oleh

Apa Itu VPS (Virtual Private Server), Dan Apa Saja Fungsinya?

Apa Itu VPS (Virtual Private Server), Dan Apa Saja Fungsinya? – Untuk kalangan orang yang melek teknologi, VPS pasti sudah diketahui oleh mereka. VPS ini sangat berguna pada bidang tertentu, misalnya saja untuk membuat website, untuk menjalankan system operasi, dan juga untuk menyimpan data. Untuk anda yang belum mengerti apa itu virtual private server, berikut pengertiannya.

Apa Itu VPS?

VPS adalah sebuah server virtual yang kegunaannya hampir sama dengan komputer biasa,.dan menurut sumber Wikipedia, definisi VPS adalah teknologi server side tentang sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa virtual mesin. Tiap virtual mesin ini melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat.

Jadi sudah jelas, kalau VPS ini merupakan sebuah virtual server dengan banyak sekali kegunaan. Kebanyakan para orang yang bekerja di internet menggunakan VPS ini untuk menjalankan sebuah system operasi, dan juga untuk membuat beberapa website. Untuk bisa mendapatkan akses VPS, kita tentu harus berlangganan kepada penyedia jasa VPS seperti web hosting besar layaknya Hostinger, Niagahoster, Jagoanhosting, Domainesia, dan lainnya.

Lalu, Apa Saja Fungsi Dari VPS?

Diatas sudah dijelaskan apa itu VPS, tentu pada poin ini, dewailmu akan membagikan beberapa daftar fungsi dari VPS yang paling banyak digunakan. Berikut beberapa fungsi VPS yang wajib kita ketahui.

1. Server Untuk Sebuah Percobaan & Pembelajaran

belajar vps

Fungsi yang pertama dan paling mendasar adalah untuk sebuah server percobaan. Karena pada dasarnya memang VPS ini merupakan server virtual yang bisa digunakan untuk belajar, dan juga memahami cara kerja server. Dalam tanda kutip ini bisa digunakan untuk anda yang sedang mengembangkan sebuah system operasi, dan juga beberapa elemen lain.

VPS ini salah satu server dengan harga terjangkau, jika dibandingkan dengan dedicated server, tentu harganya sangat berbeda. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan server VPS yang sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang memungkinkan kita untuk bisa belajar dan mengembangkan sebuah karya yang tentunya ada tahap percobaan.

2. Hosting Sebuah Website

Fungsi kedua dari VPS adalah untuk website hosting. Ini cocok bagi anda yang bekerja sebagai pembuat website. VPS ini bisa anda gunakan untuk client, namun masih dalam kontrol penuh pengatur server VPS. Karena client atau user tersebut masih menggunakan layanan VPS yang anda buat.

Untuk membuat website melalui VPS, jika anda pengguna system operasi Windows, bisa menggunakan software WINSCP untuk mengatur dan mengedit file direktori halaman VPS anda. Biasanya untuk tampilan awal berada pada folder public_html. Untuk penambahan user atau client bisa dengan masuk layanan control panel yang sudah anda dapatkan ketika anda berlangganan VPS tersebut.

Baca Juga : Apa Itu Web Design, Dan Bagaimana Cara Mempelajarinya?.

3. Sebagai Penyimpanan Data

vps untuk web

Fungsi VPS selanjutnya adalah untuk penyimpanan data. Fungsi ini cukup sama dengan beberapa situs penyimpanan data seperti mediafire, zippyshare, google drive, uptobox, dropbox dan lain sebagainya. Kita bisa menggunakan VPS sebagai tempat penyimpanan data. Kelebihannya adalah fitur ini tidak dapat kita temukan di beberapa layanan server website karena biasanya server tersebut hanya bisa digunakan untuk menyimpan keperluan website saja.

4. Untuk Educational Outpost

Fungsi selanjutnya adalah sebagai Educational Outpost. Fungsi ini didapat dari beberapa sumber, yang menyebutkan kalau VPS ini bisa dijadikan ajang untuk melakukan percobaan UNIX Operating System dengan banyak sekali macam distribusi.

Salah satu keunggulannya adalah proses eksperimennya bisa lebih beragam, serta lebih mudah untuk membandingkannya. Untuk itu, jika anda ingin bereksperimen dengan operasi system, disarankan untuk menggunakan VPS karena sudah terbukti banyak sekali keunggulannya.

5. Sebagai Virtual Private Network (VPN)

VPS for vpn

Ternyata VPS ini juga bisa digunakan untuk membuat VPN. Proses ini sama dengan istilah tunneling. Fungsi ini biasanya digunakan oleh perusahaan atau organisasi yang membutuhkan sebuah jaringan private. Tujuan utamanya tidak lain agar menjamin rasa aman ketika sedang melakukan transfer data penting.

Bagi anda yang ingin mengembangkan sistem operasi baru, cobalah vps ini. Oke, itulah artikel singkat mengenai apa itu vps dan fungsi-fungsinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda semua. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa kembali lagi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *