7 Software ERP Terbaik di Indonesia Saat Ini

Kayeols

Software ERP Terbaik di Indonesia Saat Ini – Salah satu teknologi yang dibutuhkan oleh para pelaku bisnis di era digital seperti sekarang ini adalah software ERP modern berbasis cloud.

Oleh karena itu, banyak vendor mancanegara yang saling berkompetisi untuk merancang dan menciptakan sistem ERP yang terbaik, termasuk Indonesia.

Lantas, apa itu software ERP?. ERP merupakan singkatan dari Enterprise Resource Planning, yang berarti sistem terpadu yang digunakan oleh perusahaan untuk mengintegrasikan seluruh sumber daya perusahaan. Penggunaan sistem ERP akan memudahkan perencanaan hingga pengelolaan sumber daya perusahaan.

Dari banyaknya provider sistem ERP yang ada, Anda harus jeli memilih produk yang tepat dengan kebutuhan bisnis Anda. Bagi anda yang bingung memilih software ERP, berikut beberapa list yang sudah saya kumpulkan.

A. Software ERP Terbaik di Indonesia Saat Ini

1. ERP HashMicro

hasmicro

Software ini merupakan solusi yang sangat efektif untuk membantu perusahaan Anda dalam mengelola operasi dan proses bisnis secara terintegrasi dan efisien.

ERP HashMicro merupakan provider ERP ternama dari Singapura yang menyediakan berbagai solusi manajemen bisnis end-to-end mulai dari akuntansi, CRM, HRM, inventaris, procurement, dan lebih dari 25 industri lainnya.

Perusahaan ini telah berhasil menjadi salah satu provider software ERP terbaik di Asia Tenggara dengan 1750+ klien dari berbagai bidang industri seperti Astra Group, Bank Mega, Coffee Bean, dan masih banyak lainnya.

Baca Juga:  Mau Lanjut Kuliah? Berbagai Kehidupan Mahasiswa Ini Pasti Kamu Temui

2. Oracle NetSuite ERP

NetSuite adalah salah satu pelopor software cloud-deployed yang berbasis di California, Amerika Serikat. Pada Juli 2016, Oracle mengakuisisi NetSuite untuk membentuk Oracle NetSuite. Namun, produknya baru rilis di Indonesia pada tahun 2017.

Sistem ERP ini menawarkan berbagai fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Software milik NetSuite ini memiliki harga kisaran 100-300 juta per satu modulnya.

Harga tersebut tidak termasuk biaya lisensi, biaya integrasi, setup, dan biaya training. Selain itu, NetSuite juga menggunakan database yang hanya dapat diakses dan dioperasikan oleh tim IT khusus sehingga tidak semua pengguna bisa mengaksesnya.

3. SAP Business One

Adalah ERP yang dikembangkan oleh SAP, sebuah perusahaan teknologi global. Ini adalah sistem ERP yang dirancang khusus untuk perusahaan kecil hingga menengah.

Software ini menyediakan sistem manajemen bisnis yang berfungsi untuk mengelola keuangan, pemasaran, penjualan, pembelian, inventori, produksi, pengiriman, dan pengelolaan sumber daya manusia.

SAP Business One memiliki penawaran harga yang cukup fantastis, sekitar 1 Milyar untuk fitur-fitur bawaannya, di luar biaya kustomisasi dan lisensi user per tahunnya.

4. S/4 Hana

Sebuah platform ERP yang dikembangkan dan dirancang untuk beroperasi dengan teknologi terkini, termasuk in-memory database yang mampu memaksimalkan kecepatan dan akurasi transfer data secara real-time.

Seperti provider ERP pada umumnya, S/4 HANA menawarkan sekumpulan modul yang bisa kita gunakan untuk mengelola berbagai aspek bisnis.

Baca Juga:  √ 7 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Dibuka, Work!!!

S/4 HANA juga mampu melakukan integrasi dengan aplikasi bisnis lain, seperti sistem IoT, aplikasi mobile, dan sistem cloud computing. Biaya implementasi software ini berada di kisaran 3 – 20 Milyar.

5. Zoho

Zoho Corporation merupakan sebuah perusahaan teknologi multinasional di India yang memproduksi software komputer dan business tools berbasis web.

Salah satu produknya yakni Zoho ERP yang menyediakan solusi untuk membantu perusahaan mengelola operasional secara terintegrasi. Tampilan dan fiturnya yang user-friendly memudahkan karyawan untuk mengelola pekerjaan harian secara cepat dan efektif.

Zoho menawarkan banyak software berbasis internet untuk meningkatkan penjualan, mengoptimalkan promosi bisnis, mempercepat berbagai tugas akuntansi, memudahkan koordinasi dengan rekan kerja maupun pelanggan, dan masih banyak lagi.

6. Brightpearl

Brightpearl merupakan ERP berbasis cloud yang dapat mendukung operasional perusahaan dari berbagai skala bisnis.

Software ERP ini lebih fokus dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan dan mengembangkan potensi bisnis secara optimal.

Sistem ERP Brightpearl juga terintegrasi dengan beberapa platform e-commerce terkemuka, seperti BigCommerce, Magento, Shopify, Amazon, dan eBay.

7. Sage Inttact

Merupakan salah satu solusi terbaik untuk mempermudah tugas-tugas akuntansi di suatu perusahaan. Tersedia juga fitur-fitur utama termasuk Buku Besar multidimensi hingga modul opsional seperti pengakuan pendapatan, pajak penjualan, dan penagihan langganan.

Sage Intacct juga memiliki video tutorial dan panduan pengguna yang mudah. Selain itu, software ini juga dapat terintegrasi dengan aplikasi lain yang lengkap dengan sistem ERP seperti pembayaran online, CRM, dan manajemen perjalanan.

Baca Juga:  7 Cara Mempercepat Kinerja Android Agar Tidak Lemot Dengan Cepat

Selain daftar di atas, ada juga software e-procurement yang erat kaitannya dengan software ERP.

Baca Juga :

B. Software e-procurement-Terbaik

e-procurement software

Software e-procurement merupakan solusi pengadaan barang yang sangat efektif bagi perusahaan. Berikut beberapa rekomendasi terbaik.

1. HashMicro

Fitur yang HashMicro tawarkan antara lain PR Approval Management, Online Portal for Suppliers, Vendor/Supplier Rating, dan Blanket Order Management.

Platform e-Procurement memungkinkan Anda untuk mengelola proses pembelian dan pengadaan barang dalam perusahaan dengan mudah.

Jika kita bandingkan dengan software procurement lainnya, HashMicro menawarkan 100% unlimited users tanpa biaya penambahan user, sehingga Anda bebas mengembangkan bisnis tanpa batasan jumlah pengguna.

Selain itu, software ini juga berbasis web dan mobile apps, sehingga dapat kita akses melalui komputer, smartphone, tablet, dan sudah terintgrasi dengan Whatsapp.

HashMicro jugamenawarkan solusi manajemen bisnis end-to-end lainnya mulai dari akuntansi, CRM, HRM, inventaris, procurement dan masih banyak lainnya untuk lebih dari 25 industri.

2. SAP Ariba

SAP Ariba dapat membantu Anda memantau seluruh proses pembelian dan pengadaan barang dalam perusahaan, mulai dari penawaran hingga pembayaran.

Fitur yang tersedia antara lain, seperti manajemen supplier, pembelian berbasis katalog, manajemen kontrak, manajemen anggaran, dan integrasi dengan sistem akuntansi.

3. Oracle Procurement Cloud

Oracle Procurement Cloud adalah solusi e-Procurement yang sangat kuat dan terintegrasi untuk perusahaan besar.

Sistem tersebut memungkinkan Anda untuk mengelola semua proses pembelian dan pengadaan barang dalam perusahaan dengan cepat dan efisien.

Nah, jadi itulah ulasan singkat mengenai software software erp terbaik di indonesia beserta software e-procurement. Jika anda memiliki daftar lain selain daftar di atas, tulis di kolom komentar ya, terima kasih!.

Bagikan:

Tags

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar