oleh

9 Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri Pada HP Android

9 Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri Pada HP Android – Semua handphone saat ini, terutama handphone android pasti menggunakan teknologi layar sentuh. Berbeda dengan dulu yang hanya mengandalkan tombol qwerty.

Memang layar sentuh lebih nyaman dibandingkan dengan tombol qwerty, karena dengan teknologi layar sentuh hanya mewajibkan kita menyentuh layar untuk melakukan segala aktivitas di handphone android. Namun, layar sentuh lebih sensitif dibandingkan dengan tombol qwerty.

Untuk masalah ketahanan, banyak yang mengatakan bahwa layar sentuh lebih rentan rusak dibandingkan dengan tombol qwerty, contohnya saja ketika terjadi benturan. Ketika terbentur, layar sentuh biasanya error seperti bergerak sendiri, hal ini sering disebut dengan ghost touch.

Untuk menghilangkan ghost touch sebenarnya tergantung seberapa parah kerusakan yang terjadi, jika kerusakannya ringan seperti error sistem atau software, kita hanya perlu flash. Namun jika kerusakannya berat, kita harus mengganti mesinnya. Lebih lengkapnya berikut cara menghilangkan ghost touch.

Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri Di Android

1. Cek Keadaan LCD Dan Touchscreen

Hal pertama yang harus anda pantau adalah melihat keadaan LCD dan touchscreen, caranya adalah dengan membukanya. Jika anda ragu untuk membuka handphone android tersebut, anda bisa membawanya ke tukang servis terdekat.

Jika memang lcd dan touchscreen handphone tersebut rusak, anda bisa menggantinya langsung dengan LCD dan touchscreen baru. Tetapi jika LCD dan touchscreen anda tidak rusak, maka anda bisa mengecek sendiri dengan beberapa indikator selanjutnya.

2. Reboot/Restart Handphone Android

how to restart android phone

Cara termudah untuk mengatasi layar sentuh error adalah dengan merestart ulang handphone android tersebut. Dengan merestart handphone android anda, segala kerusakan sistem mulai dari touchscreen error, hp lemot, dan sejenisnya bisa kembali normal.

3. Lakukan Factory Reset

Jika handphone android tersebut di restart dan masih tetap bergerak sendiri, cara selanjutnya adalah dengan melakukan factory reset/reset ulang handphone dalam keadaan awal saat kita membeli handphone. Peluang berhasil menggunakan cara ini sekitar 60% ke atas jika tidak ada kerusakan pada LCD dan touchscreen.

4. Ganti ROM/Flash Ulang

custom rom for android

Jika setelah melakukan factory reset, handphone android anda masih tetap saja error, anda bisa memperbaiki touchscreen android dengan melakukan flash ulang/mengganti ROM pada handphone tersebut. Jika tidak ada kerusakan touchscreen, peluang keberhasilannya sekitar 90% ke atas.

5. Pakai Charger/Cas Aslinya

Saya sendiri pernah mengalami handphone android saya rusak, kebetulan handphone saya adalah merk sony. Perlengkapan sony terbilang cukup mahal dan langka, maka dari itu saya menggunakan cas samsung. Nah, setelah beberapa lama handphone sony saya mengalami hal seperti ini.

Setelah saya tanyakan ke counter, masalahnya adalah casnya. Setelah ganti charge sony, alhamdulillah kembali normal. Bisa saya simpulkan bahwa salah satu cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri adalah dengan menggunakan charger bawaan handphone/cas asli.

6. Kalibrasi Handphone Android

kalibrasi android termudah

Banyak orang menyarankan bahwa handphone android yang layar sentuhnya error bisa diatasi dengan melakukan kalibrasi. Untuk melakukan kalibari pun mudah, tetapi setiap handphone memiliki cara yang berbeda-beda. Untuk melakukan kalibrasi, berikut cara melakukan kalibrasi pada touchscreen android lengkap.

7. Ganti Pelindung Layar Yang Rusak/Retak

Salah satu penyebab layar sentuh error yakni retaknya pelindung layar. Jenis pelindung layar yang sering digunakan pada handphone android adalah tempered glass. Jika tempered glass tersebut rusak/retak, anda bisa menggantinya dengan yang baru, dan anda bisa membelinya di toko handphone di dekat tempat tinggal anda.

8. Charging Handphone Dalam Keadaan Mati

cas dalam keadaan mati

Jangan gunakan handphone android anda dalam keadaan menyala/digunakan dalam keadaan di cas. Karena selain berbahaya, banyak sekali kerugian yang akan anda dapatkan dari mengecas handphone sambil digunakan. Jadi saran saya cas handphone dalam keadaan mati/tidak digunakan.

9. Jangan Gunakan HP Sampai Suhunya Terlalu Panas

Nah, ini adalah kesalahan terakhir yang sangat banyak dilakukan oleh banyak orang. Ketika memainkan game online, apalagi game online yang berukuran besar akan membuat handphone menjadi panas dan bahkan sampai mati sendiri. Maka dari itu, jangan gunakan handphone anda sampai suhunya sangat panas.

Dari beberapa poin yang sudah saya sampaikan, mungkin anda sudah melakukannya. Namun jika layar sentuh hp anda tetap error, anda bisa menanyakannya pada tukang servis handphone terdekat. Jika memang yang rusak layar sentuhnya, anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru.

Oke, sekian artikel mengenai cara mengatasi touchscreen bergerak sendiri dengan mudah dan cepat. Semoga dengan membaca artikel ini, anda bisa mengatasi permasalahan layar bergerak sendiri pada handhone anda. Terima kasih atas kunjungan anda dan jangan lupa berkunjung kembali.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 comments

  1. Bang,mau nanya hp saya sony z5 premium baru ganti Lcd touchscreen.permasalahannya pas muter video dan buka album sering nyentuh sendiri,bang gimana Solusinya?