oleh

5 Cara Merawat Tombol Keyboard Agar Tidak Cepat Rusak

5 Cara Mudah Merawat Tombol Keyboard Agar Tidak Cepat Rusak – Harga laptop murah sering menjadi incaran. Tidak hanya menjadi incaran para pelajar dan mahasiswa, anda yang sudah bekerja pun pasti tertarik jika ada laptop yang ditawarkan dengan harga murah.

Jangan karena harga laptop murah, kemudian anda jadi sembarangan dalam pemakaian. Padahal komponen-komponen yang ada pada laptop harus dirawat secara rutin. Salah satunya adalah keyboard laptop. Tanpa perawatan, keyboard laptop akan rusak yang bisa mengganggu tugas-tugas harian anda.

Seberapa sering anda melakukan perawatan pada laptop? Untuk anda yang jarang merawat keyboard laptop, simak cara merawat tombol keyboard laptop di bawah ini.

Cara Merawat Tombol Keyboard Agar Tidak Cepat Rusak

1. Pakai Keyboard Cover

Memakai keyboard cover atau keyboard protector ini penting lho. Sesuai dengan namanya, keyboard cover berguna untuk melindungi keyboard laptop anda dari debu dan cairan yang mungkin masuk. Dengan memakainya, debu yang masuk ke sela-sela keyboard akan terhalang.

Kalau anda tidak menggunakan cover keyboard pada laptop anda, debu-debu akan mudah masuk ke sela-sela keyboard dan membuatnya kotor. Apalagi jika anda jarang membersihkannya, keyboard laptop anda bisa eror dan rusak.

2. Tekan Dengan Lembut

menekan tombol keyboard dengan lembut

Cara menekan pada keyboard juga berpengaruh awet atau tidaknya kondisi keyboard. Coba perhatikan keyboard laptop anda. Bagian-bagian yang rusak biasanya adalah tombol yang sering ditekan. Apalagi jika anda menekannya terlalu keras.

Keyboard laptop memiliki batas tekanan yang berbeda. Karena itu anda disarankan menekan tombol keyboard dengan lembut, jangan terlalu kencang. Mau harga laptop murah ataupun yang mahal, sama saja. Perlakukan dengan baik. Jangan terlalu bersemangat ketika menekannya agar keyboard anda tetap awet.

Baca Juga : Tips Membeli Komputer/Laptop Bekas Yang Masih Berkualitas Bagus.

3. Cara Merawat Tombol Keyboard – Pakai Keyboard Eksternal

Selain digunakan untuk tugas sehari-hari, laptop juga digunakan untuk bermain game. Nah, untuk anda para gamers sejati, sebaiknya menggunakan keyboard eksternal ketika sedang bermain. Anda bisa sepuasnya memencet tombol keyboard eksternal.

Jika nanti ada kerusakan, yang rusak adalah keyboard eksternal. Keyboard bawaan akan tetap aman jadi anda tidak perlu khawatir. Karena keyboard eksternal lebih mudah diganti daripada keyboard bawaan laptop. Selain itu, harganya juga lebih mahal mengganti keyboard bawaan daripada beli baru keyboard eksternal.

4. Tidak Menaruh Beban Berat Di Atas Keyboard

memukul laptop

Tahukah anda, apa yang ada di balik keyboard laptop? Yap, komponen utama laptop. Menaruh beban berat di atas keyboard tidak hanya ‘menyakiti’ keyboard laptop, namun juga komponen-komponen penting lainnya. karena itu, sebaiknya anda tidak menaruh beban berat apapun di atas keyboard laptop. Kalau bisa, hindari kebiasaan menaruh apapun di atas laptop.

5. Jauhkan Dari Makanan Dan Minuman

Ketika anda sedang mengerjakan sesuatu dengan laptop, anda suka membawa makanan dan minuman kemudian menaruhnya di samping laptop. Padahal ada kemungkinan minuman yang anda bawa tersenggol dan menumpahi laptop atau makanan kecil yang anda bawa nyelip-nyelip di sela-sela keyboard.

Anda tentunya tidak menginginkan hal itu terjadi bukan? Sah-sah saja bagi anda membawa makanan dan minuman untuk menemani pekerjaan anda. Namun jangan ditaruh di dekat laptop persis. Sebaiknya anda meletakkannya agak jauh dari laptop. Atau anda bisa menyiasatinya dengan membawa minuman dalam tumblr dan makanan pada kotak makan agar tidak mudah tumpah.

Nah, itulah 5 cara membersihkan keyboard laptop anda. Harga laptop murah atau mahal tidak menjamin keyboard-nya akan awet dan tahan lama. Semuanya tergantung dari penggunanya.

Namun kalau anda ingin mencari laptop harga murah dengan kualitas yang baik, anda bisa mengunjungi lama Bukalapak dan pilih laptop yang cocok di sana. Ada laptop Acer dan laptop merk lainnya. Ayo buruan cek Bukalapak ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 comment