3 Cara Instal CWM Recovery Android Semua Jenis Tanpa PC

3 Cara Instal CWM Recovery Android Semua Jenis Tanpa PC – Ketika terjadi error pada handphone android seperti permasalahan pada versi android, wifi tidak terhubung, dan banyak kesalahan lainnya, banyak yang mengatakan lebih baik merestart atau flash ulang.

Untuk merestart ulang dan melakukan flash pada handphone android ada banyak cara, kita bisa melakukannya dengan bantuan pc/komputer maupun tanpa pc. Jika dengan pc kita bisa menggunakan software SP flashtool, odin, dan sebagainya, di pc kita bisa menggunakan menu recovery.

Nah, berbicara mengenai recovery, hampir semua hp android memilikinya. Tetapi dari sekian banyak handphone android, ada juga beberapa penggunanya yang mengeluhkan sangat sulit untuk masuk ke menu recovery meskipun caranya sudah benar. Bahkan ada yang mengatakan bahwa hp tersebut belum memiliki menu recovery.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa menginstal sendiri recovery atau sering disebut CWM recovery. Tools ini sangat penting, terutama jika handphone android anda mengalami gangguan. Jadi saya sarankan anda wajib menginstalnya, untuk menginstalnya berikut cara instal cwm tanpa pc.

Cara Instal CWM Recovery Android Tanpa PC

1. Menggunakan Aplikasi ROM Manager

  • Aplikasi ini memerlukan akses root, jadi jika handphone android anda belum di root, berikut cara root android tanpa menggunakan pc.
  • Jika sudah, anda bisa langsung download aplikasi ROM Manager langsung dari google play store. Jika memang anda ingin yang full akses, anda bisa membeli versi Pro nya.
  • Kemudian buka aplikasinya, masuk ke menu Recovery Setup. rom manager recovery mode
  • Pilih jenis recovery yang anda inginkan, (CWM) ClockworkMod atau (TWRP) Team Win Recovery Project. Berhubung disini kita membahas CWM, jadi pilih CWM/Clockworkmod.
  • Selanjutnya akan ada menu Konfirmasi Model Handphone/Confirm Phone Model. Nanti akan ada banyak custom recovery untuk berbagai jenis hp, tetapi jika ada tulisan Unsupported Device, jangan teruskan langkah ini. Karena cwm recovery yang tidak cocok akan membuat hp anda error.
  • Jika sudah memilih custom recovery yang cocok, selanjutnya klik download.
  • Terakhir tinggal klik Reboot To Recovery untuk mengecek apakah cwm recovery sudah terinstal di handphone android anda atau belum. reboot to recovery rom manager

2. Dengan Aplikasi Flashify

  • Sama seperti aplikasi sebelumnya, untuk menggunakan aplikasi ini, handphone anda harus sudah dalam keadaan root.
  • Jika sudah di root, kemudian download aplikasi Flashify langsung dari google play store.
  • Pada dashboard aplikasinya, pilih Recovery Image, cari dan download custom recovery yang cocok dengan handphone android anda. Nanti ada 3 pilihan recovery yakni custom recovery CWM, TWRP dan Philz. Pilih yang CWM.
  • Jika sudah di download, kemudian pilih Flash Recovery. Jika ada peringatan, pilih Ya. Kemudian klik Reboot Now.
  • Jika cara diatas berhasil, seharusnya anda sudah bisa masuk ke menu recovery. Tetapi jika belum berhasil, mungkin custom recovery image yang anda instal belum cocok dengan handphone anda. Anda bisa mengulanginya dengan menginstal custom recovery versi lain.

3. Menggunakan Aplikasi Rashr Tools

  • Pastikan anda sudah root handphone android yang ingin di instal cwm recovery. Anda bisa melakukan root tanpa pc dan dengan pc. Berikut cara root android menggunakan pc tercepat.
  • Setelah root, download aplikasi Rashr Tools yang bisa anda unduh di play store. Siapkan juga recovery.img.
  • Buka aplikasinya, nanti akan ada permintaan akses root, pilih Ijinkan.
  • Pada menu utama aplikasinya, pilih menu Recovery from storage. Cari file recovery.img yang sudah anda download sebelumnya. rashr tool recovery from storage
  • Setelah memilih file recovery.img nya, otomatis akan muncul penginstalan. Setelah terinstal akan muncul notifikasi reboot to recovery, klik Yes untuk mencoba cwm recovery sudah terinstal atau belum.

Saya rasa dari ketiga cara instal recovery di android, anda pasti bisa menginstal cwm recovery dengan mudah dan cepat. Jika memang anda ragu karena takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, anda bisa backup file penting dalam memori telepon.

Sekian artikel tentang cara instal cwm recovery di android dengan cepat dan mudah. Semoga dengan membaca artikel ini, permasalahan anda bisa teratasi dengan mudah, dan tentunya semoga bisa mendidik. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Add Comment

UA-101858990-1
error: Content is protected !!