oleh

4 Cara Memperbaiki Hp Layar Sentuh Yang Tidak Bisa Disentuh

Cara Memperbaiki Hp Layar Sentuh Yang Tidak Bisa Disentuh – Pada era yang telah maju seperti ini penggunaan smartphone sangat tinggi. Hp dengan pengoperasian layar sentuh menjadi gadget yang sangat digandrungi masyarakat luas daripada handphone yang menggunakan keypad. Namun, tak sedikit orang yang lebih memilih untuk menggunakan hp yang masih menggunakan keypad daripada layar sentuh.

Ada beberapa penyebab mengapa banyak orang yang lebih memilih gadget dengan fitur layar sentuh, contohnya saja mudah digunakan, memiliki fitur yang lebih canggih, banyak kelebihan dari pada hp yang tidak menggunakan layar sentuh. Sistem layar sentuh ini sering disebut juga dengan touchscreen. Walaupun banyak kelebihan yang dimiliki, tetap saja ada kekurangan di dalamnya.

Touchscreen yang selalu disentuh dan dipakai bisa error bahkan rusak dan harus diganti dengan yang baru. Selain itu, perawatan dan pemakaian yang tidak baik bisa mempercepat kerusakan pada layar sentuh seperti terjadinya error, tidak dapat disentuh, bergerak sendiri dan lainnya. Dan jika sudah rusak, memperbaikinya pun sulit, bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Cara Memperbaiki Hp Layar Sentuh Yang Tidak Bisa Disentuh

Salah satu masalah pada gadget yang menggunakan touchscreen adalah layar sentuh yang tidak bisa disentuh/tidak berfungsi. Maksudnya, ketika anda menyentuh sebuah menu atau aplikasi, tidak ada respon. Ini bisa terjadi karena adanya masalah pada layar sentuh gadget anda. Ada banyak faktor yang bisa menimbulkan masalah seperti ini. Berikut beberapa penyebab yang mempengaruhi layar sentuh hp anda rusak.

  1. Layar sentuh yang kotor bisa menghambat respon jari terhadap layar gadget anda.
  2. Penggunaan ram yang terlalu besar juga menghambat respon layar sentuh.
  3. Terlalu lama menggunakan handphone. Hal ini berdampak pada layar sentuh yang tidak bisa merespon perintah tangan kita.
  4. Dan masih banyak lagi

Itulah beberapa penyebab yang menyebabkan layar sentuh smartphone anda tidak merespon. Apabila sudah demikian, anda perlu memperbaikinya. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Bila anda tidak mengetahui caranya, berikut ini beberapa cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh.

1. Tutup Semua Aplikasi

Ketika anda menjalankan begitu banyak aplikasi, maka bisa membuat ram yang gadget anda miliki tidak kuat. Alhasil, gadget anda menjadi lelet karena banyaknya aplikasi di latar belakang gadget anda. Banyak sekali aplikasi yang memakan banyak ram, apabila layar anda tidak bisa disentuh, maka bisa saja responnya akan lama. Untuk mengatasinya, anda bisa menutup semua aplikasi/menguninstal aplikasi yang tidak terpakai.

Cara ini sangat efektif untuk memberikan ruang kembali pada ram anda. Jadi ketika RAM handphone anda sudah lega, maka respon untuk mengetik dan menjelajahi handphone menggunakan layar sentuh akan sangat cepat. Cara ini sudah terbukti ampuh dan sudah saya praktekan sendiri.

2. Bersihkan Layar

membersihkan layar handphone

Kondisi layar sentuh yang kotor dan berdebu bisa membuat respon sentuhan terhadap layar sentuh terganggu. Ketika anda mengoperasikan gadget anda dan tiba-tiba saja layar sentuh tidak merespon, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh adanya debu pada sekat touchscreen.

Semakin banyak debu dan kotoran yang ada pada layar sentuh, semakin terganggu juga touchscreen dan kinerjanya. Apabila masalah yang anda alami penyebabnya adalah debu dan kotoran, anda bisa membersihkannya dengan kain atau membawanya ke tukang servis untuk dibersihkan.

Selain membawanya ke tukang servis, jika anda bisa, lebih baik bersihkan di rumah sendiri. Untuk melakukannya anda bisa menggunakan kain kering dan dengan minyak kayu putih. Cara ini sangat efektif untuk membersihkan layar sehingga menjadi lebih bersih. Alhasil hp layar sentuh anda bekerja dengan baik.

3. Istirahat Dalam Menggunakan Handphone

Hp yang terlalu sering digunakan tanpa ada jeda waktu bisa membuatnya cepat panas. Panasnya hp bisa terjadi pada baterai dan layarnya. Jadi, apabila layar hp mengalami panas akan berdampak pada sistem kerja atau respon layar sentuh. Dampak yang sering timbul pada layar sentuh yang panas adalah layar sentuh yang tidak bisa disentuh.

Jika penyebab layar tidak bisa disentuh akibat panas, solusinya adalah memberikan waktu beberapa saat agar gadget kembali dingin. Anda bisa melakukan aktivitas lainnya sembari menunggu handphone anda dingin, jika sudah dingin, biasanya respon aplikasi dan layar sentuh akan kembali normal.

Baca juga : Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri Dengan Cepat & Mudah.

4. Masukkan Ke Dalam Beras

merendam handphone dalam beras

Layar sentuh anda tidak merespon akibat terkena air?. Solusinya bisa anda lakukan dengan menguburnya dalam beras, caranya matikan terlebih dahulu handphone anda, kemudian buka penutup baterai dan lepas baterai. Apabila semua sudah dilakukan, masukan hp anda ke dalam wadah yang berisi beras. Tutup hp dengan beras selama beberapa hari hingga air pada hp benar-benar hilang.

Itulah beberapa cara memperbaiki hp layar sentuh yang tidak bisa disentuh. Dengan menggunakan cara-cara di atas, mungkin bisa membantu mengatasi masalah pada layar sentuh handphone anda. Jadi, sebelum anda membawa hp tukang service, coba lakukan perbaikan sendiri dengan cara yang telah saya jelaskan di atas. Sekian artikel, terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

83 comments

  1. bang ho.saya yank xiaomi nya ngga bisa di sentuh sudah saya kasih minyak kayu putih dan juga saya masukin ke dalam beras bang ini butuh waktu beberapa hari bang solusinya gimana bang

  2. Bang,saya beli Lcd xiaomi baru,tp pas dipasang gk bsa disentuh. Udh diganti menembus jg gk bsa.,kira2 apanya ya Bang?

    1. Itu port antara lcd dengan layar sentuhnya mungkin yg rusak.. LCD kan cuma layar, lcd terhubung dengan touchscreen/ts. Coba cek ts nya… barangkali yg kena ts nya.

    1. Itu kena LCD nya. Error kan??? kadang bisa disentuh kadang gak?. Jika ragu, beli satu set aja lcd dengan touchscreennya.

  3. Bang xiaomi mi5 saya tiba2 tidak bisa disentuh/gk berfungsi layarnya udah 2 hari bang gimana solisinya? Selesai main game waktu itu bang

  4. Bang mau tanya, sentuh tadinya normal tapi selang beberapa jam bagian bawah tidak bisa disentuh,padahal sebelumnya bisa,selang beberapa jam layar gerak sendiri,ketika buka keyboard kepencet sendiri,tapi saat ini layar bagian bawah tidak bisa disentuh sama sekali,misal klik ok saat hapus atau ketik pesan ga bisa harus rotasi layar dulu..maaf bahasa belepotan Xiaomi redmi note 2

  5. Mas ini hp ku asus tapi layar yang bagian atas gak sampk separuh si,gabisa di sentuh di pencet gitu, tapi kalo liat notif gitu bisa di tarik gimana cara benerinnya

  6. Mas tanya. Hp saya redmi note 7 blm 1blan. Tcnya kadang bisa disentuh kadang macet. Pdahal gk ada aplikasi lain selain bawaan. Gmna yaa. Udah garansi 2x tetep aja

  7. Bng tdinya hp sya ga bisa di sentuh terus baru ganti lcd udah bisa tu eh belm genap sejam hpnya ga bisa di sentuh lgi rusak apanya ya…???

  8. Mz ini hp saya redmi 5+. 4/64. kalau di buat main ML kadang cursournya sulit digerakin char sulit gerak. masa ini juga ts nya?. terima kasih. sebelumnya..

  9. Mas kenapa hp saya kalaw pda saat di cas/charger layar nya redap redup atau hidup mati padahal batrenya masih bagus.

  10. mas hp meizu saya saat di home tidak bisa disentuh, tapi kalau untuk geser slide notifikasi yang ada di atas bisa dan fitur disitu bisa di sentuh. tapi saat ke home atau masuk pengaturan tidak bisa di geser geser atas bawah. siapa tau ada pencerahan

  11. Bang mau nanya hp sayang samsung a50 tadi saya tingga tdur tiba tiba saya mau cek hp layar sentuhnya gak bisa sama sekali mau restart pun gak bisa dipencet itu gmana yah ?

  12. Bang mau tanya.. hp saya asus bisa hidup tapi ga bisa disentuh, touchscreennya ga bisa digunain setelah diganti touchscreen baru. Nah klo kaya gitu rusak bagian apa nya ya bang?

  13. Mas mau tanya.. Saya punya hp Redmi 3. Baru 1 minggu belinya. Awalnha normal² aja.. Tra td sore layar pembulanya gak bisa dipencet.. Udah beberapa kali saya otak atik tp tetep aja gak bisa dibuka

  14. Bang … Hp saya ada beberapa bagian layar yg tidak berfungsi dan juga cepat panas pada saat baru di hidupkan, solusi nya gimana bang??

  15. Assalamualaikum Mas. Mas saya mau tanya, hp Saya Vivo Y91 belum ada 1 bulan. Tadi saya sedang bermain game dan pencet pencarian nama pemain game, di saat saya mau ketik, papan keyboard nya gak muncul² trus tiba² ada tulisan antarmuka sistem tidak menanggapi dan layar hp Saya tidak bisa disentuh sama sekali. Saya panik. Itu harus di apakan ya. Terima kasih.

  16. Bang saya mau nanya hp saya xiaomi mi4LTE layar hp saya retak sehelai, bagian kanan bisa disentuh bagian kiri gk bisa disentuh, tombol home,menu,kembali juga gk bisa semua mas itu lcd ap ts nya mas?

    1. Menurut saya itu kena LCD nya bang, trus lama gak diperbaiki jadinya ngaruh ke tombol” lainnya. Kayak korsleting gitu.

  17. Bang hpsaya Oppo a3s Layar gak bisa disentuh tapi di matiin ketuk 2x masih nyala,habis main game trus byak apk nya,
    Gmna bang

  18. Bg hp saya sony xa f3111
    Saya baru ganti lcd baru karna kmaren abis.jatuh dan retak trus setelah saya ganti dengan lcd yg baru malah ga bisa disentuh dan.kadang bisa kadang gak dan waktukehabisan ngetik di keybordnya harus ditekan kuat dan hruf nya kadang lari , itu knapa ya bg ? Mohon bantuannya

  19. Bang hp saya xiaomi r4x. Nah bagian setengah dari layar itu gak bisa respon dan kadang kalau panas layarnya gerak” sendiri/ ghost touchsreen kenapa ya?

  20. Bang hp samsung j5pro saya gk bisa di pencet padahal kondisi layar masih bagus normal tapi itu aja masalahnya gk bisa di pencet aja

  21. Bang hp samsung j5pro saya gk bisa di pencet padahal kondisi layar masih bagus normal tapi itu aja masalahnya gk bisa di pencet aja.
    Kalau misalnya saya mau ganti, apa saja yg di ganti ya bang, apa ganti LCD sama Tauchsreen nya apa Amolednya

  22. Bang hp saya vivo y81 touchscreen nggak respon saat buka kunci, terus saya nyalain layar pakai tombol power bisa, anehnya ketuk dua kali buat matiin layar dan aktivitas hp seperti nulis pesan wa bisa, scroll2 menu hp kinerjanya bagus, kenapa ya?
    Awal buka kok touchscreen nggak respon 😭

  23. Hp ku samsung GT-I8292, layar sentuh ga respon sama sekali.. Tapi tombol volume sm power, aman. Udah cb rest factory, masih sama, ga ada perubahan. Ni hp layar sentuhnya kenapa bang? Mohon pencerahannya

  24. kak hp saya samsung j7+ pagi kerendem air tapi masih baik baik aja, terus sekarang gak bisa di touch tapi tombil back dsb masih bisa kak. itu kenapa ya??

  25. Bang tadi pagi hp ane lancar aja bang tapi pas dimatikan lalu di hidupkan kembali layar nya tidak bisa di sentuh bang itu mengapa ya bang???
    Mohon bantuannya bang

  26. Bang hp saya Vivo y91 layar nya kayak biasa tapi tidak bisa di sentuh di geser GK gerak terus semua tombol berfungsih tmbol volume power sidik jari bisa tapi pas di geser layarnya gk bisa bang knp yah?