6 Cara Belajar Bahasa Pemrograman Agar Cepat Menguasai

Kayeols

Cara Belajar Bahasa Pemrograman Agar Cepat Menguasai – Ada yang masih belum tahu apa itu bahasa pemrograman?. Definisi secara umum tentang bahasa pemrograman adalah Bahasa untuk instruksi standar menjalankan sebuah komputer.

Banyak yang menyebut bahasa pemrograman adalah bahasa komputer. Tidak ada yang salah dari pendapat tersebut, karena memang ada keterkaitannya antara komputer dengan bahasa pemrograman.

Membahas fungsi bahasa pemrograman tentu tidak ada akhirnya. Karena memang fungsi dari bahasa ini sangatlah banyak. Fungsi umumnya adalah untuk menjalankan sebuah data yang terdapat pada mesin sesuai dengan rencana yang kita inginkan.

Hasil dari bahasa pemrograman ini berbentuk program atau aplikasi. Seperti yang terdapat di beberapa supermarket, di bagian kasir terdapat program yang membuatnya menggunakan bahasa pemrograman, dan contoh mudahnya adalah aplikasi pada smartphone kita.

Untuk mempelajarinya, kita harus membutuhkan waktu yang cukup untuk berkonsentrasi karena bahasa pemrograman ini terbilang susah untuk dipelajari. Karena apa?, sama seperti kita menghafal sebuah kosakata, bahasa pemrograman di setiap sintaks memiliki fungsi tersendirinya yang harus kita hafalkan. Maka dari itu, untuk bisa menguasainya dengan cepat, berikut beberapa langkah-langkahnya.

Cara Belajar Bahasa Pemrograman Agar Cepat Menguasai

1. Fokus Pada Satu Bahasa Pemrograman Terlebih Dahulu

Tips yang pertama ini wajib di perhatikan. Karena jika melihat banyaknya jenis bahasa pemrograman tentu standart kita tidak bisa mempelajari semua secara bersama sama. Memang ada beberapa yang bisa melakukan hal tersebut, namun jika dipaksakan maka hasilnya akan sia-sia. Untuk itu, dewailmu menyarankan untuk memfokuskan belajar pada satu bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Baca Juga:  15 Aplikasi TV Online Terbaik Untuk Android dan PC

Jika sudah dirasa telah menguasai satu bahasa, maka anda bisa memilih bahasa pemrograman yang lain. Tapi usahakan setiap waktu menggunakan bahasa pemrograman yang telah kita pelajari sebelumnya.

Entah itu iseng membangun sebuah program, dan lainnya. Dengan tujuan agar sintaks yang kita pelajari tidak hilang, karena selanjutnya kita harus mempelajari beberapa jenis bahasa pemrograman lain.

2. Pelajari Yang Sederhana Dahulu

bahasa pemrograman

Tips selanjutnya adalah kita harus memperhatikan serta memilih tingkatan bahasa pemrograman yang kita pelajari. Dengan tanda kutip, kita harus mempelajari dengan yang lebih mudah terlebih dahulu, bahasa membangun sebuah program kita harus belajar dasarnya terlebih dahulu. Dengan memilih bahasa pemrograman yang sederhana, kita akan dapat cepat mengerti alur dari sebuah program.

Jika kita belajar mulai dari bahasa pemrograman tingkat yang paling sulit, tentu itu juga akan merugikan kita. Kita tidak bisa mempelajari secara detail alur dari sebuah program. Untuk itu, dewailmu menyarankan untuk mempelajari bahasa pemrograman yang sederhana terlebih dahulu. Bahasa yang saat ini bisa dibilang sederhana yaitu Phyton.

Baca Juga:  √ 3 Cara Memberi Password Pada Folder Pada Laptop, Mudah Banget!

3. Persiapkan Software Yang Diperlukan

Tips selanjutnya adalah kita harus mempersiapkan software yang sekiranya kita butuhkan saat kita mempelajari bahasa pemrograman. Misalnya saja kita membutukan software untuk mempermudah dalam mengartikan fungsi fungsi sintaks, dan lain sebagainya.

Maksudnya adalah dengan menggunakan software tersebut, kita lebih mudah dalam belajar karena ada beberapa software yang memiliki tampilan tata letak bermacam sintaks yang cukup membantu dalam mempelajari bahasa pemrograman.

Tips ini juga dapat membantu kita jika kita sedang mengalami kesulitan. Selain software, untuk mempermudah mempelajari bahasa pemrograman, kita juga bisa menggunakan beberapa website yang dapat membantu kita dalam belajar ngoding, istilah kerennya. Contoh situsnya adalah ilmukomputer, jagongoding, myphptutorial, dan lain sebagainya. Jadi, jangan menganggap remeh tips ini karena sangat bermanfaat.

Baca Juga :

4. Membuat Project Sendiri Untuk Latihan Dan Percobaan

proyek bahasa pemrograman

Sudah di singgung di tips pertama, kalau jika kita sudah menguasai beberapa jenis bahasa pemrograman, kita harus menggunakannya dalam beberapa keadaan. Supaya sintaks yang sudah kita hafal dan kita fahami fungsinya tidak gampang lupa. Caranya yaitu dengan membuat project sendiri untuk latihan. Bisa dengan membuat program dari awal, dan lainnya.

Baca Juga:  10 Aplikasi Pemutar Video PC Terbaik dan Paling Ringan

Dengan tips ini, bahasa-bahasa yang sudah kita kuasai tidak akan hilang dari pikiran kita. Jadi, dengan cara ini kita tidak perlu khawatir lupa akan sintaks yang sudah dikuasai sebelum belajar jenis bahasa pemrograman lainnya.

5. Cari Sumber Belajar Yang Lengkap Dan Terpercaya

Tidak lupa, anda wajib mencari sumber belajar yang benar benar lengkap dan terpercaya. Sumber belajar itu bisa seperti buku, ebook, atau sebuah uonline. Saran saya, cukup gunakan situs online, karena kebanyakan gratis dan tidak dipungut biaya. Tidak akan ada biaya untuk  membeli buku atau semacamnya.

Mungkin, anda akan membayar biaya untuk prakteknya, jika terdapat program praktek dari situs tersebut. Situs belajar coding yang menyediakan praktek berbayar, maka situs tersebut berkomitmen untuk membuat anda bisa.

6. Ikuti Perkembangan Bahasa Pemrograman!

mengikuti perkembangan zaman

Terakhir, selalu mengikuti perkembangan zaman, khususnya dalam bidang bahasa pemrograman. Saat ini sedang viral aplikasi apa, anda bisa belajar membuat aplikasi yang serupa. Contoh desain website yang trending saat ini seperti apa, anda bisa meniru desainnya, yang penting jangan sampai ketinggalan teknologi.

Oke, itulah beberapa tips untuk anda yang berminat dan niat untuk mempelajari bahasa pemrograman. Manfaat yang anda dapat sangatlah banyak dengan mempelajari hal tersebut, semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dan bermanfaat suatu saat nanti. Sekian, terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

466 pemikiran pada “6 Cara Belajar Bahasa Pemrograman Agar Cepat Menguasai”

  1. How Do You Explain Best CSGO Opening Site To A Five-Year-Old counter-strike cases, Ima,

  2. 5 Killer Quora Answers On Replacement Double Glazing Units Near Me
    replacement double glazing units near me (Sonya)

  3. 10 Things That Your Family Teach You About Auto Accident Lawsuit auto accident lawsuit (Marti)

  4. Asbestos is a contaminant that can cause mesothelioma and asbestosis, and
    lung cancer. While its use in the US has been banned,
    the risks remain. Asbestos Case lawyers are available to help victims and their families.

  5. Be On The Lookout For: How Double Glazing Window Repairs Is Taking Over And What Can We
    Do About It Seals

  6. Online Shopping Website In London Tools To Ease Your Daily Lifethe
    One Online Shopping Website In London Trick Every Person Should Learn online shopping website in london (Fredric)

  7. 13 Things About Double Glazed Windows Birmingham You May Not Have Known birmingham glass
    services (Lavada)

  8. Nine Things That Your Parent Teach You About Shopping Online Site Clothes shopping online site clothes (Twila)

  9. A Journey Back In Time: How People Talked About Motor Vehicle Litigation 20 Years Ago Motor Vehicle Accident Lawsuits (00Mall.Biz)

  10. What’s The Job Market For Medical Malpractice Attorney Professionals Like?
    medical malpractice lawyers (Mohammed)

  11. Costa Coffee 1kg Tips To Relax Your Daily Lifethe One Costa Coffee 1kg Technique Every Person Needs To Be
    Able To coffee beans Uk 1kg (dream-weaver.co.kr)

  12. You’ll Never Be Able To Figure Out This 18 Wheeler Accident Law Firm’s Tricks 18 wheeler accident law firm (m.simeun.com)

  13. Guide To Truck Injury Lawyer: The Intermediate Guide Towards Truck Injury Lawyer Law

  14. 13 Things You Should Know About Glass Repair Birmingham That You Might
    Not Know glass repairs birmingham (Denice)

  15. Veterans Disability Lawyers Techniques To Simplify Your Daily Lifethe One
    Veterans Disability Lawyers Trick That Everybody Should Be Able
    To veterans disability (Mason)

  16. 10 Untrue Answers To Common Upvc Windows Repair Questions:
    Do You Know The Right Answers? repair upvc window (Keith)

  17. A Look Into The Future What’s In The Pipeline? Malpractice Claim Industry Look Like In 10 Years?
    Lawsuit

  18. There’s A Reason Why The Most Common Kayleigh Porn Star Debate Could Be
    As Black Or White As You Think Premium

Tinggalkan komentar