6 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Dengan Berjualan Dari Rumah

6 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Dengan Berjualan Dari Rumah – Memiliki usaha sendiri yang bisa di kontrol di rumah, memang jadi dambaan untuk semua orang. Banyak alasan mengapa, orang – orang mulai berbondong – bondong membuka usaha secara online terutama bentuk dagangan.

Urusan finansial, menjadi alasan terbanyak mengapa banyak orang lebih suka membuka usaha online. Kebutuhan sehari – hari yang terus meningkat, membuat kita harus berpikir dua kali supaya kebutuhan tercukupi. Makanya, pilihan tepat untuk kita mulai membuka sebuah usaha berbasis online. Ada cara memulai bisnis online dari nol yang harus anda perhatikan.

Membuka sebuah bisnis memang buka sebuah perkara yang muda, sering kali harus mengeluarkan banyak modal. Walaupun begitu, malah harus ditinggal dan mengalami bangkrut yang menyakitkan. Faktor – faktor lain juga turut diperhatikan apabila kita dalam membuka usaha tidak mau mengalami kerugian yang besar.

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol hanya dari Rumah

Sekarang ini sudah banyak sekali jenis usaha online yang ditawarkan. Dari berbagai usaha tersebut memiliki risiko yang hampir sama, ada yang rendah bahkan ada yang sangat tinggi. Bagi kita yang masih pemula alias awam terhadap bisnis, tentu akan lebih baik memilih yang risiko-nya rendah.

Untuk memulai sebuah usaha, kita juga harus turut tahu cara – cara dalam membangun usaha dari nol. Ada banyak sekali hal yang patut diperhatikan supaya tidak ada kesalahan. Apabila anda mau sekali membuka usaha tapi tidak tahu caranya, berikut ini ulasan cara memulai bisnis online dari nol.

1. Cari Inspirasi

inspirasi

Langkah pertama untuk memulainya adalah kita harus cari inspirasi jualan. Jangan pernah sekali – kali kita langsung menembak sebuah produk untuk di jual. Amati terlebih dahulu di lingkungan sekitar kita, apa – apa saja yang sedang populer di sekitar kita.

Kita bisa bertanya kepada orang – orang terdekat kita dari mulai keluarga, saudara dan lainnya. Jangkauan lebih luas, bisa tanya – tanya teman antar kota, provinsi dan yang penting jauh. Apabila kita sudah mendapat ide jualan, maka anda bisa mulai action dan jangan tunggu lama – lama.

2. Tentukan Asal Produk

Setelah anda tahu, produk – produk apa saja yang ingin sekali kita mulai jual kita harus tahu nih asal produk tersebut. Ada beberapa cara dari mulai jadi dropship, reseller atau dengan produk buatan sendiri. Asal produk ini harus kita benar – benar diskusikan, supaya kita tahu kualitasnya.

Untuk produk dari dropship dan reseller kita harus jeli memilih dan memilah supplier yang baik kualitasnya. Ini supaya, produk yang anda jual tidak mengecewakan pembeli nantinya. Sedangkan produk buatan sendiri, tentu harus dijaga kualitasnya, dan tidak perlu pusing – pusing cari penyedia barang yang baik.

3. Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol – Di Mana Kita Akan Menjual Produk Tersebut?

dimana akan menjual produk

Cari inspirasi sudah, produk jualan juga sudah, selanjutnya bagaimana kita akan mulai menjualnya? Karena prinsip kita online maka kita bisa menjualnya ditempat pasar online. Di sini anda bisa membangun website toko online sendiri atau pun melalui media marketplace.

Apabila kita tidak terlalu fasih membuat website, ada jasa pembuatan yang bisa anda gunakan. Namun, tentu kita harus beberapa rupiah untuk melakukan-nya. Lebih mudahnya, kita bisa mulai berjualan melalui marketplace seperti bukalapak, tokopedia, shopee atau sosial media.

Di sini, silakan anda sesuaikan dengan keterampilan kita bermain internet. Jangan terlalu tinggi, lakukan dengan bertahap pada toko – toko online yang ada. Pastikan juga, anda berjualan di tempat anda mudah untuk akses sehingga ketika ada pembeli bertanya anda dengan mudah menjawab.

4. Aktif Dalam Sosial Media

Kini, orang – orang lebih banyak menghabiskan waktu di sosial media seperti facebook dan instagram. Adanya fakta tersebut, maka kita harus jeli mengambil peluang di area tersebut. Pengembangan bisnis online yang dari nol dapat cepat tumbuh dengan bantuan sosial media.

Jadi, bikin sebuah jaringan sosial media yang ter-koneksi serta ter-target. Aktif terus menerus dalam sosial media seperti memberi informasi produk, menjawab pertanyaan pembeli dan lainnya. Lambat laun, pembeli yang pertama kali akan memberikan kabar baik kepada semuanya.

Baca Juga : Bisnis Keripik Singkong Aneka Rasa, Modal Sedikit Untung Berlimpah

5. Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol – Buka Rekening Bisnis Pribadi

rekening bisnis pribadi

Seorang pedagang online, tentu saja akan membutuhkan rekening bank untuk menerima uang penjualan. Oleh karenanya, kita harus bersiap dengan membuka rekening bank untuk bisnis kita. Wah tenang, saya-kan sudah punya rekening bank sendiri taruh aja disitu.

Jangan pernah berpikiran seperti di atas. Kenapa? sebab dengan anda mencampurkan keduanya yaitu keperluan pribadi dengan bisnis bisa membuyarkan semuanya. Apalagi bisnis, kita bisa keteteran menghitung jumlah uang yang masuk entah itu dari uang pribadi atau usaha milik anda.

Jadi, baiknya sih anda membuka rekening bank khusus bisnis dan tidak mencampur-nya. Cara ini juga dapat membantu kita memperkirakan penurunan atau kenaikan dari penjualan. Serta dengan mudah penghitungan keluar masuknya uang yang ada di bisnis anda.

6. Komitmen

Setelah segala cara di atas telah terlaksana dan kita sudah mulai ber-aktivitas dengan bisnis yang ada. Selanjutnya kita harus menanamkan usaha dan komitmen yang kuat. Mengapa? karena dalam dunia bisnis tidak ada yang namanya netral alias berjalan sesuai keinginan kita.

Pasti akan ada masa yang tidak baik dan ada yang baik, keduanya pasti akan terjadi. Ketika sedang masa buruk atau terjadi penurunan, buat evaluasi dari bisnis online anda. Apabila dalam masa baik, jangan terlalu jumawa tetap konsisten memberikan pelayanan yang baik.

Lakukan segala cara di atas ketika kita sedang membangun bisnis dari nol apalagi online. Usaha keras dan komitmen sepertinya harus anda tanam sedalam – dalamnya dalam diri kita. Sebab, sudah banyak sekali bisnis online yang berkembang dan sedang tumbuh.

Nah, itu saja ulasan yang bisa kami berikan kepada anda mengenai bagaimana cara memulai bisnis online dari nol. Kerjakan beberapa cara di atas dengan benar dan penuh keyakinan dengan begitu kesuksesan bisa menghampiri kita. Sekianlah ulasan di atas semoga bisa bermanfaat, sukses untuk usahanya ya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *