya menjadi tambahan keamanan informasi berasal dari sang pemilik.
  • Harganya yang selangit membuat orang-orang berlomba dalam mendapatkannya.

Kekurangan Bitcoin

  • Bentuknya yang cuma file, tidak ada bentuk fisiknya, memungkinkan Bitcoin rusak/ hilang bersama dengan perangkat kita menyimpannya.
  • Dan kelemahan terbesarnya adalah dikarenakan BitCoin merupakan sebuah alat transaksi yang datang karena adanya kemauan dan keyakinan dari para pemakainya. Hal ini memungkinkan suatu saat BitCoin bisa benar-benar tidak memiliki nilai lagi.
  • Butuh waktu yang lama untuk mendapatkan 1 bitcoin, karena 1 keping bitcoin dapat dipecah menjadi beberapa substansi yang dikenal dengan nama satoshi.

Legalitas

Penggunaan bitcoin di seluruh dunia tidak mendapatkan 100% sambutan yang baik, karena ada negara yang melegalkan bitcoin, dan ada juga yang tidak. Bahkan di suatu negara, ada yang meresmikannya menjadi mata uang yang sah, contohnya El Savador.

Baca Juga:  KTA Online Cara Mudah Ajukan Pinjaman

Pada 6 Februari 2014, Pemerintah Indonesia membuktikan bahwa Bitcoin dan virtual currency lainnya bukan merupakan mata uang atau alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Masyarakat Indonesia dihimbau untuk berhati-hati terhadap Bitcoin dan virtual currency lainnya. Segala risiko terkait kepemilikan/penggunaan Bitcoin ditanggung sendiri oleh pemiliknya.

Di Mana Kita Bisa Mendapatkan Bitcoin?

Sekarang ini untuk mendapatkan bitcoin bukan hal yang susah, banyak market jual beli kritp yang menyediakan. Contohnya saja seperti Indodax, Pintu, dan Tokocrypto di Indonesia. Untuk market internasionalnya, anda bisa menggunakan Binance, Huobi, Gate.io, serta masih banyak lagi.

Dan jika anda ingin mendapatkan gratis, ada banyak situs faucet penyedia kripto gratis seperti Freebitcoin, Eobot, serta lainnya.

Jadi itulah pengertian bitcoin lengkap dengan kelebihan, kekurangan, legalitas, harga, hingga cara mendapatkannya. Apakah anda sudah paham?, pasti sudah ya!. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian, terima kasih.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar