7 Cara Mempertahankan Bisnis Di Masa Pandemi Covid 19

4 Cara Mempertahankan Bisnis Di Masa Pandemi Covid 19 – Akhir-akhir ini perkembangan pandemi covid-19 semakin harinya di Indonesia semakin meningkat. Walaupun beberapa sudah dinyatakan sembuh, akan tetapi ini masih perlu diwaspadai. Karena ini bukanlah penyakit biasa. Tidak terlihat dan mematikan, namun membunuh diam-dia, hmm, dan banyak sekali dampak negatif dari adanya pandemi ini.

Salah satunya aspek bisnis ataupun perekenomian negara menjadi amburadul, tak hanya negara melainkan masyarakat-masyarakat sekitar yang memiliki bisnis pun juga terjun bebas profitnya. Lalu setiap pengusaha pastinya memiliki cara masing-masing dalam mempertahankan bisnis yang dimilikinya.

Bagi anda yang baru saja mulai bisnis atau dengan kata lain belum lama memiliki usaha pastinya sangat bingung, bagaimana cara mempertahankan bisnis di tengah masa covid saat ini. Di mana orang orang jarang banget keluar rumah ataupun pergi-pergi.

Berikut di bawah ini saya memberikan beberapa cara mempertahankan bisnis di tengah pandemi covid-19 ini. Setidaknya ini dapat mengurangi kerugian yang anda dapatkan, dan syukur-syukur bisa untung hehe. Untuk lebih jelasnya lagi silahkan perhatikan di bawah ini dan baca dengan seksama yaps.

Cara Mempertahankan Bisnis Di Tengah Pandemi Covid 19

1. Berikan Promo

Yang namanya orang indonesia mendengar istilah promo pada barang yang menarik, misalnya baju ataupun barang lainnya pasti bakal tergiur. Walaupun sedang di masa pandemi saat ini ketika mendengar istilah promo dijamin auto dateng dah. Mereka bakal menyiapkan diri sebersih mungkin dan menjaga sebersih mungkin atau dengan kata lain sesuai protokol yang telah ditetapkan pemerintah biar aman dari virus tersebut.

Jika anda menerapkan cara ini pastinya anda juga harus memberikan pelayanan kebersihan ataupun menjaga protokol, seperti cek suhu dan sebagainya. Agar karyawan anda juga tetap aman, serta bisnis anda juga aman. Setidaknya ini mengurangi kerugian, daripada boncos banyak iya tidak?

2. Go Online

bisnis go online

Cara mempertahankan suatu bisnis pada saat pandemi saat ini yakni coba kencengin dulu atau iklankan bisnis kalian secara online. Misalnya kalian punya bisnis kuliner nih, dimana biasanya hanya nunggu sampai konsumen datang saja. Sedangkan saat ini pastinya konsumen auto menurun, nah solusinya coba gebrakan online.

Jadi kalian jualan makanannya secara online, jika kalian mager untuk antar antarkan. Kalian bisa menggunakan gofood, jadi para pelanggan kalian, arahkan saja langsung ke gofood. Dijamin auto mau deh, dan ini tentu saja malah memberikan keuntungan yang banyak bagi anda dan tingkat kerugiannya juga minim.

3. Promosi Yang Tepat

Merancang promosi yang tepat alias gak asal-asalan memang sanga diperlikan dalam masa pandemi ataupun tidak, apalagi di masa pandemi saat ini anda harus ekstra hati hati. Misalnya saja berikan promo yang menarik.

Jual baju bonus faceshield dan handsanitizer, orang orang akan tertarik dengan namanya bonus dan gratisan. Walaupun agak mahalan dikit, kalau ada bonusnya auto kebeli dah sama pelanggan kalian. Semakin tepat promo yang hendak kalian berikan, malah bisa jadi untung banyak nih.

4. Metode Pemasaran Kreatif

marketing

Pemasaran yang kreatif jugalah sangat penting, akan tetapi tingkat kesesuaian audience juga perlu diperhatikan. Sekali lagi jangan sampai boncos di pemasaran aja, eh alhasil malah gak balik. Pemasaran yang bisa kalian lakukan melewati sosial media seperti instagram, twitter, dan youtube. Kalian juga bisa belajar berbagai macam pemasaran kreatif lewat youtube ataupun media lainnya.

Baca Juga :

5. Persiapkan Diri Untuk Skenario Terburuk

Anda harus menghitung resiko paling buruk untuk kelangsungn bisnis anda yang bisa terjadi jika pandemi tidak kunjung hilang. Misal nih corona tidak kunjung hilang 3 bulan kedepan dan bahkan pengendara grab dan gojek pun tidak bisa beroperasi, dan korban jiwa banyak berjatuhan, misal saja andai berandai andai seperti itu.

Anda sudah harus punya rencana bisnis untuk mengantisipasi kejadian tersebut andaikan itu terjadi. Itulah salah satu strategi bisnis yang bisa anda lakukan untuk mempertahankan bisnis di era pandemi.

6. Menghemat Pengeluaran

menghemat pengeluaran

Anda semua pebisnis sudah tahu bahwa semua sektor bisnis turun semenjak wabah corona semakin meluas di Indonesia. Maka dari itu anda harus berpikir objektif dan apa yang diperlukan untuk dibeli saat ini dan apa yang tidak perlu dibeli, jadi usahakan hemat pengeluaran seminim mungkin ditengah pandemi covid-19.

7. Mengoptimalkan Segala Sesuatunya Melalui Online (Pengantaran & Pembayaran)

Nah, poin terakhir ini menurut saya paling penting dan ini akan kembali ke pembeli dan pelanggan anda. Pembeli dan pelanggan suka yang lengkap, tidak terkecuali saya. Baik barang, katalog, sistem pengantaran, dan sistem pembayaran. Nah, anda bisa mengoptimalkan ini semua melalui online.

Misal sebelum ada pandemi covid-19, anda hanya menyediakan pembayaran via bank BRI, BCA, Mandiri, mapun BNI. Anda bisa menambah sistem pembayaran baru seperti dari OVO, DANA, Gopay, Link Aja, dan masih banyak lagi.

Jadi itulah beberapa cara mempertahankan bisnis di masa pandemi covid 19 seperti saat ini. Semoga bermanfaat untuk anda para pemilik bisnis yang saat ini kena ujian corona, hehehe. Apabila ada pertanyaan langsung tanyakan saja, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *