oleh

5 Tips Dan Cara Belajar Bahasa Pemrograman C++ Dengan Praktis

5 Tips Dan Cara Belajar Bahasa Pemrograman C++ Dengan Praktis – Jika kita berbicara tentang bahasa pemrograman yang banyak sekali jenisnya, kita pasti akan beranggapan bahwa bahasa pemrograman ini susah untuk dipelajari. Padahal kenyataannya, jika kita benar-benar belajar tentang bahasa pemrograman, itu pasti akan mudah. Tergantung niat kita saja kita memulai ini untuk apa dan apa kedepannya kalau kita mempelajari ini.

Bahasa C++ bisa dibilang bahasa dasar dari pemrograman. Karena memang banyak sekali aplikasi maupun program, memakai dasaran C++ sebagai pondasinya. Jika anda anak IT, pasti tahu bagaimana pentingnya belajar bahasa C++, karena untuk memulai jago dalam membuat program, kita harus menguasai terlebih dahulu bahasa pemrograman C++.

Seseorang belajar C++ itu banyak sekali tujuannya, ada yang karena tuntutan perkuliahan, ingin iseng iseng saja, ada yang karena memang ingin ahli dalam pemrograman dan sebagainya. Karena kembali pada itu tadi, kita belajar itu untuk apa, dan kedepannya bagaimana.

Jika kita tidak memiliki ancang ancang, kita akan sulit untuk kedepannya, ibaratnya kalau kita selesai naik bis untuk pergi kesuatu tempat, kita semestinya harus oper angkutan, namun kita tidak tahu angkutan mana yang kita tuju akhirnya kita terlantar. Sama saja dengan belajar bahasa C++ itu tadi, kita harus fokus untuk merencanakan, jika memang tuntutan belajar memang tidak bisa kita hindari, kalau untuk sekedar ingin keren juga boleh boleh saja, tapi mungkin akan sia sia hal yang kita pelajari itu.

Berbicara tentang belajar bahasa C++, Dewailmu punya beberapa tips yang sekiranya bisa kalian terapkan guna mempermudah belajar bahasa pemrograman tersebut. Langsung saja berikut tips-tipsnya.

Cara Belajar Bahasa Pemrograman C++

1. Pertimbangkan Software Code Yang Kalian Gunakan

software code

Untuk tips yang pertama, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa software code yang cocok untuk perangkat kalian. Jika ingin memasang Visual Studio, pastikan ruang dalam penyimpanan kalian cukup karena data yang dibutuhkan sangat banyak.

Kalau spesifikasi perangkat kalian lemah, kalian bisa menggunakan Dev C++. Yang terpenting adalah bagaimana kita menyeimbangkan berapa system persyaratan nya, lalu seberapa spesifikasi perangkat kalian. Selain itu, janganlah memaksakan untuk menginstal suatu software yang pada kenyataannya akan membuat perangkat kalian rusak karena tidak seimbang.

2. Dekatlah Dengan Google – Cara Belajar Bahasa Pemrograman C++

Tips kedua adalah kita harus dekat dengan mesin pencari seperti google, namun tidak selamanya kita bergantung pada mesin pencari. Kalau memang untuk mencari referensi bug, kita bisa mencari pada google atau sejenisnya.

Untuk mencari pemecahan masalah juga bisa kita mencari pada Google, namun kita harus menyesuaikan juga dengan software kode yang kita pakai. Karena terkadang awalan kodenya berbeda, misalnya antara Visual Studio dan Dev, itu juga berbeda.

3. Seimbangkan Materi Dan Praktek

teori dan praktek

Tips selanjutnya adalah kita selain belajar secara materi, kita juga harus mempraktekan apa yang kita pelajari, sebisa mungkin kita selesai satu jenis C++, kita langsung mempraktekan apa yang kita pelajari. Itu guna melatih agar kita paham fungsi dari setiap kode.

Kalau di situs seperti W3SCHOOl, itu terdapat demo dari apa yang kita pelajari, semisal kita mengubah titik menjadi koma bagaimana perubahanya, itu bisa terlihat. Intinya jangan berfokus pada materi saja, kita harus menyeimbangkan juga dengan praktek.

Baca Juga :

4. Belajar Bersama Teman Anda Jika Bingung/Jenuh

Anda juga bisa belajar dengan teman anda yang lain apabila anda jenuh belajar sendirian di rumah. Atau anda bisa mengadakan kopdar di suatu tempat makan atau tempat ngopi, disitu anda bisa berembuk dan berdiskusi bareng bersama teaman-teman anda.

5. Konsisten Dan Jangan Menyerah

dont give up

Memang kebanyakan orang bisa belajar bahasa pemrograman itu sulit, maka dari itu banyak diantara mereka yang menyerah. Tips terakhir dan juga saran terpenting dari saya, anda harus konsisten mempelajarinya dan jangan menyerah. Jika anda menyerah, maka semua yang anda pelajari akan hilang.

Oke, itulah beberapa tips belajar bahasa pemrograman dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa kembali lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *