oleh

7 Tips Mendapatkan Nilai Cumlaude Ketika Kuliah, Terbukti Ampuh

7 Tips Mendapatkan Nilai Cumlaude Ketika Kuliah, Terbukti Ampuh – Masa kuliah memang merupakan masa penentuan, dimana ketika sudah lulus maka dilanjutkan dengan kerja. Maka dari itu banyak yang berjuang keras di perkuliahan serta salah satunya lulus mendapatkan nilai cumlaude.

Mungkin diantara anda sering kali menjumpai apa itu cumlaude?, gampangannya yaitu mahasiswa yang lulus IPK nya di atas 3,5 . Jadi sangat pintar apabila IPK di atas itu, dan maka secara otomatis anda bisa cumlaude dan diwisudanya pun juga awal.

Namun untuk mendapatkan nilai cumlaude ketika kuliah tidak semudah yang dibayangkan. Tentu saja ada perjuangan keras dan pengorbanan yang harus dilakukan agar nantinya cumlaude pun bisa tercapai. Mungkin diantara anda ingin tahu mengenai cara ampuh mendapatkan nilai cumlaude?.

Berikut di bawah ini tips ampuh mendapatkan nilai cumlaude, yang sering dilakukan banyak mahasiswa.

Tips Mendapatkan Nilai Cumlaude

1. 90% Lebih Selalu Hadir Dalam Perkuliahan

Tips pertama yaitu tentang presensi kehadiran dalam mengikuti perkuliahan. Untuk anda yang sering bolos ataupun titip absen, maka buanglah jauh-jauh impian anda untuk mendapatkan nilai cumlaude, karena sangatlah susah. Maka dari itu usahakan anda selalu hadir dalam mata kuliah apa saja dan minimalisir tingkat membolos.

2. Kumpulkan Tugas Sesuai Deadline

tepat waktu

Tips berikutnya, yaitu silahkan anda jangan menunda nunda pekerjaan ataupun tugas. Jadi silahkan anda kumpulkan tugas yang diberikan oleh bapak/ibu dosen sesuai deadline, syukur-syukur anda lebih cepat, dan biasanya akan mendapatkan nilai plus dari dosen.

Baca Juga : Tips Menentukan Jurusan Kuliah Yang Cocok Dengan Bidang Kita

3. Tips Mendapatkan Nilai Cumlaude – Menjadi Mahasiswa yang Aktif Bertanya

Ketika di dalam kelas perkuliahan, maka kebanyakan dosen menyukai dengan mahasiwa yang aktif bertanya, walaupun terkadang pertanyaan yang dilontarkan mahasiswa tersebut tidak masuk akal. Namun kenyataanya banyak yang memberikan nilai tambahan ataupun nilai plus kepada mahasiswa yang sering bertanya tersebut. Maka dari itu apabila saat ini anda masih jarang bertanya, maka usahakan anda setiap mata kuliah rajinlah bertanya.

4. Dekati Dosen

berbicara dengan guru

Tips ampuh berikutnya agar mudah mendapatkan nilai cumlaude yaitu dengan cara mendekati dosen. Jadi cobalah akrab dengan dosen anda, misalnya sering menyapa ataupun sering mengingatkan ketika hendak ada jam perkuliahan dan masih banyak cara lainnya lagi.

5. Tips Mendapatkan Nilai Cumlaude – Duduklah Paling Depan

Dosen sendiri akan melihat secara terus menerus apabila anda duduk di paling depan. Karena kebanyakan dosen berkata bahwa duduk di paling depan lah yang paling semangat kuliah dan dicap rajin. Maka dari itu anda manfaatkan hal tersebut dengan cara anda duduk di paling depan dan tonjolkan diri anda tersebut. Usahakan setiap mata kuliah anda duduk di paling depan, biasanya anda akan selalu diingat oleh dosen.

6. Ketika Presentasi Tonjolkan Performa Anda

menonjolkan performa

Untuk hal presentasi maka tentu saja anda butuh persiapan yang lebih sebelum menunjukan performa sebenarnya. Maka dari itu sebelum presentasi siapkanlah diri anda tersebut, asah ilmu yang hendak disampaikan di presentasi tersebut. Serta jika sudah, buatlah pemaparan beda dari yang lainnya serta menjadi mahasiwa yang unggul dari mahasiswa lainnya.

7. Maksimalkan Nilai UAS

Tips ampuh yang terakhir mengenai mendapatkan nilai cumlaude yang terakhir yaitu silahkan maksimalkan nilai anda di UAS. Biasanya di nilai UAS lah yang memiliki nilai bobot yang paling besar daripada nilai semesteran pertama. Maka dari itu ketika UAS jangan sampai mendapatkan nilai yang jelek.

Jadi seperti itulah beberapa tips mendapatkan nilai cumlaude ketika kuliah. Bagaimana hanya 6-7  semester saja anda menerapkan prinsip ketujuh di atas, maka secara otomatis anda bisa mendapatkan nilai cumlaude dengan mudah. Hanya butuh konsisten saja anda bisa mendapatkan nilai cumlaude. Oh iya jangan lupa berdoa juga. Tanpa adanya doa usaha anda mungkin menjadi sia-sia, semoga bermanfaat untuk anda semua, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *