oleh

6 Tips Belajar Bahasa Pemrograman Secara Mudah & Efektif

6 Tips Belajar Bahasa Pemrograman Secara Efektif – Bagi kalian yang memilih jurusan Informatika atau lainnya yang berhubungan dengan pemrograman, pasti kalian ingin sekali menguasai setiap bahasa pemrograman. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa jago dalam bahasa pemrograman adalah hal paling penting bagi anak IT khususnya yang berfokus pada program.

Terkadang banyak yang salah dalam metode pembelajaran yang dilakukan. Dan jika sudah salah lalu kita baru menyadari setelah lama mendalami pelajaran tersebut, kita akan kalah start dengan yang lain. Mereka telah bisa membuat program meski sederhana, kita baru menyadari kalau salah dalam cara belajarnya. Tentu bisa menjadi tekanan tersendiri bagi yang ingin sekali jago dalam bidang tersebut.

Tapi tenang saja, pada artikel kali ini Dewailmu berbagi kepada kalian yang merasa kesulitan dalam belajar bahasa pemrograman. Dan berikut beberapa tipsnya.

Tips Belajar Bahasa Pemrograman

1. Fokus Pada Satu Bahasa Terlebih Dahulu

fokus

Nah, untuk yang pertama ini sudah pernah Dewailmu ulas pada artikel terdahulu tentang bagaimana cara menguasai bahasa pemrograman.

Baca Juga : 4 Cara Belajar Bahasa Pemrograman Agar Cepat Menguasai.

Namun seiring berjalannya waktu, banyak sekali yang salah persepsi dalam memahami metode belajar yang efektif. Untuk itu, kali ini Dewailmu akan mengulas dengan tips tips terbaru yang pastinya akan memudahkan kalian.

Untuk yang pertama kita harus fokus dulu pada satu bahasa. Dari sekian banyak bahasa, kita diharuskan fokus pada satu terlebih dahulu. Dan jika sudah menguasai, sangat dianjurkan untuk beranjak pada bahasa yang lain. Jika kalian memaksakan untuk belajar dua bahasa sekaligus, itu akan membuat pikiran kalian terpecah dan membuat kalian tidak fokus. Akibatnya materi yang sudah kalian pelajari tidak sepenuhnya masuk.

2. Cari Referensi Tempat Belajar Dengan Fitur Lengkap

Untuk tips belajar bahasa pemrograman secara efektif yang kedua adalah kita diharuskan untuk belajar pada sumber yang benar benar memberikan fitur lengkap. Fitur yang dimaksud meliputi penjelasan yang mudah difahami, terdapat demo disetiap kode dan lainnya.

Misalnya saja melihat di website W3School, disitu banyak sekali bahasa pemrograman dengan penjelasan yang gampang untuk dipahami. Disana juga terdapat demo untuk setiap kode yang memudahkan kalian dalam mencoba perubahan apa yang ditampilkan ketika kode tersebut berbeda, dan seterusnya.

Maka dari itu, penting bagi kalian untuk mencari sumber yang akurat dengan dilengkapi fitur yang dapat memudahkan kalian untuk belajar.

3. Jangan Malu Bertanya Pada Orang lain Yang Sudah Ahli

jangan malu bertanya

Tips ketiga ini biasanya sering diabaikan karena beberapa hal. Misalnya saja karena gengsi, karena malu, karena kita kurang aktif dan lainnya. Mungkin kita harus menghilangkan beberapa sifat itu demi kelancaran belajar kita agar lebih efektif. Karena suatu saat jika kita benar benar kesulitan dalam belajar bahasa tersebut, sosok yang membantu kita dalam memecahkan masalah tersebut adalah mereka yang sudah ahli.

Oleh karena itu pentingnya kita menghilangkan rasa malu ketika bertanya pada orang yang sudah ahli dalam bidang tersebut.

4. Tips Belajar Bahasa Pemrograman Dengan Latihan Dan Latihan Terus

Nah, ini juga sangat penting. Karena belajar bahasa pemrograman itu bisa diibaratkan belajar mengendarai mobil. Ketika kita sudah menguasai secara materi apa fungsi rem, apa fungsi gas, dan lainnya tanpa dibarengi dengan latihan terus menerus apa bisa kita mahir dalam mengendarai?. Tentu tidak bisa, karena menguasai secara materi saja tidaklah cukup.

Belajar bahasa pemrograman juga begitu, jika kita hanya menguasai secara materi saja tanpa mempraktekan secara langsung pasti kita akan kesulitan dalam beberapa momen. Untuk mempraktekan materi yang kita pelajari bisa dengan mencoba membuat program sederhana, lalu mengutak atik kode nya dan seterusnya. Sudah tahu kan penting nya tips ini. Maka dari itu, jangan lewatkan tips yang satu ini.

5. Hadirilah Seminar-Seminar Tentang Bahasa Pemrograman

seminar

Anda juga bisa menghadiri beberapa seminar bahasa pemrograman agar anda bisa bertemu dengan banyak orang yang lebih ahli daripada anda. Dari situ anda bisa belajar banyak dari orang-orang tersebut. Bagaimana cara mereka belajar dan menciptakan suatu produk.

6. Tips Belajar Bahasa Pemrograman Dengan Tidak Cepat Puas

Jika anda sudah menguasai 1 atau 2 bahasa pemrograman, jangan cepat puas. Anda bisa belajar bahasa pemrograman lain yang lebih tinggi tingkatannya agar kedepannya anda bisa menguasai minimal 5 atau 6 bahasa pemrograman.

Mungkin hanya beberapa tips saja yang dapat Dewailmu.id bagikan kepada kalian. Semoga artikel ini bisa memberikan anda pencerahan untuk belajar bahasa pemrograman dan bermanfaat. Sekian artikel ini dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *