7 Aplikasi Edit Video Untuk PC Yang Terbaik Dan Mudah Digunakan

Kayeols

aplikasi edit video untuk pc

Aplikasi Edit Video Untuk PC Yang Terbaik Dan Mudah Digunakan – Bagi kalian yang memiliki hobi atau pekerjaan melakukan editing video, tentunya anda harus pandai memilih aplikasi apa yang cocok dan sesuai dengan perangkat anda. Jika tidak maka anda akan merasa tidak nyaman jika sedang melakukan editing video, misalnya terlalu lama mengekspor video, aplikasi sering macet atau lag, dan lain sebagainya.

Itu bukanlah salah dari aplikasi tersebut, melainkan anda tidak pandai memilih apa software atau aplikasi yang cocok untuk spesifikasi perangkat. Jika anda tidak puas menggunakan sistem android, anda bisa menggunakan perangkat seperti komputer dan juga laptop. Keunggulanya juga sudah bisa dilihat, kalau android tentunya terbatas, dan jika salah satu komponen dari handphone tersebut error, pastinya akan mengganggu proses editing.

Misalnya saja touchscreen error, baterai cepat habis, dan lainnya. Jika anda menggunakan komputer atau laptop tentunya akan lebih baik dan otomatis bisa mempercepat proses bekerja anda. Maka dari itu di artikel ini saya akan membahas dan memberikan beberapa daftar aplikasi edit video untuk PC. Berikut beberapa daftarnya.

Aplikasi Edit Video Untuk PC Yang Terbaik

1. Sony Vegas Pro

sony vegas pro

Aplikasi edit video untuk PC yang pertama adalah aplikasi Sony Vegas Pro. Aplikasi yang diterbitkan oleh Sonic Foundry, kemudian oleh Sony Creative Software, dan sekarang oleh Magix, merupakan aplikasi yang berjalan di Sistem Operasi Windows. Versi dari sony vegas pro yang banyak digunakan karena mudah penggunaannya adalah Sony Vegas Pro 13.

Sony vegas pro 13 ini bisa dibilang software yang sangat dibutuhkan oleh para editing video, selain penggunaannya mudah, aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang mumpuni. Tetapi, jika anda ingin menggunakan aplikasi ini, komputer atau laptop anda harus memiliki beberapa persyaratan agar nantinya aplikasi tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Perangkat komputer anda minimal harus memiliki :

  • Kecepatan processor : 2 GHz
  • Memiliki kapasitas RAM : 4 GB
  • OS Windows : Windows 7, Windows 8, Windows 10 (64-bit)
  • Kapasitas Penyimpanan Kosong : 500 MB

Jika komputer anda masih belum memiliki beberapa persyaratan sistem, anda juga bisa mengunduh atau menggunakan sony vegas pro versi sebelumnya, misalnya Sony Vegas Pro 12, Sony Vegas Pro 11.

2. Adobe Premiere Pro

Aplikasi edit video untuk PC selanjutnya adalah aplikasi buatan adobeMemang adobe banyak sekali membuat program yang mudah digunakan untuk berbagai hal. Untuk adobe premiere pro ini, tentunya khusus penyunting video berbasis non-linier. Banyak sekali para youtuber menggunakan aplikasi ini dikarenakan fitur yang terdapat didalamnya mudah dipahami.

Versi yang paling banyak digunakan karena mudah penggunaan nya adalah Adobe Premiere Pro CC. Untuk menggunakan software ini, perangkat anda minimal harus memiliki spesifikasi seperti berikut :

  • Multicore Processor
  • Windows 7 SP 1 (Service Pack ) 64-bit, Windows 8 64-bit, Windows 8.1 64-bit, Windows 10 64-bit
  • RAM minimal 4 GB (untuk versi terbaru minimal 8 GB)
  • Ruang kosong 8 GB pada penyimpanan

Jika perangkat anda masih belum memenuhi persyaratan tersebut, anda bisa menggunakan adobe premiere pro versi lainnya. Karena fiturnya juga tidak terlalu berbeda, misalnya saja adobe premiere pro CS3, CS6, dan lain sebagainya.

3. AVS Video Editor

avs video editor

Aplikasi edit video yang selanjutnya adalah AVS Video Editor, yang merupakan perangkat lunak pengeditan video yang diterbitkan oleh Online Media Technologies Ltd. Ada banyak sekali keunggulan dari aplikasi ini. Banyak sekali para pengguna youtuber yang menggunakannya, karena aplikasi ini tergolong ringan dan menjadi solusi cepat untuk mengedit video. Aplikasi tersebut juga dibekali kemampuan Video Cache yang memudahkan para pengguna untuk mengedit video dengan resolusi tinggi dengan cepat tanpa gangguan.

Untuk menggunakan software ini, perangkat anda minimal harus memiliki :

  • Processor minimal 1.8 GHz
  • RAM minimal 2 GB, Versi terbaru harus membutuhkan RAM 4 GB
  • Ruang kosong penyimpanan minimal 1 GB
  • Sistem Operasi minimal windows 7

Baca Juga :

4. Windows Movie Maker

Apikasi buatan Windows ini merupakan salah satu aplikasi edit video untuk PC yang paling ringan. Aplikasi ini sangat cocok bagi anda yang masih pemula atau yang baru saja bermain di dunia edit video. Karena fitur di dalamnya sangat mudah dimengerti, dan cara penggunaanya juga sangat mudah. Bisa dibilang aplikasi ini simpel diantara banyak aplikasi edit video lainya.

Perangkat anda minimal harus memiliki :

  • Processor 1.5 GHz
  • RAM minimal 512 MB

5. Camtasia

camtasia

Mungkin tidak asing lagi bagi kita untuk aplikasi ini, karena sama seperti Windows Movie Maker aplikasi ini tergolong aplikasi edit video yang ringan. Aplikasi buatan techsmith ini cocok bagi anda para pemula, karena fitur yang berada di dalam aplikasi ini juga sangat mudah sekali cara penggunaanya. Aplikasi ini juga memberikan fitur Screen Recorder yang memudahkan anda untuk merekam aktivitas di perangkat anda.

Perangkat anda harus memiliki :

  • Processor 1.8 GHz (versi terbaru minimal 2.0 GHz)
  • RAM minimal 2 GB (versi terbaru minimal 4 GB)
  • Ruang penyimpanan kosong minimal 2 GB

6. Blender

Aplikasi edit video selanjutnya adalah Blender, yang merupakan perangkat lunak sumber terbuka grafik komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Fitur yang dapat kita gunakan saat mengedit video antara lain import, memotong video, menggabungkan video, dan lainnya. Aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan fitur rendering seperti: GPU & CPU rendering, HDR lighting support, dan Realtime viewport preview.

Jadi aplikasi ini sangat lengkap fungsinya, bisa untuk mengedit video, bisa juga untuk membuat game, dan lain sebagainya. Tidak jarang para pembuat game membuat sebuah program menggunakan aplikasi ini.

Perangkah anda minimal harus memiliki :

  • Processor minimal 1.5 GHz
  • RAM minimal 2 GB
  • Penyimpanan kosong 500 MB

7. Davinci Resolve

aplikasi edit video untuk pc davinci resolve

Aplikasi ini merupakan aplikasi edit video yang mirip dengan Adobe premier pro, karena aplikasi ini memiliki developer Blackmagic Design yang terkenal sebagai produsen kamera DSLR kelas atas, tidak main main ya, hehehe.

Banyak sekali fitur dalam aplikasi ini yang menyebabkan banyak pengguna beralih kesini. Beberapa kelebihannya antara lain yakni multiplatform atau bisa digunakan di banyak Operasi Sistem seperti Linux, Windows, dan macOS. Selain itu, proses render yang lebih cepat merupakan kelebihannya.

Namun, davinci resolve kurang optimal jika digunakan dalam perangkat dengan ram di bawah 4GB, karena software ini membutuhkan RAM besar dan memori grafik seperti NVIDIA Geforce dan AMD. Selain itu, davinci resolve membutuhkan DirectX versi 11.0 agar bisa digunakan.

Selain beberapa aplikasi diatas, masih ada banyak sekali aplikasi edit video untuk PC yang terbaik, misalnya saja Corel Video Studio, Pinnacle Studio, VirtualDub, Hit Film, Light Works, dan masih banyak lagi. Tinggal kita saja memilih software mana yang cocok untuk perangkat komputer kita, jika kita terlalu memaksakan perangkat tersebut untuk menjalankan aplikasi yang system requirementsnya membutuhkan spesifikasi tinggi, maka perangkat komputer kita akan mengalami masalah.

Masalah yang sering muncul adalah overhead, yaitu kondisi dimana komputer kita mengalami kelelahan karena menjalankan program berat, tentunya ini tidak baik bagi kondisi perangkat kita. Mungkin sekian dari artikel kali ini, dan semoga artikel diatas dapat menambah beberapa referensi kita, dan tentunya bisa bermanfaat.

Bagikan:

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar