Cara Instal Custom ROM dengan atau Tanpa PC di Android

Wawan Agusti

cara instal custom rom lewat pc

Cara Instal Custom ROM dengan atau Tanpa PC di Android – Ponsel android merupakan handphone dengan sejuta fitur dan sistem yang mumpuni. Selain mumpuni, fitur-fitur tersebut sangat bermanfaat untuk membantu kita melakukan aktivitas sehari-hari agar terasa lebih mudah.

Pada umumnya aplikasi pada android cenderung sama, namun ada yang membedakan yakni tema. Masing-masing handphone memiliki tampilan yang berbeda-beda. Contoh, handphone merk samsung mempunyai tampilan yang berbeda dengan handphone xiaomi.

Hal tersebut sebenarnya bisa diubah menggunakan custom ROM. Apa itu custom ROM?, custom ROM merupakan suatu ROM yang telah dikustomisasi/dimodifikasi oleh pihak ketiga untuk digunakan pada handphone android. Banyak sekali pemilik handphone android yang meng custom ROM androidnya.

Dengan custom ROM, banyak kelebihan yang bisa didapatkan, seperti versi android yang anda dapatkan bisa lebih tinggi daripada ROM asli handphone tersebut, meningkatkan performa baterai, menghilangkan bloatware yang mengganggu, dan masih banyak lagi.

Cara Instal Custom ROM Android

1. Lewat PC/Komputer

  • Unduh Driver MediaTek USB VCOM pada pc anda untuk menghubungkan handphone android anda ke pc. Jika sudah buka softwarenya.
  • Berikutnya unduh file ROM/firmware yang ingin anda instal pada handphone android.
  • Selanjutnya, unduh software SP Flashtools untuk membuka direktori android anda (sejenis file manager).
  • Jika sudah diinstal, buka software SP Flashtools.
  • Pada aplikasi tersebut, pilih Scatter Loading. Kemudian cari file bernama scatter_emmc.txt di folder ROM android.sp flashtool scatter
  • Jika sudah, pada software MediaTek USB VCOM centang kotak yang berada di samping DA DL ALL with checksum dan klik download. Tunggu proses download selesai. Jika sudah selesai, notifikasi bar akan berwarna ungu.
  • Jika telah selesai, kemudian matikan smartphone android anda lalu hubungkan ke pc/komputer menggunakan kabel data/USB.
  • Otomatis notifikasi bar yang berwarna ungu akan berubah menjadi kuning. Tidak usah bingung, karena hal ini menandakan proses instal ulang sedang berjalan.
  • Tunggu sampai ada lingkaran hijau pada software MediaTek USB VCOM. Jika ada lingkaran hijau berarti proses instal custom rom berhasil.
  • Terakhir, nyalakan handphone android anda dan tunggu sampai loading selesai.
  • Selesai, ROM android anda sudah berubah.

Baca Juga :

2. Tanpa PC/Komputer

Pada cara kedua ini, saya menginstal custom rom pada handphone android menggunakan menu recovery atau twrp recovery. Anda yang suka utak-atik android pastinya tau apa itu recovery mode, namun yang belum tahu, berikut apa itu recovery mode beserta cara masuk recovery mode/twrp pada handphone android.

Sebelumnya anda juga harus menyiapkan file ROM yang akan diinstal pada handphone android dan sudah di simpan di kartu sd/kartu memori (file ROM harus kompatibel dengan handphone android), backup penyimpanan telepon. Jika sudah paham, ikuti langkah-langkahnya seperti di bawah ini :

  • Matikan handphone android, dalam keadaan mati, nyalakan handphone android ke mode recovery, caranya yakni tekan tombol Power + (Volume Atas/Bawah) setiap hp berbeda.
  • Nanti anda akan masuk ke menu recovery dan seperti inilah tampilannya factory reset
  • Pilih Wipe data/factory reset, dan selanjutnya klik lagi Wipe cache partition.
  • Akan ada menu lagi, klik pada Advance > Wipe dalvik cache.
  • Jika sudah, kembali lagi ke menu awal, kemudian klik Instal zip from sd card reboot system
  • Nanti anda akan diarahkan ke file manager untuk mencari file ROM yang sebelumnya sudah anda download.
  • Jika sudah ketemu filenya, klik untuk memulai proses penginstalan ROM.
  • Tunggu penginstalan ROM berhasil, jika sudah berhasil kemudian kembali ke menu awal dan klik Reboot system now untuk memulai ulang sistem.
  • Selamat, OS android anda sudah berganti ke OS yang berbeda dari aslinya, sekian cara ganti rom android tanpa root.

Selain kelebihan mengenai custom ROM, ada juga kekurangannya, seperti hilangnya garansi, ketidak cocokan hardware dan firmware, dan baterai bisa lebih boros dalam jangka waktu lama. Semua pilihan ada pada anda.

Banyak cara instal custom ROM tanpa pc dan lewat pc di handphone android, selain 2 cara di atas, masih ada cara lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua pengguna handphone android, terutama yang suka utak-atik ponsel android. Sekian, terima kasih atas kunjungannya.

Bagikan:

Tags

Wawan Agusti

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

25 pemikiran pada “Cara Instal Custom ROM dengan atau Tanpa PC di Android”

  1. offline mas. Tapi untuk download file nya ya harus ada sambungan internet.

  2. Backup rom sebenarnya gak bisa, cuman isi memorinya aja sebenarnya. Dibackup pakai akun google

  3. File scatter_emmc.txt kok nggak ketemu gan di folder ROM-nya/Internal Storage(cara pakai pc)

  4. Kalau kita menekan factory reset, itu artinya hp akan di reset kan(tanpa root)

  5. Pakai Yang Tanpa PC, file zipnya ditaruh di kartu memori hp, terus di instal lewat hp pakai tombol kombinasi

  6. Min klo mau cusrom tanpa root dan tidak hapus data2 di handphone bisa g ya? Sorry masih awam min

Tinggalkan komentar