5 Cara Mengatasi Hp Android Tidak Ada Suara, Terbukti Ampuh

5 Cara Mengatasi Hp Android Tidak Ada Suara – Kerusakan yang paling merepotkan apabila terjadi di hp yakni kerusakan pada bagian speaker ataupun pada suara yang hp keluarkan. Apabila suara tidak mau keluar dan tidak mau berbunyi, secara otomatis hp akan menjadi hambar sekali. Karena seperti kita ketahui pada umumnya hp berfungsi untuk komunikasi. Coba bayangkan apabila suara di hp tidak mau keluar?, repot sekali pastinya.

Terdapat beberapa penyebab kenapa hp anda bisa tidak mau keluar suara. Disini saya akan memberikan beberapa penyebabnya yang mungkin dapat membuat suara di hp anda tidak ada. Mulai dari masalah sistem yang bug, speaker tertutup kotoran, speaker rusak, dan masih banyak lagi. Biasanya ini karena jarang diupdate, ataupun dari sistemnya secara langsung.

Setelah itu ada juga beberapa penyebab kerusakan lainnya dimana kondisi speaker rusak karena terkena cairan. Mulai dari kena air, minyak, oli dan sebagainya, sehingga membuat spaker tertutup dan mudah rusak. Tak hanya itu saja, kondisi hp yang over pemakaian pun dapat membuat hp anda jadi rusak, salah satunya kerusakan speaker.

Apabila masalah sepele seperti karena adanya bug itu sangat mudah diperbaiki. Akan tetapi jika memang dalamnya yang rusak, mau gak mau harus service. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba cara di bawah ini untuk mengatasi hp android yang tidak bersuara.

Cara Mengatasi Hp Android Tidak Ada Suara

Dibawah ini saya akan menjelaskan langkah demi langkah untuk mengatasi suara hp yang hilang. Jadi saya akan menjelaskan semua cara dari yang mudah hingga paling susah, sebenarnya gak susah susah amat sih. Intinya semua cara ini bisa anda coba, siapa tau dapat mengatasi permasalahan ini.

1. Periksa Pengaturan Volume HP

Cara pertama yakni sebenarnya hanya untuk mengetes saja maka dari itu gunakan cara simpel ini. Silahkan cek ponsel kalian masing-masing pada pengaturan volume, jika bingung silahkan perhatikan cara berikut ini:

  • Pertama silahkan masuk ke Pengaturan
  • Berikutnya pilih menu Suara
  • Dan pada bagian suara atur volume, entah itu volume media, notifikasi, dan game menjadi yang Paling Tinggipengaturan suara di android
  • Berikutnya coba tes untuk memutar musik, bermain game, atau melakukan panggilan.

2. Wipe Cache HP

Apabila cara pertama tidak berhasil mengatasinya, maka silahkan menggunakan cara yang kedua ini. Karena cara ini berkaitan erat dengan bug sistem yang membuat suara hp android tidak mau muncul. Namun sebelum itu silahkan backup dulu data-datanya takut terhapus ataupun ke wipe secara tidak sengaja maupun sengaja. Untuk caranya silahkan perhatikan di bawah ini:

  • Matikan hp android anda.
  • Dalam keadaan mati, tekan dan tahan secara bersamaan Tombol Power dan Volume Atas
  • Nanti handphone kan memasuki Recovery Mode
  • Dan klik Wipe Cache Partitionwipe cache partition
  • Kemudian pilih Yes untuk konfirmasi.
  • Setelah itu proses wipe cache akan diproses, tunggu sampai selesai.
  • Jika sudah semuanya, klik Reboot System Now, tunggu sampai hp restart.reboot system now
  • Jika sudah, kemudian cek untuk memutar lagu, main game, atau melakukan panggilan.

3. Cara Mengatasi Hp Android Tidak Ada Suara Dengan Mengembalikan Ke Pengaturan Pabrik

Cara berikutnya apabila dikarenakan sistem yang bug ataupun masalah internal yang penting bukan hardwarenya silahkan reset hp saja. Nah untuk reset hp ini intinya sama seperti kembalikan pengaturan ke setelan pabrik. Biasanya ini setiap ponsel memiliki settingan yang berbeda-beda akan tetapi biasanya berada di menu setelan tambahan. Pokoknya cari saja kembalikan ke pengaturan pabrik di setelan tambahan atau pengaturan tambahan.

Baca Juga :

4. Gunakan Earphone

Jika memang dirasa yang rusak adalah speakernya, maka jika anda ingin mendengarkan lagu atau mendengarkan suara dari hp android, maka silahkan gunakan earphone. Karena beberapa kasus dan masalah dengan menggunakan cara ini pun tetap bisa. Jadi berhubung masalahnya hanya speaker, maka anda bisa mengakali terlebih dahulu menggunakan earphone.

5. Perbaiki Speaker HP Android Anda

Terakhir, jika anda ingin nyaman mendengar musik atau youtubean dari android tanpa harus menggunakan earphone, servis saja speakernya ke tempat servis hp. Anda bisa menggantinya dengan speaker baru yang lebih baik, mungkin ongkosnya tidak sampai 100 ribuan anda sudah bisa memperbaikinya.

Jadi itulah mengenai cara mengatasi smartphone android tidak ada suara. Semoga bisa membantu anda semua yang sedang mengalami masalah mengenai hp androidnya dan bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *