oleh

4 Cara Belajar Bahasa Pemrograman Agar Cepat Menguasai

4 Cara Belajar Bahasa Pemrograman Agar Cepat Menguasai – Ada yang masih belum tahu apa itu bahasa pemrograman?. Definisi secara umum tentang bahasa pemrograman adalah Bahasa untuk instruksi standar menjalankan sebuah komputer. Banyak yang menyebut bahasa pemrograman adalah bahasa komputer. Tidak ada yang salah dari pendapat tersebut, karena memang ada keterkaitannya antara komputer dengan bahasa pemrograman.

Membahas fungsi bahasa pemrograman tentu tidak ada akhirnya. Karena memang fungsi dari bahasa ini sangatlah banyak. Fungsi umumnya adalah untuk menjalankan sebuah data yang terdapat pada mesin sesuai dengan rencana yang kita inginkan.

Hasil dari bahasa pemrograman ini berbentuk program atau aplikasi. Seperti yang terdapat di beberapa supermarket, di bagian kasir terdapat program yang membuatnya menggunakan bahasa pemrograman, dan contoh mudahnya adalah aplikasi pada smartphone kita.

Untuk mempelajarinya, kita harus membutuhkan waktu yang cukup untuk berkonsentrasi karena bahasa pemrograman ini terbilang susah untuk dipelajari. Karena apa?, sama seperti kita menghafal sebuah kosakata, bahasa pemrograman di setiap sintaks memiliki fungsi tersendirinya yang harus kita hafalkan. Maka dari itu, untuk bisa menguasainya dengan cepat, berikut beberapa langkah-langkahnya.

Cara Belajar Bahasa Pemrograman Agar Cepat Menguasai

1. Fokus Pada Satu Bahasa Pemrograman Terlebih Dahulu

Tips yang pertama ini wajib di perhatikan. Karena jika melihat banyaknya jenis bahasa pemrograman tentu standart kita tidak bisa mempelajari semua secara bersama sama. Memang ada beberapa yang bisa melakukan hal tersebut, namun jika dipaksakan maka hasilnya akan sia-sia. Untuk itu, dewailmu menyarankan untuk memfokuskan belajar pada satu bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Jika sudah dirasa telah menguasai satu bahasa, maka anda bisa memilih bahasa pemrograman yang lain. Tapi usahakan setiap waktu menggunakan bahasa pemrograman yang telah kita pelajari sebelumnya. Entah itu iseng membangun sebuah program, dan lainnya. Dengan tujuan agar sintaks yang kita pelajari tidak hilang, karena selanjutnya kita harus mempelajari beberapa jenis bahasa pemrograman lain.

2. Pelajari Yang Sederhana Dahulu

bahasa pemrograman

Tips selanjutnya adalah kita harus memperhatikan serta memilih tingkatan bahasa pemrograman yang kita pelajari. Dengan tanda kutip, kita harus mempelajari dengan yang lebih mudah terlebih dahulu, bahasa membangun sebuah program kita harus belajar dasarnya terlebih dahulu. Dengan memilih bahasa pemrograman yang sederhana, kita akan dapat cepat mengerti alur dari sebuah program.

Jika kita belajar mulai dari bahasa pemrograman tingkat yang paling sulit, tentu itu juga akan merugikan kita. Kita tidak bisa mempelajari secara detail alur dari sebuah program. Untuk itu, dewailmu menyarankan untuk mempelajari bahasa pemrograman yang sederhana terlebih dahulu. Bahasa yang saat ini bisa dibilang sederhana yaitu Phyton.

3. Persiapkan Software Yang Diperlukan

Tips selanjutnya adalah kita harus mempersiapkan software yang sekiranya kita butuhkan saat kita mempelajari bahasa pemrograman. Misalnya saja kita membutukan software untuk mempermudah dalam mengartikan fungsi fungsi sintaks, dan lain sebagainya.

Maksudnya adalah dengan menggunakan software tersebut, kita lebih mudah dalam belajar karena ada beberapa software yang memiliki tampilan tata letak bermacam sintaks yang cukup membantu dalam mempelajari bahasa pemrograman.

Tips ini juga dapat membantu kita jika kita sedang mengalami kesulitan. Selain software, untuk mempermudah mempelajari bahasa pemrograman, kita juga bisa menggunakan beberapa website yang dapat membantu kita dalam belajar ngoding, istilah kerennya. Contoh situsnya adalah ilmukomputer, jagongoding, myphptutorial, dan lain sebagainya. Jadi, jangan menganggap remeh tips ini karena sangat bermanfaat.

Baca Juga : Situs Untuk Mempelajari Bahasa Pemrograman Gratis!.

4. Membuat Project Sendiri Untuk Latihan Dan Percobaan

proyek bahasa pemrograman

Sudah di singgung di tips pertama, kalau jika kita sudah menguasai beberapa jenis bahasa pemrograman, kita harus menggunakannya dalam beberapa keadaan. Supaya sintaks yang sudah kita hafal dan kita fahami fungsinya tidak gampang lupa. Caranya yaitu dengan membuat project sendiri untuk latihan. Bisa dengan membuat program dari awal, dan lainnya.

Dengan tips ini, bahasa-bahasa yang sudah kita kuasai tidak akan hilang dari pikiran kita. Jadi, dengan cara ini kita tidak perlu khawatir lupa akan sintaks yang sudah dikuasai sebelum belajar jenis bahasa pemrograman lainnya.

Oke, itulah beberapa tips untuk anda yang berminat dan niat untuk mempelajari bahasa pemrograman. Manfaat yang anda dapat sangatlah banyak dengan mempelajari hal tersebut, semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dan bermanfaat suatu saat nanti. Sekian, terima kasih atas kunjungannya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *