2 Cara Uninstal TWRP Tanpa PC Untuk Semua Jenis Handphone

Cara uninstal TWRP tanpa PC – Jika kamu termasuk salah satu orang yang suka oprek hp, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah TWRP. Dengan menggunakan TWRP kamu dapat melakukan kostumisasi atau custom hp sesuka-mu.

Mulai dari custom ROM, Root, pasang Xposed atau hal lainnya yang berkaitan dengan kostumisasi. Namun, jika kamu sudah melakukan custom pada hp mu, kamu tidak bisa merasakan lagi sistem asli bawaan hp mu jika tidak dikembalikan ke sistem bawaan pabrik.

Ada banyak alasan orang ingin mengembalikan sistem seperti pabrik, salah satu alasan yang paling sering menjadi alasan yakni karena hp smartphonenya akan di jual, namun masih banyak alasan lainnya dari setiap pengguna.

Tetapi masalahnya bagaimana cara mengembalikan atau menghapus TWRP yang sudah terinstal di hp. Karena tidak beda sekali dengan uninstal apk yang ada di hp, biasanya hanya di tekan lalu di buang di tempat sampah atau masuk ke setting cari aplikasinya dan uninstall, selesai.

Beda dengan TWRP, kamu harus melakukan beberapa langkah agar bisa benar-benar menghapusnya. Berikut ini penjelasan lebih lanjutnya.

Cara Uninstal TWRP Tanpa PC

Sebelum masuk ke panduannya perlu kamu ketahui terlebih dahulu, ada 2 beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk uninstal TWRP, yakni melakukan flashing ulang dan menguninstal secara manual. Yuk langsung simak saja cara berikut ini:

1. Flashing HP

Cara pertama yang bisa kamu gunakan yakni dengan cara flashing ulang hp kamu. Dengan melakukan flashing ulang kamu secara otomatis akan langsung menghapus TWRP dan sekaligus menguninstalnya.

Sebelum melakukan flashing ulang, alangkah baiknya kamu melakukan back-up terlebih dahulu dan log-out dari semua akun yang terhubung dengan hp. Setelah itu baru silahkan lakukan flashing ulang.

Cara ini merupakan cara yang paling mudah namun minus nya data pada hp kamu akan hilang, jadi perlu instal ulang aplikasi-aplikasinya.

Baca Juga :

2. Uninstal Secara Manual

Cara yang kedua kamu bisa melakukan uninstal secara manual, cara ini sedikit rumit tetapi bagi yang sudah sering mengoprek hp nya pasti sangat mudah untuk memahami caranya.

Sebelum itu, cara ini saya contohkan ke hp xiaomi, apabila hp merek kamu berbeda, tidak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu. Karena pada dasarnya caranya sama.

Nah langsung saja berikut ini caranya:

  • Pertama silahkan download ROM Fastboot dan silahkan kamu save di internal ataupun eksternal memorifastboot
  • Kemudian download dan instal Aplikasi RAR di Google Play Store, terserah mau yang mana yang pasti bisa untuk ekstrak file
  • Setelah itu buka aplikasi RAR dan silahkan ekstrak file Rom Fastboot yang sudah di download tadi
  • Jika proses ekstrak berhasil, silahkan buka folder ekstrakan tersebut
  • Kemudian tap pada folder Images
  • Setelah membuka folder tersebut, silahkan cari file dengan nama “recovery.img” 
  • Jika sudah mendapatkan file tersebut, silahkan ekstrak file tersebut ke memori internal, bebas mau dimana asal mudah dicari
  • Kemudian silahkan keluar dari aplikasi RAR dan kembali ke homescreen
  • Seteleh itu matikan hp dan masuklah ke TWRP dengan cara menekan vol atas + power
  • Setelah berhasil masuk ke TWRP, silahkan tap instal setelah itu tap instal images 
  • Selanjutnya tap bagian select storage dan carilah file recovery.img yang sudah kamu ekstrak tadi
  • Jika sudah dapat filenya, silahkan tap file tersebut, kemudian akan muncul beberapa pilihan, silahkan pilih yang recovery dan swep untuk konfirmasi penginstalan
  • Tunggu beberapa waktu hingga proses recovery sukses
  • Jika sukses maka akan muncul tulisan completed
  • Setelah itu silahkan reboot system kamu
  • Selesai

Dengan begitu kamu sudah melakukan penghapusan TWRP di hp kamu dan smartphone kamu kembali ke system pabriknya.

Itulah tadi panduan untuk melakukan penghapusan atau uninstal TWRP tanpa harus menggunakan komputer. Dengan melakukan cara di atas kamu benar-benar bisa menghapus TWRP dan menggunakan sistem bawaan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa baca artikel lainnya yang tentunya juga bermanfaat seperti artikel ini, terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *