5 Kampus Indonesia Yang Menyediakan Jurusan Game

Kayeols

5 Kampus Indonesia Yang Menyediakan Jurusan Game – Di era yang serba digital hampir semua kebutuhan manusia terjawab melalui aplikasi-aplikasi yang ada pada smartphone. Mulai dari hiburan, informasi dan komunikasi semua akan dimudahkan melalui aplikasi.

Game menjadi salah satu aplikasi hiburan yang banyak diminati orang terutama bagi kalangan remaja, anak-anak dan dewasa. keberadaan game semakin hari semakin eksis ditengah masyarakat. Bahkan saat ini game tidak hanya sebagai hiburan bagi penggunanya.

Banyak gamer mendapatkan uang dari bermain game. Jika bermain game saja bisa menghasilkan uang apalagi jika kita bisa membuatnya, tentu saja ini akan menjadi sebuah profesi dengan bayaran yang tak kalah menggiurkan. Pembuatan aplikasi dan mobile game saat ini telah dilirik berbagai perguruan tinggi di Indonesia sebagai prodi game yang ditawarkan masing-masing kampus.

Melalui prodi ini diharapkan generasi muda Indonesia mampu mengahadapi tantangan di dunia industry di masa depan. Dengan begitu beberapa universitas berikut ini menyediakan jurusan ini bagi kalian yang memiliki hobi nge-game dan tertarik dengan dunia aplikasi mobile. Kampus-kampus tersebut diantaranya.

Kampus Indonesia Yang Menyediakan Jurusan Game

1. Binus

Universitas Binus atau yang memiliki kepanjangan Bina Nusantara sejak September 2012 lalu telah membuka program studi game yang disebut Game Application and Technology. Jurusan ini berfokus pada pemrograman, pembuatan seni serta desain game. Namun fokus program suti ini mengajarkan aplikasi pembuatan game berdasarkan teori kondisi industry saat ini dan masa yang akan datang.

Baca Juga:  Buat Kamu Yang Sibuk, Pentingnya 'Quality Time' Bikin Rindu Keluarga

Adapun beberapa mata kuliah yang ditawarkan yaitu desain dan analisis algoritma, computer grafis, software engineering, bahasa pemrograman, hingga interaksi manusia-komputer dan lain-lain. Bahkan untuk meluncurkan prodi ini Binus telah mengundang desainer game Final Fantasy VI Takashi Tokita dari Square Enix untuk membicarakan potensi game mobile di masa depan.

2. Jurusan Game – Institut Teknologi Sepuluh November

institut sepuluh november

Institur Teknologi Sepuluh November memang sudah terkenal dengan ilmu robotika dan industry. Sebagai perguruan tinggi yang terkenal dengan bidang teknologinya ITS Sepuluh November juga menghadirkan bidang game sebagai salah satu prodi yang menarik. Program studi ini ditawarkan pada program magister S2 Teknologi Game.

Baca Juga:  Daftar 10 Film Hollywood Terbaik 2020 Yang Siap Mencuri Perhatian

Sasaran dari program Teknologi Game ini adalah guru Sekolah Menengah Atas yang dibekali kemampuan agar mampu menyajikan modul pembelajaran dalam bentuk game dan software computer. Melalui game dan aplikasi kreatif tersebut diharapkan pendidik dapat menyajikan proses belajar mengajar yang efektif bagi murid-muridnya.

Baca Juga : Contoh Usaha Kreatif Mahasiwa Yang Bisa Anda Coba Selain Menjadi Gamer.

3. Institut Teknologi Bandung

Seperti namanya perguruan tinggi ini berada di Bandung. ITB juga dikenal sebagai perguruan tinggi yang berhasil mencetak tenaga ahli dalam bidang teknoloi dan industry. Dalam menghadapi tantangan industry baru di era yang serba digital seperti saat ini ITB turut membuka prodi Media Digital dan Game untuk jenjang S2.

Prodi ini merupakan bagian dari Sekolah Teknik Elektro ITB. Jika kamu berminat kuliah disini dapat mengambil mata kuliah seperti prodi Teknologi Media Digital dan Game meliputi 3D moeling, VR, desain enginer game dan lain-lain.

4. Universitas Ciputra Surabaya

institut ciputra surabaya

Jika kamu tinggal di Surabaya dan tertarik dengan dunia game dan aplikasi mobile, maka kuliah di Universitas Ciputra Surabaya dengan mengambil prodi jurusan game bisa dijadikan pilihan yang tepat. Jurusan game di Universitas ini merupakan salah satu konsentrasi pendidikan sarjana Teknik Informatika.

Baca Juga:  Bandara yang Ada Di Jakarta, yang Belum Banyak Orang Tahu

Melalui jurusan ini mahasiswa akan mempelajrai teknik-teknik pengembangan aplikasi dan mobile game yang memanfaatkan tool terkini seperti Unity. Kurikulum yang akan diberikan pada jurusan ini tidak hanya aplikasi mobile berbasis Android melainkan juga melibatkan kurikulum dengan lisensi Apple iOS Developer Education Program.

4. Kampus Jurusan Game – Universitas Negeri Malang

Universitas satu ini juga menyediakan jurusan game bagi mahasiswanya. Kampus ini telah menghasilkan lulusan D3 yang dibekali dengan kemampuan membuat game 2D dan 3D. Program studi ini juga bisa diteruskan ke jenjang S1 dengan jurusan Desain Komunikasi Visual dengan konsentrasi bidang game. Jadi tidak perlu lagi pindah ke kampus lain jika ingin mendapatkan gelar sarjana untuk jurusan game di kampus ini.

Itulah 5 kampus yang menyediakan jurusan game bagi mahasiswanya. Masih ada banyak perguruan tinggi yang menawarkan prodi ini. Beberapa diantaranya yaitu Universitas Multimedia Nusantara, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta, dan Politeknik Negeri Surabaya (PENS). Program studi ini merupakan bentuk upaya mengahadpi tantangan di dunia industry digital seperti saat ini.

Melalui program studi jurusan game ini mahasiswa tidak hanya akan memiliki kemampuan untuk menciptakan berbagai aplikasi dan mobile game melainkan dapat mengembangkan bakatnya menjadi suatu hal yang akan berguna di masa mendatang. Jadi, sudahkah tertarik kuliah di jurusan game?

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar