6 Cara Mengatasi Wifi Lemot Dengan Mudah Dan Praktis

6 Cara Mengatasi Wifi Lemot Dengan Mudah Dan Praktis – Internet saat ini merupakan kebutuhan manusia setiap harinya, banyak yang bilang bahwa dunia tanpa internet akan terasa sepi. Hal itu sangatlah wajar jika merasa sepi, seiring perkembangan zaman yang maju, memang semua hal ikut maju juga. Dan dijaman modern ini atau kita sebut dengan zaman millenials seringkali dimana-mana pasti menggunakan smartphone. Jaringan internet yang terdapat pada smartphone ada dua jenis mulai dari data seluler ataupun dari wifi.

Mungkin jika berpergian kebanyakan mereka menggunakan data seluler, sedangkan ketika di rumah hanya menggunakan wifi. Memang ketika menggunakan data seluler ataupun wifi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya saja data seluler, dimana terkadang kecepatannya hanya terbatas dan sinyal tidak stabil. Sedangkan wifi sendiri identik dengan sinyal yang ngebut serta memiliki kestabilan yang tinggi.

Oke, dalam kesempatan ini akan mengulas mengenai wifi lebih lanjut. Jika diperhatikan memang banyak sekali yang lebih memilih wifi, karena jaringan cepat dan stabil. Namun dibalik itu wifi juga kadang terasa lemot dan ngelag. Mungkin diantara anda banyak yang  mengalami wifi lemot?, dan bahkan tidak bisa digunakan untuk apa-apa?, jangan khawatir.

Berikut di bawah ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengatasi wifi lemot yang ampuh banget. Dimana ketika anda sudah mencoba cara-cara di bawah ini, dijamin wifi anda akan normal kembali. Syukur-syukur speednya malah tambah kencang. Ingin tahu caranya?, langsung saja simak uraian di bawah ini.

Cara Mengatasi Wifi Lemot

1. Cek Posisi Router

Cara pertama untuk mengatasi wifi yang lemot ataupun yakni mengecek posisi router. Banyak yang menganggap bahwa router sendiri merupakan hal sepele jadi tidak perlu dikhawatirkan. Padahal salah besar, ketika posisi router kurang baik maka efeknya sinyal akan lelet dan ngelag banget.

Nah sebisa mungkin jika anda meletakan posisi routernya silahkan tempatkan di bagian tengah pada rumah anda. Jadi secara gampangnya bisa mencapai seluruh ruangan rumah anda agar nantinya tidak terasa lemot.

2. Jangan Letakan Router Berdekatan Dengan Barang Elektronik Lainnya

router wifi

Salah satu penyebab kenapa wifi anda lemot yaitu dikarenakan mungkin saja router anda berdekatan dengan barang elektronik lainnya. Seperti mulai dari kipas angin, ac, microwave, tv dan masih banyak lainnya. Hal tersebut tentu saja kurang baik apabila sampai berdekatan, karena dapat mengganggu kelancaran sinyal wifi.

3. Atur Antena Berdiri

Cara mengatasi wifi lemot berikutnya silahkan atur saja antena pada router menjadi berdiri. Nah ketika antena pada router berdiri, maka hal tersebut dapat memudahkan untuk mendapatkan sinyal yang bagus. Jadi kalau bisa silahkan atur saja antena pada router menjadi berdiri.

Baca Juga :

4. Tempatkan Router Pada Tempat Yang Tinggi, Minimal 3 Meter

router tinggi

Nah, ini juga merupakan salah satu hal wajib yang harus anda tahu. Semakin tinggi router, maka semakin luas jangkauan sinyalnya. Yang berarti itu memudahkan kita para pengguna wifi untuk mendapatkan sinyal yang bagus. Jadi, jika anda menaruh router pada posisi yang rendah, mulai sekarang cobalah tempatkan pada posisi yang tinggi.

5. Cara Mengatasi Wifi Lemot Dengan Memeriksa Kekuatan Sinyal

Apabila anda sudah mencoba menaruh router di tengah, akan tetapi hasilnya sama saja. Maka berikutnya anda silahkan cek kekuatan sinyal terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan beberapa macam aplikasi seperti mulai dari cloudcheck, amped dan masih banyak lainnya.

Dimana anda bisa mengetahui berapa sih kekuatan sinyal di lokasi ini, dan itu. Maka silahkan cari yang kuat saja, setelah itu letakan routernya di situ atau dengan kata lain yang ada sinyal yang kuat.

6. Coba Lakukan Speed Test

speed test

Jika semua cara sudah dilakukan akan tetapi tetap error, maka silahkan kalian coba saja lakukan speed test. Lalu silahkan cek melalui koneksi wi-fi dan koneksi kabel, apabila keduanya sama sama buruk, maka kemungkinan yang bermasalah adalah layanan penyedianya.

7. Cara Mengatasi Wifi Lemot Dengan Membeli Router Baru

Cara mengatasi wifi lemot yang terakhir yaitu silahkan anda coba beli router yang baru. Jika anda sudah memastikan bahwa masalah wifi lemot bukan dikarenakan oleh layanan penyedianya, maka kemungkinan dikarenakan kualitas routernya. Maka dari itu silahkan anda coba beli yang baru, dijamin sinyal anda makin ngebut dan kenceng banget.

Jadi itulah mengenai cara mengatasi wifi lemot yang baik dan benar. Bagaimana, sangat mudah kan caranya?. Ssemoga bermanfaat untuk anda semua para pengguna wifi, sekian dan terima kasih.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *