Aplikasi Trace Together, Aplikasi Pelacak Pasien Corona

Aplikasi Trace Together, Aplikasi Pelacak Pasien Corona – Di musim pandemi virus corona yang sangat berbahaya ini banyak sekali kerabat ataupun saudara di dekat daerah kita terkena ataupun terpapar virus covid-19.

Seperti kita ketahui juga bahwa di Indonesia ini untuk mendeteksi virus masih dibilang kurang, lantasnya banyak orang yang saat ini ODP bahkan di daerah saya ada yang sempat positif virus corona akan tetapi malah bebas di mana-mana. Hal tersebut dikarenakan masih sulitnya teknologi untuk mengecek ataupun mendeteksi virus corona tersebut.

Perlu kita ketahui di Indonesia, kasus positif virus corona tersebut setiap harinya juga semakin meningkat. Tentu saja kita sebagai warga negara harus menerapkan sosial distancing, dengan dirumah saja. Tidak keluar kemana-mana dan hanya berada di dalam rumah. Namun jika ditinjau lebih dalam masih banyak warga yang berkeluyuran entah itu untuk membeli suatu hal dan keperluan tertentu.

Maka tak heran jika cepat menyebar virus corona tersebut, akan tetapi disisi itu ada berita bagus nih. Dimana kita sekarang ini bisa melihat penyebaran virus atau kita bisa mengetahui peta penyebaran virus covid-19 ini. Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan aplikasi trace together, untuk mendukung regulasi bidang kesehatan, kebencanaan, dan lainnya.

Johnny Plate mengatakan “Aplikasi ini bisa terpasang pada smartphone pasien positif Covid-19 untuk memberikan penanganan darurat apabila diperlukan oleh pasien tersebut dan dapat melakukan tracing, tracking dan fencing serta dapat memberikan warning jika melewati lokasi isolasinya”.

Dengan adanya aplikasi tersebut kita bisa memantau beberapa pasien ataupun orang yang terpapar korona dalam berbagai macam status. Banyak yang menyangkal bahwa itu adalah aplikasi buatan Singapura, karena waktu itu trend aplikasi tersebut berada di Singapura. Kini muncul juga aplikasi yang bernama Peduli Lindungi yang bisa kalian download di play store.

Aplikasi Trace Together Peduli Lindungi

aplikasi peduli lindungi

Merupakan aplikasi buatan kominfo karya anak negeri yang dimana membantu pelacakan untuk menghentikan penyebaran covid-19. Di aplikasi tersebut secara otomatis akan mengidentifikasi dengan cepat mengenai orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan pasien yang dinyatakan ODP ataupun PDP. Tentu saja hal tersebut memiliki peran yang sangat besar, mengingat banyak orang yang tidak ingat riwayat perjalanannya dari mana saja.

Ketika anda pertama kali menginstall aplikasi tersebut, maka anda akan dimintai nama lengkap kalian beserta juga dengan nomer hp kalian. Berikutnya anda diminta untuk verifikasi nomor hp tersebut, di mana akan dikirimkan kode ataupun pesan dari pihak aplikasi tersebut untuk memverifikasi.

Baca Juga :

Bagi kalian yang khawatir data dicuri dan sebagainya, kalian tidak perlu khawatir karena aplikasi tersebut adalah buatan kominfo dan yang pasti menjamin kerahasiaan data pribadi yang tersimpan pada aplikasi tersebut secara enkripsi.

Apabila anda memiliki risiko tertular virus tersebut, maka anda langsung akan dihubungi oleh pihak dari aplikasi tersebut untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hal ini diperkuat dengan ungkapan dari situs peduli lindungi “Data anda hanya akan diakses bila anda dalam risiko tertular Covid-19”.

Jadi intinya aplikasi trace together ini sama persis dengan aplikasi peduli lindungi, oh iya untuk cara penggunaannya sebagai berikut :

  • Download aplikasinya di play store
  • Buka seperti biasa
  • Daftar dengan nama dan no hp, atau jika tidak ada nomor hp, gunakan email saja.
  • Lalu anda disuruh mengaktifkan bluetooth
  • Selesai

Secara otomatis anda dapat mengakses berbagai macam fitur yang tersedia di aplikasi tersebut. Namun sayangnya saat ini sedang mengalami error di mana tidak bisa memverifikasi no HP. Jadi kita hanya perlu menunggu saja sampai pemerintah atau kominfo sendiri memperbaiki apk tersebut hingga benar benar sukses.

Jadi itu saja yang dapat saya berikan, mohon maaf apabila ada kesalahan. Sekian dan terima kasih.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *