6 Cara Memulai Usaha Clothing Distro Yang Baik Dan Benar

6 Cara Memulai Usaha Clothing Distro Yang Baik Dan Benar – Bisnis clothing pada saat ini merupakan salah satu bisnis yang dikabarkan paling populer. Itu karena bisnis ini tidak terlalu membutuhkan kemampuan khusus.

Cukup bermodal keyakinan dan sedikit modal, lalu bisa menentukan kedepannya bagaimana, dan harus berani dalam mengambil keputusan. Bisnis distro clothing ini identik dengan anak muda yang mulai merintis usaha dari nol. Karena pada umumnya anak muda suka tantangan dan juga keberanian dalam mengambil keputusan.

Meski harus bermodal berani dalam mengambil keputusan, bisnis ini harus ada strategi supaya bisa terus berjalan saat bermunculan banyaknya perintis usaha baru dengan strategi beraneka ragam. Strategi tersebut memang bisa dikatakan umum, meskipun umum tapi kita tidak boleh sembarang menentukan strategi tersebut.

Jika kita menentukan strategi sesuai dengan apa yang kita pikirkan sekejap, jelas kedepanya bisnis kalian akan bermasalah entah itu finansial, material, dan sebagainya. Pada artikel kali ini, mimin akan memberikan sebuah tips sederhana yang sekiranya dapat membantu kalian dalam menentukan strategi untuk sukses membangun usaha distro, terutama distro clothing. Berikut beberapa tipsnya

Cara Memulai Usaha Clothing Distro

1. Pandai Memilih Item Yang Akan Dijual

barang yang laris di pasaran

Untuk tips yang pertama kalian diharuskan untuk pintar dalam memilih suatu item yang nantinya item tersebut akan kita jual sebagai stock distro. Jika kita tidak pandai dalam menentukan item, itu berpengaruh bagi distro kalian, bisa saja distro kalian jarang ada pengunjung, jarang ada pembeli dan seterusnya. Maka dari itu kita harus pandai memilih item yang akan dijual.

Seperti contohnya, pada saat bulan ramadhan. Pada bulan itu bisa dilihat, kalau banyak sekali orang yang berjualan baju koko dengan trend terbaru. Dan itu semua laku sesuai ekspetasi, berbeda halnya dengan situasi dimana pada saat bulan bulan biasa, kalian menyediakan baju koko. Memang terjual, cuma animo dari masyarakat berbeda dengan kondisi dimana pada saat itu adalah bulan ramadhan.

2. Tentukan Harga

Jika bisnis distro anda ingin laris, berikan harga yang ramah kantong kepada pembeli. Berikan harga yang sedikit lebih murah daripada distro lainnya. Karena harga adalah salah satu hal penting yang pembeli pikirkan. Anda bisa menurunkan harga sedikit lebih murah, namun jangan terlalu murah, karena bisa menurunkan harga pasaran.

3. Pandai Menghitung Pengeluaran Dan Pemasukan

Pendapatan dan Pengeluaran

Tips kedua adalah kita harus menghitung pengeluaran serta pemasukan dari bisnis distro tersebut. Sebab, jika kita asal saja dalam hal pemasukan dan pengeluaran, bisa dipastikan bisnis yang kalian rintis tidak akan bertahan lama.

Namun jika kalian telah berangan-angan terntang pemasukan yang kalian dapat akan lebih besar daripada pengeluaran, boleh boleh saja. Namun, itu sangat beresiko apalagi bisnis yang kalian rintis ini masih bisa dikatakan baru.

Biasanya pengeluaran yang kalian gunakan untuk bisnis distro, bersumber pada pembelian item, lalu persewaann tempat (jika tidak punya tempat) lalu karyawan yang membantu kalian disegala bidang. Kalau untuk pemasukan bisa beragam, bisa dari hasil penjualan item, bisa juga dari kerjasama yang sebelum nya sudah kalian jalin dengan bisnis sekitar misalnya kalian ikut menjual produk orang ditoko kalian, dan lain lain.

4. Cara Memulai Usaha Clothing Distro Dengan Melakukan Promosi

Promosi adalah sesuatu yang penting untuk bisnis anda. Biasanya, bisnis yang besar dan maju memiliki sistem marketing yang bagus. Jadi anda wajib mempelajari sistem pemasaran. Jangan lupakan juga promosi online menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram, karena dua media sosial ini memiliki peluang besar mendapatkan banyak pembeli.

Baca Juga :

5. Bangun Branding Anda

promosi

Jika anda berniat membuka distro besar-besaran, bangun branding anda semaksimal mungkin. Sebagai contoh, saya sebagai admin membuat kaos bertuliskan DewaIlmu, nah itu merupakan salah satu poin membangun brand, yakni dewailmu.

Lama-kelamaan pasti ada orang yang bertanya, dewailmu itu apa ya?, atau kepo pokoknya. Nah, dari sini nama anda sudah sedikit dikenal masyarakat. Tampilkan sesuatu yang beda, karena perbedaan itulah yang ingin dicari setiap orang, karena unik.

6. Cara Memulai Usaha Clothing Distro Dengan Konsisten & Semangat

Tips terakhir adalah kita tidak boleh mengendurkan semangat kita dalam berbisnis. Meski pada awal kita berhasil menjual item sampai tak tersisa, kalian tidak boleh cepat puas. Karena dengan rasa cepat puas, kalian akan menyepelekan dan yang pasti akan tersaingi seiring melemahnya semangat berbisnis kalian.

Diluar sana banyak sekali pelaku bisnis yang terus memperhatikan perkembangan dari bisnis yang kalian jalankan. Maka dari itu, kita diharuskan untuk terus berusaha dan jangan cepat puas dengan kondisi.

Oke, itulah beberapa cara memulai usaha clothing distro yang baik dan benar. Semoga artikel di atas dapat membantu kalian yang ingin membuka usaha distro. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungan anda.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *