6 Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Laptop Atau Komputer

Kayeols

Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Laptop Atau Komputer – Kita pasti pernah merasakan ketika sedang melakukan aktivitas menggunakan internet pada komputer atau laptop, kecepatan internet tiba-tiba sangat lemah dan itu membuat kita kesal, padahal ketika kita menggunakan perangkat handphone pada jaringan yang sama, hasilnya lebih cepat saat menggunakan handphone.

Berbicara mengenai kecepatan internet, memang banyak sekali faktor yang mempengaruh kecepatan koneksi internet disaat kencang dan disaat lemah. Dari sekian banyak faktor, berikut beberapa faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya koneksi internet :

  • Komponen jaringan pada perangkat anda tidak mendukung untuk menggunakan koneksi internet secara cepat.
  • Terdapat proses pembaharuan yang membutuhkan koneksi internet, sedangkan anda tidak mengetahuinya (Pembaharuan otomatis).
  • Browser pada perangkat anda sudah terlalu banyak menyimpan riwayat, chace, dan lainnya.
  • Terlalu banyak pengguna yang sedang melakukan aktivitas yang sama seperti anda pada jaringan yang sama, contohnya ketika menggunakan sambungan wifi yang sama di warung kopi.
  • Perangkat anda telah dibatasi kecepatan bandwidthnya.
  • Dan masih banyak faktor lainnya.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kecepatan internet di komputer dan laptop banyak sekali hal yang harus anda lakukan. Beberapa cara bisa anda lakukan untuk menambah kecepatan internet di laptop dan komputer dengan mudah.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Pada Laptop

1. Cek Kecepatan Koneksi Internet Dan Gunakan VPN

Cara yang pertama dan yang paling ampuh mempercepat koneksi internet di perangkat komputer/laptop adalah menggunakan VPN. Tapi sebelumnya anda harus memastikan, berapa kecepatan koneksi internet yang anda gunakan, anda bisa menggunakan situs seperti speedtest untuk melakukan pengetesan kecepatan koneksi internet.

Baca Juga:  2 Cara Menjadikan Android Sebagai Modem Laptop

Jika sudah muncul berapa kecepatan maksimal koneksi internet anda, maka bisa anda spekulasi sendiri. Namun, biasanya ada yang tidak sesuai, maka dari itu cobalah untuk mengganti server pada perangkat anda dengan menggunakan VPN.

2. Hapus Riwayat Dan Chace Browser

hapus cache dan riwayat

Para pengguna komputer atau laptop pasti menggunakan yang namanya browser untuk mencari referensi, hiburan, dan lain sebagainya. Tentunya jika selesai melakukan aktivitas tersebut pastinya akan meninggalkan jejak atau dalam dunia teknologi disebut chace dan juga riwayat.

Baca Juga:  √ Kelebihan dan Kekurangan Elementary OS Lengkap

Untuk itu, agar koneksi internet pada komputer anda stabil, anda bisa menghapus beberapa chace, riwayat, dan lainnya yang berhubungan dengan jejak hasil aktivitas anda pada browser tersebut. Cara ini juga terbilang ampuh, karena dengan menghapus beberapa jejak tersebut bisa menyegarkan kembali browser anda.

3. Minimalkan Penggunaan Software Yang Memerlukan Koneksi Internet

Cara mempercepat koneksi internet pada komputer atau laptop yang selanjutnya adalah dengan meminimalkan penggunaan software yang memerlukan koneksi internet. Biasanya adalah software seperti browser, software yang membutuhkan pembaruan, dan software online lainnya.

Tentunya jika anda mampu mengatur, dan juga meminimalkan pengguaan tersebut, maka koneksi internet anda akan stabil dan juga cepat, karena tidak ada penggunaan yang berlebihan terhadap koneksi internet yang sama pada satu perangkat. Untuk itu, gunakanlah seperlunya saja beberapa software online pada perangkat anda.

4. Jeda Terlebih Dahulu Aktivitas Mengunduh

pause download

Rata rata pengguna laptop, jika pergi ke sebuah tempat yang terdapat koneksi internet yang memadai, pasti mereka melakukan aktivitas yang namanya mengunduh. Pada skema jaringan tertentu, hal tersebut bisa mempengaruhi koneksi internet pada pengguna lainnya. Kecuali pada jaringan yang menggunakan user dan password berbeda, maka dari itu tinggal melihat kondisi saja untuk melakukan aktivitas tersebut.

Baca Juga:  6 Cara Mengecek Spesifikasi Laptop Dengan Cepat Dan Mudah

5. Ubah Pembaharuan Otomatis Aplikasi

Selanjutnya adalah dengan mengubah pembaharuan otomatis aplikasi, menjadi manual. Artinya jika ada pembaharuan, pastinya ada notifikasi setiap kita terhubung dengan internet. Tak jarang beberapa software masih menerapkan pembaharuan otomatis yang biasanya tidak kita ketahui.

Tak jarang juga, ada beberapa software yang dari awal sudah menerapkan pembaharuan aplikasi secara otomatis. Cara mengetahuinya juga mudah sekali, setiap ada aplikasi yang berjalan tentunya terdapat dalam daftar windows task manager, lalu pada bagian proses terdapat beberapa daftar aplikasi yang berjalan. Tinggal kita memilih saja dan sesuaikan dengan kebutuhan kita apakah aplikasi tersebut butuh pembaharuan atau tidak.

Baca Juga :

6. Gunakan Wifi Atau Jaringan 5G

Anda juga bisa menggunakan wifi atau jaringan 5G bila ingin kecepatan internet anda semakin cepat. Dengan menggunakan wifi, kecepatan internet anda tidak akan lemot lagi, apalagi jika kalian sedang bermain game. Untuk jaringan 5G memang sepertinya belum merata di Indonesia, semoga secepatnya diperbarui agar kecepatan internet semakin wush.

Selain beberapa cara diatas, tentu masih banyak lagi cara meningkatkan koneksi internet yang bisa dilakukan, misalnya saja mengganti DNS, dan lain sebagainya. Namun beberapa cara selain diatas jarang digunakan karena tidak berpengaruh sama sekali. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat.

Bagikan:

Kayeols

Usaha dan Berdoa itu Sangat Penting, Berjuanglah Sekuat Tenaga, Niscaya Perjuanganmu akan membuahkan Hasil Yang Manis.

Tinggalkan komentar