8 Cara Membedakan HP Samsung Asli Dan Palsu Terbaru & Termudah

8 Cara Membedakan HP Samsung Asli Dan Palsu Terbaru & Termudah –¬†Handphone android adalah handphone dengan sistem operasi yang paling populer saat ini. Hampir separuh pengguna handphone di dunia menggunakan smartphone android.

Banyak sekali smartphone android bermerek bagus, namun dari semua itu yang masih dipercaya menjadi smartphone android terbaik adalah smartphone android merek Samsung. Bisa dibilang samsung adalah raja smartphone android dan menjadi pelopor handphone android pertama.

Memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan handphone android merek lainnya, karena samsung hadir dengan banyak fitur dan aplikasi yang berbeda dengan merek lainnya. Selain itu masih banyak kelebihan lainnya dari smartphone samsung.

Karena fiturnya yang terlalu baik, banyak pabrik pembuat handphone yang membuat replika atau copy dari handphone samsung. Nah, untuk penggemar smartphone anda harus berhati-hati jika anda membeli handphone samsung, terutama yang bekas. Anda bisa mengetahui asli atau tidaknya dengan patokan berikut ini.

Cara Membedakan HP Samsung Asli Dan Palsu

1. Cek IMEI Pada Handphone Dan Dusbook (Jika Ada Dusbooknya)

Jika anda membeli handphone android samsung baru, cobalah untuk mengecek nomor IMEI nya apakah nomor IMEI pada handphone sama dengan yang ada di dusbooknya. Untuk mengeceknya mudah sekali, anda tinggal mengetik *#06# pada dial pad (kotak) panggilan.

Jika nanti muncul IMEI nya, cobalah periksa kesamaannya dengan dusbook. Namun cara ini hanya berlaku untuk handphone samsung baru. Jika anda membeli handphone samsung bekas dan tidak ada dusbooknya, maff cara ini tidak berlaku. Alangkah beruntungnya jika anda membeli smartphone samsung bekas beserta dusbooknya.

2. Melakukan Tes Pada Hardware Handphone Samsung Anda

tes hardware samsung

Cara ini sangat mudah dan bisa anda coba pada handphone samsung bekas dan baru. Cukup klik *#0*# pada tombol telepon. Jika berhasil, nanti akan keluar menu yang digunakan untuk mengecek setiap hardware pada handphone samsung anda.

Jika menu ini muncul di handphone samsung anda, bisa dipastikan handphone samsung anda bukanlah replika/copy. Tetapi jika menu ini tidak muncul, maka anda perlu khawatir. Biasanya menu ini tetap bisa muncul pada samsung replika, namun tidak selengkap pada samsung asli.

3. Letak Tombol Home

Untuk smartphone samsung asli, letak tombol home berada di tengah-tengah antara layar dan batas akhir handphone. Tetapi untuk samsung replika, letak tombol home agak sedikit ke atas ataupun ke atas. Trik ini berfungsi untuk smartphone samsung baru dan bekas.

4. Segel SEIN Pada Baterai

segel sein baterai

Cara membedakan hp samsung asli dan palsu selanjutnya terletak pada baterai. Jika anda membeli smartphone samsung baru, untuk melihat handphone anda original apa tidak, anda bisa mengetahuinya dengan melihat segel sein pada baterainya. Cara membedakannya sangat mudah, anda cukup melihat gambar diatas.

Pada handphone samsung asli, tulisan SEIN agak sedikit samar, namun pada handphone samsung replika/copy tulisan SEIN terlihat sangat jelas. Untuk handphone bekas trik ini tidak bisa dilakukan, karena baterainya bisa saja diganti dengan baterai original meskipun handphonenya replika.

5. Harga

Untuk harga, biasanya handphone samsung original lebih mahal daripada handphone samsung replika, supercopy, ataupun kingcopy. Namun, anda perlu waspada karena tidak sedikit penjual handphone samsung replika yang menjual handphone samsung replika/copy dengan harga yang sama.

6. Logo Samsung

logo samsung asli dan palsu

Pada handphone samsung replika, letak dan gaya tulisan Samsung agak sedikit berbeda. Yakni tulisan yang aneh dan tidak simetris, atu mungkin saja logo samsung tidak ada. Dan pada samsung replika, tulisan logo bisa dihapus, sedangkan pada samsung asli tulisan logo samsung tidak bisa dihapus.

7. Kualitas Gambar Pada Kamera

Jika anda memiliki 2 handphone samsung dengan merek yang sama, cobalah tes kedua kameranya. Bandingkan kualitas gambar yang anda ambil, jika ada salah satu gambar yang buram pada kedua handphone tersebut, mungkin handphone samsung yang gambarnya buram bisa jadi adalah samsung replika.

Namun anda tidak bisa menyimpulkan bahwa handphone tersebut adalah replika. Bisa saja ada kerusakan pada kamera anda atau lensa pada kamera tersebut sudah tidak berfungsi secara maksimal. Anda bisa menanyakannya ke tukang servis terdekat untuk urusan kamera.

8. Aplikasi Khusus Samsung

samsung apps

Pada samsung asli/original, ada beberapa aplikasi yang merupakan bawaan handphone seperti S Translator, Samsung Apps, S Planner, S Voice, dan masih banyak lagi. Jika pada handphone samsung anda tidak terdapat aplikasi ini, dapat dipastikan jika handphone samsung anda adalah replika/copy.

Baca juga cara flash handphone samsung segala tipe dengan mudah dan cepat.

Dari daftar diatas, pastinya anda bisa membedakan handphone samsung yang asli dan palsu. Namun, bahkan ada juga smartphone android samsung replika yang bahkan memiliki kemiripan hingga 90%. Untuk membedakannya sangat sulit, jika anda ragu, anda bisa bertanya ke seseorang yang lebih ahli.

Oke, sekian artikel mengenai cara membedakan hp samsung asli dan palsu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang ingin membeli handphone samsung tetapi masih ragu-ragu, dan semoga bisa menjadi referensi yang mendidik. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Add Comment

UA-101858990-1
error: Content is protected !!