4 Cara Memformat SD Card Yang Tidak Bisa Diformat Di Android

Kayeols

4 Cara Memformat SD Card Yang Tidak Bisa Diformat Di Android – Belakangan ini banyak orang yang bertanya kepada saya bagimana cara memperbaiki memori sd card yang tidak bisa diformat di android, dan bahkan tidak terdeteksi. Permasalahan ini banyak oleh pemilik kartu sd merek vgen maupun lainnya.

Awalnya saya sendiri ragu untuk membahas artikel ini, karena banyak yang mengatakan tidak semua permasalahan berhasil diselesaikan dengan cara ini. Namun, disini saya memberikan sedikit tambahan yang menurut saya ini bisa menyempurnakan analisis yang belum sempurna.

Sd card sendiri bisa diformat apabila sd card tersebut terdeteksi di android. Bila tidak terdeteksi, pasti ada penyebabnya. Saya sendiri pernah mengalaminya, sd card saya tidak terdeteksi karena ada keretakan/patah halus. Selain hal itu, ada satu faktor lagi yang menyebabkannya yakni slot memori di hp android rusak.

Nah, jadi jika memang sd card tersebut rusak secara fisik seperti patah, anda tidak bisa meneruskan tutorial ini. Tetapi jika memori card anda normal, anda bisa meneruskannya dengan menyimak artikel ini. Langsung saja berikut cara format sd card yang tidak bisa diformat di android.

Cara Memformat SD Card Yang Tidak Bisa Diformat Di Android

1. Format Melalui PC/Laptop

Cara termudah mengatasi sd card yang tidak bisa diformat adalah dengan memformatnya di pc/laptop. Anda bisa menggunakan card reader atau adapter, dan mencolokkannya di laptop. Cara ini juga bisa anda lakukan jika sd card anda terdeteksi di pc, jika tidak terdeteksi maka anda tidak bisa meneruskannya. Berikut caranya :

  • Siapkan kartu memori yang ingin anda format di pc. Siapkan juga card reader/adapter yang digunakan sebagai konektor.
  • Tancapkan kartu memori ke pc anda. Tunggu pc anda mendeteksi sd card tersebut.
  • Masuk ke File Explore kemudian klik My Computer.
  • Pilih drive kartu sd anda kemudian klik kanan dan pilih Format.microsd-tidak-bisa-diformat-android
  • Tunggu format selesai, setelah itu kemudian pasang kartu memori di handphone anda. Bila selesai artinya trik ini berhasil.
  • Selamat mencoba!!.
Baca Juga:  5 Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Kualitas Terbaik

2. Ubah Ekstensi SD Card Ke Fat32

Nah, ada perubahan sedikit dari poin pertama, dimana pada proses format di pc ternyata banyak dari anda yang keliru. Berikut tambahannya :

  • Lakukan cara di atas dan klik Format. Nah, pada File System, ubah menjadi Fat32.
  • Kemudian klik Start dan selesai.
  • Tunggu proses format selesai.
  • Jika sudah, pasang kembali memori di handphone android anda.
  • Selamat mencoba!!.
Baca Juga:  Cara Mengganti Background Foto Di Hp Dengan Aplikasi Picsart

3. Cek Virus Dan Malware Di PC/Laptop

Nah, jika memang kartu sd anda tidak bisa diformat di android karena tidak terdeteksi, maka bisa saja itu dikarenakan virus. Cara menanganinya mudah, anda bisa scan kartu sd tersebut di pc apakah ada virusnya atau tidak. Anda bisa menggunakan antivirus yang lumayan bagus seperti AVG, Avira, Kaspersky, dan lainnya.

Baca Juga:  7 Game Arcade Android Terbaik dan Paling Seru Updated!

4. Menggunakan Aplikasi Format SD Card Android Erase SD Card Apk

Untuk menggunakan aplikasi ini, pertama-tama kartu sd anda harus terdeteksi di hanpdone android. Jika tidak terdeteksi, maka percuma saja. Untuk menggunakan aplikasi ini, handphone anda harus di root. Untuk tutorialnya, berikut cara root android tanpa pc dengan mudah dan cepat.

Itulah 4 cara memperbaiki memory card yang tidak terdeteksi di handphone android. Memang harga sd card menurut saya tidak begitu mahal, tetapi yang mahal adalah file yang ada di dalamnya, contohnya foto kenang-kenangan atau dokumen kerja yang sangat berharga. Dari alasan itulah banyak orang mempertahankannya.

Jika memang sudah tidak ada cara lain, mungkin anda bisa membeli yang baru. Oke, sekian artikel mengenai cara memformat sd card yang tidak bisa diformat di android, semoga artikel ini dapat membantu permasalahan anda. Terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa kembali lagi.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

21 pemikiran pada “4 Cara Memformat SD Card Yang Tidak Bisa Diformat Di Android”

  1. Sd saya ga bsa simpen file bng.dan gabsa di format.sya sudah coba format lwat pc ttep ga bsa

  2. saya juga bang, saya ga tau gimana, sebelum saya restart hp saya, file di eksternal ga bisa dipindahin/ dihapus, nyimpen file aja korup terus, waktu saya coba test ke hp lain buat format, tetep ga bisa.. sesudah direstar malah ada bacaan, dan coba saya format “kartu sd rusak : mungkin anda telah memformatnya”

  3. Hmmmm… coba memori lain normal gak, kalau normal,berarti memorinya memang rusak.

  4. permasalahan yang sama , saya punya 2 SD Card merk V-Gn 7GB semua , file yg di dalamnya gak bisa di hapus, di copy Bisa di format juga tidak bisa , cek virus tidak ada masalah. sudah di format pakai aplikasi sudah , hasilnya file TTP gak bisa di hapus … Adakah untuk mengatasi nya ..??

  5. Sd card saya gx kebaca,gara” pas mau format saya kembali ke home screen,alhasil gx bisa digunain lg dah,barangkalai abng bisa bantu biar bisa format lagi

  6. Punya saya juga gk bisa dibaca & gk bisa diformat, pas di format pakai PC muncul tulisan ” The disk ia write protected”. Itu kenapa ya bang?

  7. Awalnya mau ngehapus bbrp foto gk pnting, kehapus sih, tapi file nya balik lagi. Semua cara abang di website ini udh aku cobain bang, tetep gk bisa ke format. Pertama pake format dr windows explorer, muncul tulisan “Windows can’t fomat this disk” y smacam itu bang, pake cmd, muncul tulisan “format failed”, bbrp kali dicoba malah muncul tulisan bgini bang, “Format aborted. 1170 bad sectors were encountered during the format. These sectors cannot be guaranteed to have been cleaned. Format failed.”

    punya solusi lain mungkin bang buat saving my SD card?

  8. Sd sya beru di beli. Eh pengennya sya format tapi setelah di format malah gk ke baca . Gimana bng

  9. SD saya masih bisa baca file nya, tapi ketika di format semua file memang hilang tetapi ketika SD di cabut terus di pasang lagi semua file yang hilang ada lagi seperti sedia kala

  10. Permasalahan yang sama, saya beli memory 64 GB dengan harga yg murah, dapet dri flash sale, awalnya bisa, pas hampir penuh, tiba tiba, tidak terdeteksi, dicabut, pas di masukin lagi, bisa, lalu, pas mau hapus, atau mindahin, atu apalah, langsung tidak terbaca, begitu terus, apa solusinya ya mas

  11. Bang ijin bertanya. Micro sd saya ketika dimasukkan ke hp tidak terbaca dan lalu muncul tulisan kartu sd rusak harus diformat. Tpi ketika saya format ga bisa bang. Malah bikin hp saya tiba2 reboot. Itu gmna ya?

  12. kayaknya kena virus itu. Coba cek di laptop mas, scan pakai antivirus

  13. I’m so glad I found this post! I was struggling to format my sd card for hours, but your steps were a lifesaver. Now my phone is running smoothly again, thank you so much for sharing!

Tinggalkan komentar